Bekal Melindungi Anak dari Pelecehan

Dok. Pribadi Junaidi Khab_Bekal Melindungi Anak dari Pelecehan_Bullying Siapa Takut?

Anak-anak biasanya sering menjadi objek pelecehan. Baik pelecehan yang dilakukan oleh orang dewasa, dan lebih-lebih oleh temannya sendiri. Ketika seorang anak dilecehkan, dia akan merasa takut, hingga kadang tidak mau sekolah. Bahkan, dia tidak mau keluar rumah karena perasaannya selalu resah. Keadaan demikian akan menjadi problem kehidupan bagi anak bangsa kita.

Tapi, kita tidak perlu khawatir, ada sebuah buku yang akan mengajari anak-anak, utamanya anak yang masih bersekolah. Buku tersebut berjudul “Bullying Siapa Takut? Panduan untuk Mengatasi Bullying”. Bullying atau yang kita kenal dengan pelecehan adalah kekerasan fisik dan psikologis (jiwa/ perasaan) berjangka panjang yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok terhadap seseorang yang tidak mampu mempertahankan diri. Biasanya pelecehan dilakukan dalam situasi di mana ada hasrat untuk melukai, menakuti, atau membuat seseorang merasa tertekan, trauma, depresi, dan tak berdaya (hlm. 11).

Baca: Meminimalisir Geng dan Kenakalan Remaja

Bahkan, dalam keadaan pikiran dan jiwa tenang, pelecehan bisa terjadi. Pelecehan bukan hanya bersiul ketika ada perempuan lewat. Pelecehan memiliki banyak ragam dan ciri-cirinya di antaranya yaitu diri kita merasa tidak nyaman dan tertekan. Segala tindakan yang membuat pikiran tertekan hal itu merupakan bentuk pelecehan. Maka dari itu, kita harus belajar cara agar terhindar dari berbagai macam pelecehan yang akan mengganggu ketenangan hidup.

Baca juga: Menyambut Ramadan dengan Meneladani Ibadah Rasulullah

Jika kita dihadapkan dengan bullying, jangan hanya tinggal diam. Tapi harus melakukan sesuatu agar kita selamat dan tidak tersakiti. Di dalam buku ini juga dibahas tentang cara menghadapi pelecehan. Salah satunya yaitu, sebisa mungkin menghindar dengan cara lari atau menjauh (hlm. 51). Selain itu, kita harus berani melapor pada orang yang berwenang, seperti kepada guru, orang tua, atau polisi. Pelecehan yang beragam tipenya jangan sampai terjadi pada anak-anak dan umumnya oleh kita semua.

Baca lainnya: Melawan Absurditas Masyarakat Modern

Buku molek ini akan menceritakan cara kita menghadapi pelecehan. Cara-cara tersebut ditulis dalam bentuk kisah atau cerita agar anak-anak dan para pembaca tidak bosan. Setelah membaca cerita dan beberapa kata ulasan, buku ini menyajikan beberapa cara atau tips agar kita terhindar dari pelecehan. Selamat membaca!

Judul               : Bullying Siapa Takut Panduan untuk Mengatasi Bullying

Penulis             : Fitria Chakrawati

Penerbit           : Tiga Ananda (PT Tiga Serangkai)

Cetakan           : I, 2015

Tebal               : 96 hlm.; 24 cm

ISBN               : 978-602-7690-96-7

Peresensi         : Junaidi Khab*

* Peresensi adalah Akademisi dan Pecinta Baca Buku asal Sumenep, lulusan UIN Sunan Ampel Surabaya.

2 Responses to Bekal Melindungi Anak dari Pelecehan

  1. Pingback: Jogja dan Kearifan Masyarakatnya | junaidikhab

  2. Pingback: Bermaulid dengan Membaca Sirah Nabi Muhammad Saw | junaidikhab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: