Terapi Menyembuhkan Penyakit Kanker

Kabar Madura: Rabu, 15 Maret 2017

Cover Sembuh dari Kanker dengan Berolahraga

Judul               : Sembuh dari Kanker dengan Berolahraga

Penulis             : Kwan Sik Seo & Ho Chyun Choi

Penerbit           : Qanita

Cetakan           : I, 2016

Tebal               : 244 hlm.; 24 cm

ISBN               : 978-602-402-030-9

Peresensi         : Junaidi Khab*

Sebuah buku inspiratif sekaligus sebagai panduan bagi kita semua untuk terhindar dari penyakit kanker. Buku ini berisi beberapa metode olahraga – senam –  terbaik serta mudah dilakukan oleh berbagai kalangan; wanita dan laki-laki. Buku panduan sembuh dari kanker berkat berolahraga ini akan mengulas secara rinci perihal orahlaga yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Setidaknya, bisa menjadi pelindung atau pencegah agar kanker tidak menghuni tubuh manusia.

Tidak menutup kemungkinan, di era yang serba instan saat ini, penyakit kanker menjadi problem masyarakat secara universal. Tak heran, segala aktivitas tubuh sudah banyak yang terbantu oleh kemajuan teknologi untuk beraktivitas. Sehingga, sel-sel negatif dalam tubuh manusia mudah tumbuh dan berkembang. Memang, pengobatan kanker yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan memberikan hasil yang baik (hlm. 11). Namun, itu tak menutup kemungkinan akan tumbuh kembali dan ada ketergantungan pada obat.

Dari itulah, berolahraga secara teratur jika kita ingin membasmi kanker dan mengembalikan kesehatan merupakan jalan terbaik. Berolahraga hakikatnya bukan hanya menyembuhkan kanker, tapi menyehatkan badan serta mencegah segala macam penyakit yang kemungkinan bisa menjangkiti tubuh. Memulai olahraga memang tidak mudah. Lebih-lebih jika ingin melakukannya secara rutin. Sangat berat.

Apa boleh buat? Olahraga tetap perlu dilakukan. Olahraga bisa menjadi penyembuh kanker dan tubuh bisa sehat apat dilakukan di rumah atau bahkan di dalam kamar. Misalkan melakukan peregangan pada otot paha belakang (hlm. 65-117). Di dalam kamar pun bisa dengan posisi duduk dan selonjor. Selebihnya berdiri menggunakan metode peregangan tulang pinggul bagian samping. Hal yang perlu diingat, setelah pengobatan kanker, tetaplah berolahraga untuk memulihkan kesehatan.

Baik diserang kanker atau tidak, olahraga akan menjadi solusi alternatif untuk proteksi diri dari berbagai radikal bebas. Disarankan pula, pra dan pasca pengobatan kanker agar berolahraga. Olahraga akan menunjang kesehatan tubuh dan memulihkan stamina. Ada bagian-bagian tertentu di dalam buku ini yang sangat baik dipraktekkan dalam berolahraga agar terhindar dari kanker dan berbagai macam penyakit lainnya. Seperti peregangan untuk melenturkan otot dan sendi yang kaku (hlm. 124). Mulai dari peregangan otot leher, pinggang, sendi pinggul, hingga peregangan tubuh bagian bawah.

Penyakit kanker tumbuh disebabkan oleh tubuh manusia yang kurang beraktivitas. Sehingga, banyak sel-sel darah yang menumpuk hingga menjadi lemak. Kemudian berkembang menjadi kanker. Dalam hal ini, olahraga – senam – yang direkomendasikan dalam buku ini yaitu gerakan olahraga senam untuk mengurangi efek samping dan efek pascapengobatan yang disesuaikan dengan janis kanker (hlm. 202). Dengan kata lain, di dalam buku ini ada senam-senam tertentu yang bisa menyembuhkan kanker berdasarkan jenisnya.

Sebagaimana disampaikan oleh Ho Chyun Choi dalam pengantar buku ini, bahwa dengan kemajuan teknologi dalam pengobatan, banyak orang bisa hidup lebih lama meskipun mengidap kanker. Tetapi, banyak penyintas (survivor) kanker yang mengalami komplikasi yang lebih parah daripada kanker, seperti penyakit kardiovaskular, serebrovaskular, atau penyakit kronis lainnya. Salah satu rahasia untuk memerangi kanker dan kembali hidup sehat adalah dengan berolahraga secara teratur.

Melalui buku ini, para penderita penyakit kanker bisa melakukan berbagai terapi olahraga yang tepat, baik, dan sesuai dengan panduan yang berdasarkan pada penelitian ilmiah. Jadi, ada harapan untuk sembuh. Namun, sangat bermanfaat bagi yang tidak tekena kanker sebagai bentuk antisipasi di kemudian hari agar terjauh dari penyakit kanker. Karena penyakit kanker banyak memakan korban jiwa. Buku ini sangat bermanfaat bagi kita semua di era modern yang seluruh aktivitas sudah banyak terbantu oleh mesin dan menjadi kemungkinan berbagai macam penyakit mudah datang. Dengan berolahraga, tubuh akan menjadi sehat, kanker bisa sembuh, dan hidup seakan bisa semakin bertambah. Itulah berkah olahraga!

* Peresensi adalah Akademisi dan Pecinta Baca Buku asal Sumenep, lulusan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Bisa dijumpai di:

YouTube: Junaidi Khab

Instagram: Junaidi Khab

Twitter: Junaidi Khab

Facebook: Junaidi Khab

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: