Membuka Usaha di Era MEA

Kabar Madura: Selasa, 5 April 2016

Sales dan Marketing (dok. Junaidi Khab)

Sales dan Marketing (dok. Junaidi Khab)

Judul               : Sales dan Marketing

Penulis             : Scott L. Girard, Jr. Michael F. O’Keefe, dan Marc A. Price

Penerbit           : Metagraf (PT Tiga Serangkai)

Cetakan           : I, November 2014

Tebal               : xii, 228 hlm.; 21 cm

ISBN               : 978-602-9212-74-7

Peresensi         : Junaidi Khab*

Indonesia kini menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). MEA merupakan salah satu gagasan sepemakmuran sesama negara ASEAN (Association of South East Asian Nation), yaitu sepuluh negara di Asia Tenggara. Melalui perintisan pasar bebas MEA ini masyarakat Indonesia diharapkan mampu bersaing dengan sembilan negara lainnya di bidang usaha atau perbisnisan. Maka dari itu, membuka usaha atau berbisnis bukan semata membutuhkan modal, tapi memerlukan strategi agar usaha atau bisnis yang kita jalankan mendapatkan keuntungan sesuai dengan yang kita harapkan.

Buku karya Scott L. Girard, Jr. Michael F. O’Keefe, dan Marc A. Price yang berjudul “Sales dan Marketing; Menjadi Marketer Andal dan Profesional” merupakan teman bacaan yang baik bagi para pengusaha atau para calon karyawan yang akan bekerja di bidang pemasaran. Buku ini mengulas tuntas seputar dunia perbisnisan di bidang pemasaran produk agar laris dan perusahaan tidak bangkrut karena dihindari/ tidak disuka oleh konsumen akibat tata kelolanya yang keliru. Baik kekeliruan di bidang pelayanan, atau lebih-lebih di bagian pemasaran.

Secara terperinci, ada enam belas tips atau strategi pemasaran agar berhasil. Satu di antaranya yaitu selalu membuat suatu penawaran khusus atau potongan harga dalam iklan suatu produk. Selain itu, seorang pengusaha atau karyawan yang mempromosikan harus menggunakan sistem pemasaran yang menarik, bukan pemasaran yang sifatnya memaksa atau mengikat. Sebagaimana kita ketahui bahwa mayoritas masyarakat/ orang tidak suka didesak atau dirayu, lebih-lebih dipaksa (hlm. 16).

Bukan suatu hal yang sangat sulit dalam berbisnis agar usaha yang kita geluti bisa berjalan, berkembang, dan maju, asalkan kita mau mencoba strategi yang teruji validitasnya. Pada intinya, suatu cara dalam dunia bisnis sangat diperlukan. Menggeluti suatu bisnis bukan hanya asal-asalan tanpa memperhitungkan dan melihat aspek-aspek riil dan urgen yang diperlukan. Segalanya butuh perencanaan yang matang agar usaha yang kita bangun bisa bangkit dan maju, sehingga pelanggan manaruh kepercayaan untuk terus ingin menggunakan produk/ jasa yang kita tawarkan.

Menarik dan Mempertahankan

Sudah disebutkan bahwa mayoritas orang tidak suka didesak, dirayu, atau dipaksa kehendaknya. Ini menjadi kunci keberhasilan dalam dunia wirausaha di bidang pemasaran. Tapi, mereka bisa ketagihan untuk menjadi konsumen bahan/ produk yang kita tawarkan. Selain membuat pemasaran yang unik dan menarik, kita harus memahami sesuatu yang menyebabkan mereka mau kembali untuk membeli (hlm. 73).

Pelanggan/ konsumen membeli kembali ke tempat yang sama karena beberapa alasan. Salah satunya yaitu karena kenyamanan, perbedaan harga yang besar, tradisi, kesetiaan, dan motivasi yang unik dan bersifat pribadi. Akan tetapi, mayoritas konsumen kembali membeli barang atau jasa karena ada sebuah layanan yang lebih baik dibanding dengan yang dilakukan oleh kompetitor bisnis lainnya. Di sini, hakikatnya kenyamanan dalam melayani konsumen harus menjadi prioritas utama dalam dunia bisnis atau perdagangan. Tujuannya, agar mereka mau menjadi pelanggan setia/ tetap.

Tugas pengusaha atau karyawan bagian pemasaran bukan hanya menarik perhatian konsumen, setelah itu dilepas begitu saja. Bisa saja mereka tetap menjadi konsumen produk atau jasa yang kita tawarkan, atau meninggalkannya. Jika mereka meninggalkan, inilah keresahan yang akan merusak usaha kita. Tapi, tugas pengusaha atau karyawan bagian pemasaran yaitu berusaha agar bisa mempertahankan konsumen yang telah berhasil ditarik simpatinya untuk tetap setia menggunakan jasa/ produk yang ditawarkan. Salah satu strategi untuk mempertahankan dan membangun kesetiaan pelanggan/ konsumen, yaitu dengan cara mengenal mereka lebih dekat (hlm. 147).

Secara tegas dan lugas dengan bahasa yang mudah dipahami, buku ini menawarkan beberapa strategi pemasaran produk atau jasa dalam dunia perbisnisan, kewirausahaan, atau perdagangan. Namun, secara terperinci ulasannya menyangkut beberapa hal di bidang pemasaran. Di antaranya yaitu; strategi menulis sebuah rencana maketing/ pemasaran yang profesional, melatih dan mengoordinasikan tim sales dan marketing, menentukan harga dan proyeksi keuntungan, dan strategi untuk memperoleh serta mempertahankan pelanggan. Mari bersaing di pasar bebas MEA dengan sehat! (*)

* Peresensi adalah Pecinta Baca Buku asal Sumenep, Tinggal di Surabaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: