Berpikiran Mandiri sejak Remaja

Tribun Jateng: Minggu, 24 Juli 2016

Siap Menjadi Student Preneur (dok. Junaidi Khab)

Siap Menjadi Student Preneur (dok. Junaidi Khab)

Judul               : Siap Menjadi Student Preneur

Penulis             : Rizal Fikri dan Ferrial Pondrafi

Penerbit           : Metagraf (PT Tiga Serangkai)

Cetakan           : I, Januari 2016

Tebal               : x, 174 hlm.; 21 cm

ISBN               : 978-602-73215-8-8

Peresensi         : Junaidi Khab*

Ada banyak siswa dan mahasiswa yang ingin mendapat beasiswa. Berbagai usaha pun dilakukan. Tapi, ada pula pelajar yang ingin membiyai pendidikannya dengan dana yang dihasilkan dari keringatnya sendiri. Hal itu dilakukan dengan berbisnis berbagai hal. Cara kedua ini sebenarnya merupakan pilihan yang dilakukan oleh banyak pelajar, baik mereka yang mendapat beasiswa atau mereka yang membiayai pendidikannya secara mandiri. Memang sangat sulit dan rumit untuk membidangi dua kegiatan, antara belajar dan berbisnis demi menunjang kebutuhan sehari-hari. Lebih-lebih untuk membiyai pendidikan.

Karya ini hadir dengan menyuguhkan kisah-kisah sukses pelajar yang melakukan usaha di bidangnya masing-masing. Hingga mereka, menempuh pendidikan atas kerja kerasnya sendiri. Mereka sudah tidak bergantung kepada orang tua atau pemerintah melalui program beasiswa. Tidak hanya orang dewasa, jumlah anak muda yang masih berstatus pelajar sudah menggeluti bisnis. Apalagi saat ini berbisnis berbagai hal bisa dilakukan melalui internet yang semakin pesat kemajuannya (hlm. v).

Kini, bukan saatnya ada pelajar miskin. Mahasiswa harus lari karena ditagih uang kos karena tak punya duit. Ada banyak cara yang bisa mereka lakukan. Tapi, juga mereka tak harus meninggalkan pelajaran yang menjadi kewajiban hariannya. Untuk melakukan usaha yang bisa menghasilkan uang tidak harus memandang usia. Di dunia bisnis, tidak mengenal umur untuk mengelutinya (hlm. 8). Semua orang bisa melakukannya, termasuk para pelajar agar tidak bergantung kepada orang tuanya.

Kehadiran karya ini akan mengajak para pelajar – siswa dan mahasiswa – untuk bergerak dan menjadi pengusaha sesuai dengan passion yang dimilikinya. Jadi, sangat memalukan jika ada sarjana yang masih tak memiliki pekerjaan atau usaha. Mereka harus introspeksi diri dengan melihat potensi yang dimilikinya tanpa harus minder dengan label ‘mulia’-nya. Saatnya para siswa dan mahasiswa memulai usaha sambilan di samping harus mengikuti pelajaran di kelas agar menjadi generasi yang mandiri. Selamat membaca dan menemukan inspirasi! (*)

* Peresensi adalah Akademisi dan Pecinta Baca Buku asal Sumenep, lulusan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: