Break Rules

Junaidi Khab Edisi Kartun

Junaidi Khab Edisi Kartun

Break Rules (menyalahi aturan) salah satu dari kata bahasa Inggris yang penulis kira memiliki andil cukup kuat dalam rangka menjadi orang yang super sukses dan hebat di dunia ini. Memang banyak jalan untuk menjadi orang yang super hebat dan sukses dalam hidup ini. Break Rules ini berangkat dari sebuah matakuliah Speaking penulis. Menjadi orang yang super hebat dan sukses kita harus berani untuk “menyalahi” aturan yang telah disepakati dan dilakukan oleh mayoritas orang.

Menyalahi aturan dalam konteks ini lebih spesifik lagi, yaitu melakukan sesuatu yang berbeda dari apa yang dilakukan oleh mayoritas orang untuk mendapatkan hal yang lebih berkualitas dari mereka (doing different something than every body did more to get the qualified thing than they got). Akan tetapi, tujuannya sama, yaitu sukses. Jika kita melakukan hal yang berbeda dengan orang lain tentu hasilnya pun akan sangat menakjubkan di kala kita telah mencapai tujuan itu (kesuksesan). Kita harus berbeda dengan apa yang mereka lakukan. Namun, apabila kita melakukan yang normal kita sama dengan mereka, kita tidak memiliki kelebihan apapun, kita tampakkan kelebihan dan hal yang berbeda di mata mereka bahwa sukses dan hebat itu tidak harus dengan selalu dengan mematuhi aturan yang ada.

Akan tetapi, jika kita menyalahi aturan, kita melakukan sesuatu yang hebat, sesuatu yang berbeda, dan kita akan berbeda karena mayoritas orang takut melakukan hal itu. Berbagai aturan yang dibentuk untuk kesuksesan kita, itulah yang harus kita jadikan tantangan. Kita melakukan sesuatu yang berbeda dengan yang lain untuk mencapai tujuan dan kesuksesan yang kita inginkan. Sehingga jika kita kelak sukses dengan jalan yang berbeda, kita akan lebih hebat daripada mereka yang takut akan salah, mereka yang takut untuk lebih baik. Padahal kesalahan merupakan kunci introspeksi diri kita yang tidak perlu kita takuti. Jika kita takut melakukan kesalahan, maka bersiaplah untuk tidak maju dan tidak sukses.

Konstitusi merupakan salah satu aturan yang sifatnya mengikat dan memaksa. Pembentukan sebuah undang-undang tidak akan lepas dari tujuan yang ingin dicapai secara mutlak. Tujuan utama dari konstitusi adalah untuk mencapai sebuah kesuksesan dalam kehidupan bangsa ini. Tak terkecuali siapapun, mereka memiliki tujuan untuk selalu sukses dalam menuju tujuan yang bisa menjadikan kita sukses. Berbagai macam cara dilakukan untuk sukses dalam kehidupan ini.

Sukses juga ada yang mengatakan bahwa mereka yang bisa memiliki harta melimpah, segalanya serba ada. Ada pula yang mengatakan bahwa sukses itu mereka yang bisa melanjutkan pendidikannya hingga ke jenjang yang paling tinggi. Ada juga yang beranggapan bahwa mereka yang sukses adalah orang-orang yang lebih hebat dari orang yang lainnya. Itu semua beberapa persepsi yang dianggap sebuah kesuksesan oleh masyarakat. Memang demikian keberadaannya, sukses merupakan puncak keinginan kita yang telah dicapai.

Kata lain dari Break Rules yaitu kreatif dalam mencapai tujuan yang kita inginkan. Salah satu kekreatifan yang harus kita lakukan mengubah segalanya dengan melakukan hal yang tidak dilakukan oleh mereka yang memiliki tujuan yang sama dalam mencapai tujuan yang kita inginkan. Kita angkat salah satu tokoh yang pernah melakukan Break Rules. Mantan Presiden Alm. Abdurrahman Wahid, panggilan akrabnya Gus Dur pernah membuat keputusan yang kontroversi dengan mengambil jalan golput dalam pemilu 2009. Gus Dur menambahkan, keputusan golput (golongan putih) merupakan salah satu mekanisme dalam sistem demokrasi karena ia menilai demokratisasi sistem politik di Indonesia tidak berjalan. Hanya mementingkan kelompok politik semata, tidak memberi ruang bagi masyarakat.

Selain itu pula, Gus Dur dalam perjalanan menempuh pendidikannya dia tidak pernah sama dengan mereka yang menempuh dunia pendidikan yang memang benar-benar mematuhi persyaratan dunia pendidikan, misalkan mendapat ijazah setelah tamat belajar. Namun, Gus Dur melakukan hal yang berbeda ketika pergi malanjutkan pendidikannya ke luar negeri. Dia tidak pernah mengharapkan ijazah, dia banyak mengoleksi tiket nonton film.

Akan tetapi dia mampu menjadi kandidat presiden Republik Indonesia meski hanya sebentar saja. Namun dari segi kenegaraan dia cukup banyak memberikan perubahan dalam tatanan pemerintahan daripada presiden yang lainnya. Gus Dur memang diakui oleh sejarah bahwa dia melakukan perombakan cukup banyak dalam pemerintahan RI, terutama pemikirannya yang begitu kritis dan inovatif bagi kemaslahatan hidup bangsa dan negara RI.

Jadi saatnya kita menjadi orang yang hebat dan sukses dalam karir yang kita jalani saat ini dengan melakukan hal-hal yang berbeda dengan apa yang sedang dilakukan oleh orang lain untuk mencapai tujuan itu. Untuk menjadi orang yang sukses tidak hanya ada satu jalan yang dapat kita tempuh. Akan tetapi jalan lain yang lebih berkualitas dan jarang ditempuh oleh orang lain akan membawa kita pada kesuksesan masih banyak. Nah, jalan itulah yang semestinya kita tempuh agar kita bisa mendapat hal yang lebih dan berbeda dengan yang lainnya.

Surabaya, 24 Oktober 2012

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: