Mengenal Generasi Milenial

Kedaulatan Rakyat: Senin, 19 Februari 2018

Dok. Pribadi Junaidi Khab_Millenials and I-Generation Life

Untuk memahami bola arus kemajuan teknologi, buku ini merupakan salah satu rujukan dalam menelusuri peran teknologi berbasis internet bagi kehidupan masyarakat, khususnya generasi muda saat ini. Keberadaan internet sudah tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Seperti apakah generasi milineal?

Generasi milenial memiliki ciri khas tersendiri, yaitu generasai yang lahir pada saat televisi berwarna, sudah ada handphone, dan internet sudah diperkenalkan. Dengan perkembangan tersebut, mereka tumbuh dalam iklim yang sangat “kental” dengan teknologi dan serbuan informasi yang cepat dan canggih. Generasi ini adalah generasi yang cepat menerima dan mengadopsi informasi, serta akan mencapai kebosanan ketika menjalani metode pelajaran tradisional (hlm. 20).

Baca: Memahami Perasaan (Cinta)

Pengaruh teknologi berbasis internet memang tidak bisa kita hindari. Memang kita menyadari, dari perkembangan tersebut ada beberapa hal yang bernilai positif dan negatif. Namun, demi memanfaatkan perkembangan teknologi dan internet, tak jarang generasi milenial memanfaatkannya untuk menjadikan teknologi berbasis internet sebagai ladang mencari peluang dalam berbisnis. Mekipun kita juga tak memungkiri sebagian masyarakat memanfaatkannya sebagai media untuk melakukan kejahatan.

Salah satu generasi atau pengguna teknologi yang memanfaatkan dari sisi positif yaitu Nadiem Makarim yang mendirikan perusahaan Go-Jek dan beberapa pengusaha online lainnya (hlm. 47). Melalui teknologi dan internet, Nadiem merintis perusahaan tersebut sebagai alternatif untuk memudahkan masyarakat dalam urusan jasa berkendara, peluang bisnis, dan membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat. Bahkan, seiring perkembangannya, Go-Jek tidak sebatas mengantar penumpang, tetapi juga melayani pembelian makanan dan transaksi online lainnnya yang terpercaya.

Baca juga: Menjadi Kaya dan Hal-Hal yang Harus Dilakukan

Buku ini hadir untuk membaca arus perkembangan zaman di era digital yang sudah mapan, teknologi canggih, dan akses internet sangat cepat (hlm. 98). Selain itu, buku ini tidak hanya mengulas teknologi sebagai bentuk kemajuan, tetapi juga melihat perkembangannya dari beberapa sudut pandang; sosial, keluarga, politik, hingga pendidikan. Sehingga, buku ini perlu dibaca oleh masyarakat yang sekarang sudah sangat akrab dengan dunia teknologi berbasis internet sebagai bahan bacaan yang memungkinkan untuk secara sadar bisa memanfaatkan teknologi dengan baik dan bijak, sehingga memberikan manfaat bagi diri sendiri serta orang lain. Selamat membaca!

Judul               : Millenials and I-Generation Life

Penulis             : Destiana Rahmawati

Penerbit           : LAKSANA

Cetakan           : I, Januari 2018

Tebal               : 152 hlm.; 14 x 20 cm

ISBN               : 978-602-407-300-8

Peresensi         : Junaidi Khab*

* Peresensi adalah Akademisi dan Pecinta Baca Buku asal Sumenep, lulusan UIN Sunan Ampel Surabaya.

2 Responses to Mengenal Generasi Milenial

  1. Pingback: Menerjemah Cinta dan Kasih Sayang Ibu | junaidikhab

  2. Pingback: Menggapai Kesucian Jiwa dengan Zakat | junaidikhab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: