Menyembuhkan Stres di Era Modern

Food Combining & Yoga Mengendalikan Stres (dok. Junaidi Khab)

Kehadiran buku ini merupakan salah satu langkah solutif yang menawarkan pelatihan dalam menyembuhkan stres atau galau yang sering melanda masyarakat. Terlebih di era modern saat ini, rasa stres atau galau menjadi penyakit akut yang mudah menyerang siapa saja dan kapan saja akibat kemajuan teknologi dan persoalan yang mengiringi kemajuannya.

Jika stres tidak segera disembuhkan, maka bisa menyebabkan banyak persoalan lain yang bermunculan. Gila, gagal karir, depresi, dan hingga bisa membuat seseorang meninggal dunia. Maka dari itu, stres harus segera diobati agar tidak menjadi penyakit kronik yang menghuni tubuh masyarakat kita. Namun, stres tidak perlu ditakuti. Berbekal pengetahuan dan pemahaman yang baik mengenai stres, kita akan lebih positif memandang stres sebagai anugerah (hlm. x). Karena akibat stres, kualitas hidup bisa meningkat. Hal itu karena berbagai usaha dan olahraga pun dilakukan.

Baca: Peran Zakat bagi Pemerataan Ekonomi

Ada sebuah metode yang ditawarkan oleh Erikar Lebang melalui buku ini sebagai upaya untuk mengobati stres masyarakat modern. Cara tersebut yaitu dengan mengonsumsi makanan yang baik dan dipadukan dengan yoga sebagai latihan fisik.

Sebuah langkah tepat guna menghilangkan (mengobati stres) yaitu sebuah latihan yoga dengan latihan asana (fisik). Dengan melakukan beberapa postur fisik (asana) yang dilakukan dengan baik, benar, dan penuh konsentrasi, mampu menenangkan kerja saraf yang berhubungan dengan rasa stres, mengembalikan fungsi adrenalin ke level normal, dan memberikan rasa nyaman pada tubuh (hlm. 58).

Baca juga: Hari Bumi dan Refleksi Pelestarian Alam

Sangat tepat dilakukan oleh masyarakat modern dalam menangkal stres akibat persoalan hidup yang semakin rumit dan penuh persaingan dengan cara menangkal stres. Meskipun mengobatinya juga bisa dilakukan dengan yoga dan makanan yang bernutrisi baik sebagi penangkal stres, seperti pepaya, apel, beras merah, kangkung, brokoli, dan susu kedelai (hlm. 87). Ini merupakan sebuah langkah tepat bagi kesehatan yang memadukan antara gerakan fisik dengan pola makan yang bergerak dalam tubuh.

Baca lainnya: Benarkah Isa al-Masih Lahir di Sumenep, Madura, Jawa Timur, Indonesia?

Buku ini mengulas tentang segala aspek kesehatan yang bersumber dari pelatihan fisik melalui yoga dan makanan yang menutrisi tinggi. Tujuan utamanya sebagai saran pelatihan untuk mengobati stres masyarakat modern yang lebih cenderung fluktuatif. Insya Allah, buku ini akan mampu memberikan pencerahan bagi masyarakat modern untuk mengubah pola hidupnya agar tetap sehat dan jauh dari berbagai macam penyakit. Selamat membaca dan mengikuti instruksi kesehatan di dalamnya!

Judul               : Food Combining & Yoga Mengendalikan Stres

Penulis             : Erikar Lebang

Penerbit           : Qanita

Cetakan           : I, 2016

Tebal               : 132 hlm

ISBN               : 978-602-402-009-5

Peresensi         : Junaidi Khab*

* Peresensi adalah Akademisi dan Pecinta Baca Buku Asal Sumenep, lulusan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Advertisements

5 Responses to Menyembuhkan Stres di Era Modern

  1. Pingback: Usaha Mengubah Nasib Kita Sendiri | junaidikhab

  2. Pingback: Ramadan sebagai Momentum Mengendalikan Nafsu | junaidikhab

  3. Pingback: Buka Puasa dengan Pola Makan Sehat | junaidikhab

  4. Pingback: Berjihad Melawan Korupsi dan Ketidakadilan | junaidikhab

  5. Pingback: Konstruksi Sosial Kaum Perempuan | junaidikhab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: