Ancaman di Balik Kemudahan Internet

METRO RIAU: RABU, 27 MARET 2013

Ancaman di Balik Kemudahan Internet (Junaidi Khab's Picture)

Ancaman di Balik Kemudahan Internet (Junaidi Khab’s Picture)

Oleh: Junaidi Khab*

Dunia yang semakin lama semakin mengalami perubahan dan perkembangan untuk menuju kemajuan di berbagai bidang kini sudah mulai merebak. Salah satu perkembangan dunia yang sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia adalah internet. Internet merupakan salah satu media yang memiliki peran cukup andil bagi berlangsungnya kehidupan manusia di dunia ini. Dengan adanya internet ini, berbagai kegiatan manusia bisa dilakukan semudah mungkin dengan bantuan alat-alat yang canggih. Tidak mengherankan jika masyarakat sekarang jarang keluar rumah tetapi menjadikaya raya. Dengan soft ware yang ada di internet segala bentuk promosi dan transaksi jual beli dapat dilakukan tanpa harus bertatap muka.

Jika kita ingin melakukan berbagai tindakan melalui internet segalanya bisa terlaksana dengan mudah. Pekerjaan yang asalnya membutuhkan tenaga ekstra, kini cuma membutuhkan penguasaan dunia maya itu saja. Dengan dunia maya itu, pekerjaan yang dikerjakan berjam-jam, yang memerlukan banyak orang, dan butuh berbagai sarana untuk tercapainya suatu keinginan masyarakat, kini semudah membalikkan telapak tangan. Sekali membalikkan telapak tangan, maka apa yang menjadi tujuan akan mudah dicapai tanpa mengahabiskan banyak tenaga.

Namun di balik kemajuan ini kita harus lebih waspada dan kritis menghadapi internet yang bisa memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berkomunikasi. Tidak selamanya yang mudah itu memberikan sebuah kreasi dan semangat baru bagi stimulasi dan prospek masyarakat luas. Karena tidak akan lepas dari kemungkinan bahwa internet menyimpan dua rahasia yang masih kurang disadari oleh masyarakat, yaitu dampak positif dan negatif bagi pola pikir dan semangat.

Dampak Positif

Dampak positif internet sering dinomorsatukan oleh masyarakat. Karena memberikan berbagai kemudahan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari sehingga masyarakat mendewakan keberadaan internet. Segala usahanya digantungkan kepada internet tanpa banyak melakukan tindakan-tindakan yang memakai proses panjang. Memang mayoritas masyarakat merasakan dampak positif internet. Perkembangan dan kemajuan saat ini tidak lepas dari peran internet yang sudah membumi di dunia internasional. Mulai dari perbisnisan, pendidikan, perpolitikan, dan berbagai macam kegiatan manusia segalanya dipasrahkan pada keberadaan internet.

            Proses belajar mengajar bisa dilakukan dengan mudah, tugas kuliah oleh mahaiswa tidak harus diserahkan dengan bertemu empat mata dengan dosen. Media yang disediakan oleh internet segalanya bisa mendukung aktivitas manusia yang sangat padat. Sehingga bisa dilaksanakan sangat mudah dan simpel tanpa berupaya semaksimal mungkin. Mempromsikan bahan-bahan dagangan kini tidak harus lagi mengedar berbagai selebaran dan pamflet-pamflet di jalan-jalan. Mencari pertemanan di lingkup daerah, nasional, hingga internasional sangatlah mudah melalui situs-situ yang disediakan di internet.

            Menyimpan berbagai dokumen dan berbagai karya tulis tidak harus lagi diarsip dalam banyak map yang membutuhkan lemari tambahan. Berbagai referensi untuk memperkuat argumentasi cukup mencari link di internet. Buku online-buku online yang dicetak dan berbagai media cetak kini juga update sehingga memudahkan pembaca. Segalanya mudah dan segalanya bisa didapat di internet. Kita sebagai pengguna cukup mengingat dan menympan situs internet yang dibutuhkan. Dengan adanya internet maka kita harus pandai bersyukur dan benar-benar mengapliksikan sebaik mungkin untuk memajukan bangsa.

Dampak Negatif

Sarana apapun bentuk dan mereknya selain memberikan dampak postif yaitu berbagai utiliti bagi manusia, tidak akan lepas dari itu semua juga akan memberikan dampak negatif yaitu hal-hal yang dianggap mengancam aktivitas-aktivitas yang lain. Sehingga hal-hal yang memberikan kemudahan dan keinstanan dalam prosesnya harus diwaspadai dan dikendalikan semaksimal mungkin. Termasuk kali ini internet yang memberikan suguhan berbagai manu yang sudah instan dan siap pakai oleh manusia. Tanpa ada kendali dan kesadaran atas dampak negatif ini, maka masyarakat pengguna akan menghadapi mental pemalas yang tidak dirasa secara langsung.

Berbagai menu yang disajikan di internet seperti buku online-buku online ilmiah kini mudah didapat dengan didownload secara bebas. Dimana kita ingin untuk mendapatkan buku online di internet di sana kita cukup angkring. Kemudahan itu memberikan peluang bagi kita untuk menghemat waktu dan tenaga. Tidak mengherankan jika mahasiswa ada yang copy paste saat mengerjakan tugas kuliah, mislkan makalah dan lebih-lebih saat penggarapan skripsi. Kadang copy paste menjadi salah satu trend dan cara untuk mempercepat penyelesaian secara mudah dan tanpa memikirkan apa yang sedang digarap saat itu. Melihat  perilaku demikian, para pengguna internet sangat disayangkan kapabilitas dan daya pikirnya, sehingga tindakan seperti itu harus dihindari.

Selain itu pula meski internet memberikan berbagai kenyamanan bagi para pengguna juga di balik itu memberikan berbagai ancaman bagi mereka. Penyediaan berbagai fitur di internet seperti kemudahan dalam mendapat pelajaran dan membaca berbagai buku online dan referensi via internet. Namun, meskipun internet memberikan kemudahan dalam membaca beberapa buku online dan referensi di balik itu semua mengurangi rasa kritis kita terhadap suatu persoalan, begitu pula konsentrasi sudah tentu akan berkurang.

Selain di internet disediakan beberapa buku online dan referensi keilmuan juga ada beberapa aplikasi yang lebih menarik perhatian kita dari pada membaca buku online dan referensi-referensi lainnya. Yaitu, jika kita membaca buku online dan referensi keilmuan di internet konsentrasi kita akan terganggu dengan beberapa aplikasi lainnya. Misalkan adanya gambar-gambar di sebelah buku online atau referensi yang kita baca, sehingga konsentrasi dan perhatian kita terhadap buku online yang kita baca sedikit berkurang.

Melihat pada fenomena yang kita hadapi saat ini sangatlah disayangkan keadaan internet bagi pola pikir dan konsentrasi kita. Meski internet memberikan peran dan fungsi yang cukup banyak, di samping itu pula memberikan dampak yang kurang baik. Sehingga kita dalam menghadapi internet saat ini harus lebih waspada karena secara tidak langsung internet menjajah daya belajar dan semangat kita untuk tidak belajar dengan konsentrasi dan plagiasi pun sangat mudah dilakukan dengan adanya layanan internet.

* Penulis adalah Pemikir Islam Kontemporer IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Hp                               : 087866119361

 E-Mail                        : john_gapura@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: