Mengajarkan Hakikat Revolusi Mental

Radar Sampit: Minggu, 21 Februari 2016

Quantum Fresh Metode Jitu Revolusi Mental Diri (dok. Junaidi Khab)

Quantum Fresh Metode Jitu Revolusi Mental Diri (dok. Junaidi Khab)

Judul               : Quantum Fresh Metode Jitu Revolusi Mental Diri

Penulis             : Zeni Zainul

Penerbit           : Metagraf (PT Tiga Serangkai)

Cetakan           : I, Juli 2015

Tebal               : xiv, 170 hlm.; 21 cm

ISBN               : 978-602-72110-4-9

Peresensi         : Junaidi Khab*

Mungkin masyarakat bertanya-tanya kembali tentang revolusi mental yang digagas oleh Joko Widodo (Jokowi) pada masa kampanye tahun 2014 yang lalu. Kini seakan mulai dilupakan. Namun, revolusi mental tetap harus diangkat kembali ke permukaan. Akan tetapi, bisa ditebak kembali bahwa masyarakat akan bertanya-tanya tentang metode atau cara untuk melakukan revolusi mental. Pertanyaan mengenai cara memulai revolusi mental ini perlu mendapat perhatian dan bimbingan agar masyarakat bisa memulai secara langsung dari diri mereka masing-masing.

Maka dari itu, buku ini hadir sebagai pegangan bagi seluruh bangsa Indonesia dan mereka yang ingin melakukan revolusi mental. Saatnya masyarakat bangkit dari keterpurukan akibat mental bangsa kita yang lemah dan penuh dengan nilai-nilai egoisme dan karakter negatif. Saatnya pula masyarakat harus sadar tentang betapa pentingnya melakukan revolusi mental. Mental atau karakter hina dan negatif harus segera diubah agar menjadi mental yang kuat dan penuh dengan karakter atau perilaku yang positif serta tidak merugikan manusia lain dan alam sekitar.

Sebagaimana firman Allah Swt dalam al-Quran surah al-Ro’du ayat 11: “Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan didi mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

Itulah janji Tuhan (Allah) kepada umat manusia. Meskipun demikian, namun Tuhan tetap yang memiliki kuasa atas segalanya. Manusia hanya bisa berusaha dan Tuhan lah yang akan menentukan sesuai dengan usaha yang dilakukan oleh umat manusia. Begitu pula dengan revolusi mental harus dilakukan oleh umat manusia.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh umat manusia dan khususnya bangsa Indonesia untuk mewujudkan cita-cita luhur presiden Jokowi tentang revolusi mental. Adapun sebagian langkah tersebut yaitu menjaga kehidupan agar seimbang dengan alam. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara menjaga kesehatan yang ‘holistik’ yaitu sehat secara fisik, sehat secara rasio, sehat secara emosi, dan sehat secara spiritual (hlm. 4).

Buku ini akan memandu para pembaca kemudian bisa diajarkan kepada masyarakat luas untuk memulai revolusi mental diri. Yaitu mengeluarkan masyarakat dari kungkungan jiwa negatif yang jahat menuju cahaya karakter yang positif yang memberikan keuntungan bagi umat manusia. Selain itu, di dalam buku ini bukan hanya sebatas teori, tapi juga disajikan beberapa praktik untuk memulai revolusi mental diri yang mudah untuk dilakukan. Selamat membaca dan mengamalkannya!

* Peresensi adalah Akademisi dan Pecinta Baca Buku asal Sumenep, Lulusan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: