Ramadan dan Mental Spiritual Seorang Pejabat

Dok. Pribadi Junaidi Khab_Sajadah Lipat Pak Camat

Novel ini merupakan sebuah karya fiksi yang mengandung banyak kontemplasi bagi kita semua. Khususnya bagi para pejabat agar tidak semena-mena dalam menajalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai kepercayaan rakyat. Namun, meskipun seorang pejabat memiliki kinerja dan tanggung jawab yang baik, belum tentu selalu aman dari berbagai perkara. Sebuta saja Pak Ikhsan dalam novel ini yang bijak dan penuh tanggung jawab tiba-tiba harsu mendekam dalam penjara.

Pak Ikhsan harus mendekam dalam penjara karena kasus kematian Myrna di salah satu hotel tempat penginapan (hlm. 138). Namun, pada waktu itu, Pak Ikhsan tak sadarkan diri, dan tiba-tiba diinterogasi oleh polisi yang berbadan tegap serta diminta menandatangi sebuah pernyataan bahwa dirinya menjadi pelaku. Tangan baja polisi dan suara halilintarnya seakan menghipnotis Pak Ikhsan hingga ia menandatangani bahwa dirinya memang bersalah.

Baca: Mengatasi Segala Macam Persoalan Hidup

Namun, dengan segala daya dan upata, Pak Ikhsan selalu bermunajat kepada Allah Swt. selama berada di dalam penjara dan menunggu putusan hakim atas dirinya. Hingga memasuki bulan suci Ramadan, segala ibadah dan doa-doa ia kerjakan sepenuh hati serta diikuti oleh deraian air mata.

Baca juga: Pemuda dan Perannya bagi Kehidupan Bangsa

Berhasil apa yang menjadi usaha dan ikhtiyar Pak Ikhsan. Segala ibadah dan doa yang dilakukan oleh Pak Ikhsan sejak pertama kali masuk sel tahanan hingga masuk bulan suci Ramadan membuahkan hasil. Pak Ikhsan bebas dari penjara. Ia pun bersujud syukur (hlm. 276). Bulan suci Ramadan memang benar-benar penuh hikmah dan berkah. Pak Ikhsan tak pernah ragu untuk meyakini hal tersebut, hingga ia merasakannya sendiri.

Baca lainnya: Burung Kematian

Novel ini menceritakan tentang seorang pejabat yang bijak dan penuh tanggung jawab, namun ujian menimpa dirinya. Kisah-kisah di dalam novel ini dikemas dengan begitu apik dan multi segmen persoalan, mulai dari persoalan asmara, jabatan, hukum, ibadah, dan spiritualitas-sosial yang tinggi menjadi penyedap sajian ceritanya. Selamat membaca dan melaksanakan puasa Ramadan!

Judul               : Sajadah Lipat Pak Camat

Penulis             : Riyanto El Harist

Penerbit           : Tinta Medina (PT Tiga Serangkai)

Cetakan           : I, 2015

Tebal               : viii, 288 hlm; 20 cm

ISBN               : 978-602-0894-11-9

Peresensi         : Junaidi Khab*

* Peresensi adalah Akademisi dan Pecinta Baca Buku Asal Sumenep, lulusan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Advertisements

2 Responses to Ramadan dan Mental Spiritual Seorang Pejabat

  1. Pingback: Mencari Bangsa Ke-13 sebagai Penguasa Dunia | junaidikhab

  2. Pingback: Hikmah Ramadhan dari Sebuah Komik | junaidikhab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: