Laknat atau Musibah Datang dari Kita Sendiri

Dok. Pribadi Junaidi Khab_Lelaki Harimau

Di belahan bumi, kasus kematian: baik karena sakit, kecelakaan, normal, atau dibunuh, datang memang atas kehendak Tuhan. Selain itu, bukan hanya kematian yang dihadapi oleh manusia, tapi laknat atau musibah pun pasti akan ditemukan. Hal itu terjadi bukan serta-merta karena kehendak tangan Tuhan. Namun, segala tindakan dan perilaku kita sendiri yang menghadirkannya.

Seperti kisah dalam novel karya Eka Kurniawan yang berjudul Lelaki Harimau ini menceritakan tentang sebuah pembunuhan Anwar Sadat yang dilakukan oleh Margio (hlm. 1). Cara membunuh yang dilakukan oleh Margio tergolong sangat aneh dan primitif. Dia menggigit leher Anwar Sadat, layaknya harimau menggigit mangsanya. Tak ada yang tahu penyebab Margio membunuh Anwar Sadat. Para tetangga dan teman-temannya hanya tahu bahwa Margio hanya membenci ayahnya dan memiliki maksud membunuhnya.

Baca: Belajar Jiwa Kebangsaan dari Cak Nun

Tapi, secara tiba-tiba yang membuat warga heran, Margio malah membunuh Anwar Sadat dengan cara yang menjijikkan. Secara flsahback, novel ini menelusuri latar-belakang kasus pembunuhan Anwar Sadat. Seperti halnya kematian Mirna setelah minum kopi di salah satu kafe. Kasusnya sangat rumit. Begitu juga dengan kasus pembunuhan Anwar Sadat.

Baca juga: Pengaruh Haji Mabrur dan Mardud

Dalam novel ini, dikisahkan keluarga Margio termasuk masyarakat menengah ke bawah, hidup miskin dengan rumah gedek bambu dan kadang dia lebih memilih tidur di surau atau pos-pos penjagaan (hlm. 77). Tapi, usaha tetap dilakukan dan Margio ketika mulai beranjak dewasa menjadi tulang punggung keluarganya. Hingga peristiwa pembunuhan dengan cara menggigit leher Anwar Sadat terjadi.

Baca lainnya: Cerita Dewasa

Bukan tanpa motif dan sebab Margio membunuh Anwat Sadat meski sebelumnya tidak ada perencanaan seperti rencana akan membunuh orangtuanya sendiri. Tapi, dari novel ini, pembaca akan diajak untuk belajar menelusuri sebab pembunuhan Anwar Sadat. Di bumi ini, banyak musibah atau bahkan laknat menghampiri kita. Hal itu terjadi bukan datang begitu saja, tetapi itu semua terjadi akibat tindakan dan perilaku yang kita lakukan. Namun, karena egoisme yang tinggi kadang kita tidak merasa ada perbuatan atau tindakan yang sebenarnya menyimpan banyak resiko bagi kehidupan kita sendiri. Selamat membaca dan mengambil hikmah dari novel spektakuler ini!

Judul               : Lelaki Harimau

Penulis             : Eka Kurniawan

Penerbit           : Gramedia

Cetakan           : VII, Oktober 2016

Tebal               : 191 halaman

ISBN               : 978-602-03-2465-4

Peresensi         : Junaidi Khab*

* Peresensi adalah Akademisi dan Pecinta Baca Buku asal Sumenep, lulusan UIN Sunan Ampel Surabaya.

2 Responses to Laknat atau Musibah Datang dari Kita Sendiri

  1. Pingback: Merayakan Kelahiran Nabi Muhammad Saw | junaidikhab

  2. Pingback: Inspirasi dari Jogja untuk Indonesia | junaidikhab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: