Substansi Keimanan, Jihad, dan Pahala Surga

Jawa Pos-Radar Madura: Minggu, 29 Januari 2017

Amalan-amalan Rumahan Berpahala Surga (Dok. Junaidi Khab)

Judul               : Amalan-Amalan Rumahan Berpahala Surga

Penulis             : Pipih Imron Nurtsani

Penerbit           : mizania

Cetakan           : I, 2016

Tebal               : 181 halaman

ISBN               : 978-602-418-031-7

Peresensi         : Junaidi Khab*

Agama selalu menjadi tunggangan empuk, baik sebagai tunggangan politik, budaya, hingga peperangan. Melalui tunggangan agama, Perang Salib pun meletus pada tahun 1096 sampai 1487 dan memakan banyak korban. Orang-orang Kristen diimingi sebuah ampunan dan surga jika ikut dalam Perang Salib, yang tentunya juga dilakukan oleh pemimpin Islam pada masa itu. Memang sangat rumit jika kita mengulas mengenai agama dan keyakinan.

Secara tersirat kehadiran karya ini akan menggugat segala bentuk kekerasan yang mengatasnamakan agama dan dijanjikan surga yang lebih mewah dibanding dunia ini (hlm. 15). Padahal, segala bentuk tindakan, perbuatan, dan amal ibadah seseorang tidak akan menjadi jaminan masuk surga jik Tuhan tidak menghendakinya. Meskipun seseorang telah berbuat kebaikan dan rajin beribadah, namun jika secuil perilakunya menyakiti hati manusia lainnya, itu akan menjadi kendala amal perbuatan seseorang tidak diterima oleh Tuhan.

Pemahaman jihad seperti yang dilakukan oleh kalangan Islam radikal merupakan suatu hal yang perlu kita pertanyakan kembali. Mungkin mereka hanya memahami jihad secara sempit. Jihad hanya diartikan sebagai bunuh diri dengan bom di tempat keramaian dan mendapat jaminan surga. Padahal tidak, jihad adalah perjuangan atau perang suci (Pius A Partanto dan M. Dahlan Al Barri, 2001:292).

Sementara, kalangan Islam radikal mendengungkan jihad dengan bunuh diri menggunakan bahan peledak. Secara etimologi mereka sudah keliru dalam mengartikan jihad. Jadi, bunuh diri bukan jihad (perang), tapi sebuah tindakan konyol orang-orang yang mengalami sakit jiwa atau putus asa dari rahmat Tuhan.

Padahal, jihad bukan hanya bisa diartikan sebagai perang secara fisik. Namun, pengertiannya cukup luas dan universal. Melalui jihad yang benar, seseorang bisa mendapat rahmat Tuhan dan ada jaminan masuk surga jika rahmat Tuhan telah kita raih. Perang yang sangat berat sebagaimana diingatkan oleh Nabi Muhammad Saw. yaitu memerangi nafsu kita sendiri. Itu yang tersulit.

Buku ini mengulas tentang perbuatan-perbuatan yang menjadikan seseorang lebih mendapat jaminan surga tanpa harus bunuh diri dengan bom. Ada beberapa amal yang bisa menjadi pendorong agar rahmat Tuhan bisa kita raih, lalu bisa masuk surga. Misalkan seperti tekun melaksanakan shalat (hlm. 52). Namun, hal yang paling utama yaitu mengikuti perintah Tuhan dan menjauhi larangan-Nya. Jihad, bukan berarti bunuh diri, tapi berperang atau berjuang untuk melawan hawa nafsu. Meskipun harus berperang secara fisik, bukan bunuh diri sebagai bentuk kekerdilan mental dan keputus asaan yang mendera kita.

Buku ini seaakan menampar kita yang telah memahami bahwa jihad bunuh diri atas nama agama dengan hadiah surga tidak dijamin kebenarannya. Sebuah tindakan atau perbuatan apa pun jika tidak diterima oleh Tuhan akibat suatu hal lain, maka tidak bernilai pahala. Sementara untuk masuk surga merupakan hak prerogatif Tuhan melalui rahmatnya (hlm. 63), bukan karena perbuatan baik manusia. Perbuatan baik hanya sebagai landasan untuk mendapat rahmat Tuhan dan jaminan masuk surga.

Di dalam buku ini, ada beberapa amal kebaikan untuk meraih rahmat Tuhan dan perbuatan-perbuatan mulia tersebut akan menjadi bekal kita untuk menuju surga-Nya. Selamat membaca dan semoga bangsa kita ini selalu damai dan sejahtera dengan keyakinan masing-masing. Amin.

* Peresensi adalah Akademisi dan Pecinta Baca Buku asal Sumenep, lulusan UIN Sunan Ampel Surabaya. Sekarang Bergiat di Komunitas Rudal Yogyakarta.

Bisa dijumpai di:

YouTube: Junaidi Khab

Instagram: Junaidi Khab

Twitter: Junaidi Khab

Facebook: Junaidi Khab

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: