Tips dan Trik Menang RANK Mobile Legends Bang Bang (MOBA)

Sumber gambar: di sini.

Setelah Clash of Clan (COC) yang booming dan diliris pada 2 Agustus 2012, kali ini Mobile Legends Bang Bang (MOBA) yang diliris pada 11 Juli 2016 mendominasi permainan online anak negeri, selain ada Pub G (liris 23 Maret 2017) dan Hago (liris 23 Maret 2018) yang juga menempati posisi tak jauh berbeda dengan MOBA. Permainan-permainan ini menjadi media bermain bagi anak muda, bahkan orang dewasa pun banyak yang memainkannya.

Kali ini, dalam artikel ini, saya ingin mengulas tips dan trik memenangkan permainan dalam MOBA di mode RANK. Berangkat dari pengalaman bermain yang kemenangannya sangat sulit, telah memberikan pelajaran bagi saya secara pribadi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam bermain RANK MOBA secara khusus dan umumnya di mode-mode lainnya seperti Classic atau Brawl. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Pertama, tenang. Doa tentunya. Kita harus menenangkan pikiran, baik sebelum bermain atau saat sedang bermain MOBA agar situasi berpikir bisa stabil. Hal ini bisa dilakukan dengan menghindari kata-kata kasar. Dalam permainan MOBA, khususnya mode RANK, anggota tim biasanya mengeluarkan kata-kata kasar yang mengundang emosi dan membuat pikiran labil, sehingga strategi yang seharusnya dilakukan terabaikan begitu saja. Hal semacam ini harusnya dihindari agar tak merusak ketenangan pikiran seluruh anggota tim dalam bermain. Kita tahu sendiri kan, ketika pikiran sedang labil? Cara kita bergerak pun tak terkontrol. Jadi, semaksimal mungkin hindari berkata kasar dalam permainan MOBA agar pikiran tetap tenang dan mampu berpikir dengan jernih agar bisa menang. Bahkan dampak berkata kasar ini, bukan hanya ketika bermain game, tapi bisa terus berimpas ke dunia nyata.

Baca:

=> Motivasi

=> Menguliti Kemunafikan dan Kefasikan Manusia

=> Dari Cinta, Pacaran, hingga Pernikahan

=> Cerita Dewasa

=> Zaman Now

Kedua, level emblems. Perhatikan level emblems yang kita miliki dan mau sering dipakai. Semakin tinggi level emblems yang kita miliki dan mau sering dipakai, kesempatan menang pun semakin tinggi. Tapi hal ini membutuhkan waktu, karena untuk meng-update emblems membutuhkan magic dust dan emblems tools serta koin. Emblems berfungsi sebagai tameng utama dalam peperangan menghadapi lawan. Jika kita suka menggunakan hero fighter, tank, atau assassin, emblems assassin lebih tepat jika levelnya terus ditingkatkan. Semakin tinggi level emblems yang kita pakai, maka semakin kuat damage hero yang kita gunakan. Berikut beberapa emblems dalam MOBA yang perlu di-update secara berkala: Physical, Magical, Tank, Jungle, Assassin, Mage, Fighter, Support, Maknman.

Ketiga, memilih hero. Nah, dalam permainan MOBA, hero yang akan kita gunakan harus imbang dan kita bisa menggunakannya dengan baik. Misalkan, ada fighter satu, tank dua (pendapat ini lebih banyak saya dengar mumpuni), satu assassin atau mage, dan satu maksman. Jangan sampai mage dua, berdasar pengalaman saya pribadi mage dua tak memungkinkan untuk menang, kecuali lawan AFK. Dalam memakai hero jangan sampai fanatik, misal pro maksman tetap menggunakan maksman meski sudah ada teman lain yang menggunakan maksman. Hal ini yang biasanya membuat tim kurang bersemangat. Jadi, kalau ada yang sudah menggunakan maksman (lebih dari dua), biasanya ada keterangan too many maksmans, kita gunakan hero lain yang bisa kita untuk memainkannya dengan baik juga.

Keempat, level hero. Kita harus menaikkan level hero yang digunakan dalam satu pertarungan. Termasuk dalam menaikkan level hero yaitu dengan cara buffing atau farming (membunuh monster). Jangan menghancurkan turret kalau level masih rendah, lebih baik gunakan buffing atau farming biar tak dicuri lawan saat kita lengah. Disarankan, fighter dan assassin pada awal permainan untuk buffing atau farming, khususnya hero Fany dan hero assassin lainnya dengan mengambil monster di sebelah kanan basic turret.

Baca juga:

=> Sehelai Kerudung

=> Menabung dengan Cara Bersedekah

=> Baju Ayah

=> Lipstik

=> Burung Kematian

=> Bambu Pak Suto

=> Real Madrid, Strategi, dan Misteri sebuah Kemenangan

Kelima, posisi. Ini sangat penting dalam memuluskan jalannya pertarungan. Hero maksman atau mage harus memosisikan diri di bagian belakang fighter, tank, atau assassin. Sementara tank lebih disarankan agar maju (paling depan menghadapi lawan) yang diikuti oleh fighter, assassin, lalu maksman. Ingat ya, maksman posisinya itu sangat lemah ketika berhadapan dengan fighter, dan sangat lemah (tak memilih hero apa pun) jika emblems yang digunakan lawan sangat tinggi. Kecuali level hero maksman itu tinggi dan level emblems-nya tinggi pula, tapi harus tetap waspada. Sementara cara memainkan hero assassin, maju mundur untuk melakukan kill. Hero assassin juga harus waspada, karena jika tak lihai maka mudah untuk dibunuh. Karenah hakikatnya, hero assassin meski sangat ganas, tapi juga lemah saat tersakiti, saat terkena pukul lawan.

Keenam, kompak. Ini yang sulit untuk kita lakukan karena sifat tamak, biasanya kita ingin doble kill, triple kill, maniac, atau savage sehingga lupa diri, egois bermain sendiri tanpa melihat tim. Jika sedang buffing atau farming dan teman dihajar, lepas dulu buffing atau farming-nya untuk membantu teman yang kewalahan diserang. Ketika teman tim kita dihajar, jangan mundur sendiri, kecuali maksman atau mage yang berposisi di belakang. Tapi maksman atau mage jangan terus mundur, namun sekadar menghindar dengan beralih ke posisi belakang tank, fighter, atau assassin, lalu melakukan tembakan.

Ketujuh, push turret. Saat level hero sudah lumayan tinggi, silakan push turret, tapi lihat di sekitar, kalau sedang sepi langsung push turet mengikuti minions, apa lagi saat lawan sudah banyak yang terbunuh (lihat data kematian di bagian atas). Selebihnya membunuh turtle atau lord ketika benar-benar aman, lawan banyak yang terbunuh.

Demikian tips dan trik memenangkan game MOBA baik di mode RANK, Classic, Brawl, atau lainnya yang bisa teman-teman terapkan. Selebihnya, jika ada pendapat lain bisa digunakan dan sarankan dengan berkomen di bawah tulisan sederhana ini. (jk/diy/9-10/12/18)

15 Responses to Tips dan Trik Menang RANK Mobile Legends Bang Bang (MOBA)

  1. Pingback: Tauhid Kemanusiaan | junaidikhab

  2. Pingback: Mengajarkan Kebaikan dan Kebijakan pada Anak | junaidikhab

  3. Pingback: Meraih Beasiswa ke Luar Negeri | junaidikhab

  4. Pingback: Sastra dan Persatuan Suku Masyarakat Melayu | junaidikhab

  5. Pingback: Cara Ibu Merawat Anak | junaidikhab

  6. Pingback: Bencana Alam (Aceh) dan Oportunisme Manusia | junaidikhab

  7. Pingback: Menata Kehidupan Rumahtangga | junaidikhab

  8. Pingback: Berbuat Baik sebagai Bekal Kebahagiaan | junaidikhab

  9. Pingback: Organisasi dan Tujuan Pergerakan Pemuda | junaidikhab

  10. Pingback: Meneladani Kehidupan (Keluarga) Para Nabi | junaidikhab

  11. Pingback: Bob Dylan, Alice Munro, dan Karya Peraih Nobel | junaidikhab

  12. Pingback: Memahami Cinta dan Cara Mencintai | junaidikhab

  13. Pingback: Bangsa Asing dan Eksotisme Masyarakat Nias | junaidikhab

  14. Pingback: Pahlawan yang Peduli pada Rakyat Kecil | junaidikhab

  15. Pingback: Menemukan dan Memutus Benang Merah Terorisme | junaidikhab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: