Menjaga Organ Tubuh agar Tetap Sehat

Kabar Madura: Jumat, 4 Maret 2016

Jam Piket Organ Tubuh (dok. Junaidi Khab)

Jam Piket Organ Tubuh (dok. Junaidi Khab)

Judul               : Jam Piket Organ Tubuh

Penulis             : Adi D. Tilong

Penerbit           : FlashBooks (DIVA Press)

Cetakan           : I, 2015

Tebal               : 152 hlm; 14 x 20 cm

ISBN               : 978-602-391-018-2

Peresensi         : Junaidi Khab*

Semua orang tentu ingin dirinya hidup penuh dengan kebahagiaan. Tentunya kebahagiaan itu bisa diraih jika seluruh organ tubuh yang kita miliki tetap terjaga fungsi dan kesehatannya. Jika salah satu organ tubuh tidak sehat karena tidak diistirahatkan, maka tubuh akan merasakan sakit. Di saat sakit, rasa bahagia berkurang drastis. Maka dari itu, menjaga piket jam kerja organ tubuh menjadi prioritas agar tubuh kita tetap segar-bugar dan sehat selalu.

Melalui ulasannya yang ringan, Adi mencoba untuk memberikan metode tepat untuk menjaga organ tubuh agar tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya. Kita perlu sadar bahwa dalam satu hari, ada saatnya kita harus makan serta beraktivitas dan ada saatnya pula harus beristirahat. Piket-piket semacam ini disesuaikan dengan kondisi kerja organ tubuh dalam jam-jam tertentu sebagai petunjuk bagi ktia semua. Sehingga kita tidak sembarang dalam melakukan aktivitas. Hal ini bukan suatu hasil penelitian berdasar imanjinasi, namun suatu hasil penelitian panjang yang sejauh ini telah dilakukan oleh beberapa pakar kesehatan, terutama dalam bidang kedokteran (hlm. 8).

Ada beberapa akibat jika jam kerja organ tubuh tidak diimbangi. Salah satunya yaitu, kanker usus besar, kanker hati, dan stroke. Maka, menjaga jam piket organ tubuh dengan pola istirahat yang tepat dan pola makan yang sehat menjadi salah satu cara hidup sehat dan jauh dari berbagai macam penyakit pada organ tubuh (hlm. 10). Hal yang sangat memengaruhi kesehatan dan kekebalan tubuh adalah pola makan yang sehat. Jika pola makan kurang sehat, maka imun tubuh akan lemah dan organ tubuh yang akan menjadi sasaran penyakit. Selain itu, kebal atau lemah imun sangat berkaitan erat dengan jam piket organ tubuh.

Menjaga paru-paru agar tetap sehat menjadi prioritas utama. Karena jika paru-paru tidak sehat, maka pernafasan akan terkendala. Sehingga mudah terserang penyakit yang berkaitan dengan paru-paru, seperti asma atau sesak nafas. Sebuah anjuran agar paru-paru sebagai organ tubuh pemompa darah selain jantung, maka pole menjaga agar paru-paru tetap sehat yaitu dengan melakukan posisik tidur miring ke kanan. Sebab miring ke kanan memberikan dampak yang baik bagi paru-paru serta oragan tubuh lainnya (hlm. 105).

Tanpa bernafas, seseorang akan mengalami kematian. Atau jika organ pernafasan yang bersumbu dari paru-paru rusak, maka berbagai penyakit akan bermunculan. Dari satu organ ini jika bermasalah, maka organ-organ tubuh yang lainnya juga akan merasakan ketidak-nyamanan. Bukan hanya paru-paru, begitu pula dengan organ yang lainnya. Jika salah satu organ tubuh manusia mengalami gangguan akibat jam kerja atau fungsinya melebih kapasitasnya – tidak normal, maka serangan berbagai penyakit akan mudah menyerbu organ-organ tubuh yang lainnya.

Selain itu, fungsi organ tubuh yang sangat urgen yaitu jantung. Dalam sistem peredaran darah, jantung tidak hanya bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Lebih dari itu, jantung juga bisa memberikan respon terhadap perubahan kadar oksigen di dalam darah yang disumbang dari paru-paru. Sisetem peredaran pada manusia yang melibatkan aktivitas jantung merupakan sistem peredaran darah rangkap. Hal ini karena darah melewati jantung sebanyak dua kali (hlm. 142).

Urgensitas menjaga jam piket seluruh organ tubuh menjadi hal yang perlu kita prioritaskan dengan baik. Kita bisa membaca karya ini guna memperkaya pengetahuan tentang jam piket organ tubuh demi menjaga kesehatan badan agar tetap fit dan segar-bugar. Persoalan dan masalah jam kerja organ tubuh bukan saja berdampak pada kesehatan, tapi juga bisa menyebabkan kematian.

Buku ini menjelaskan tentang pola sehat dalam melakukan aktivitas sehari-hari guna menjaga keseimbangan antara kerja organ tubuh dan kegiatan di luar tubuh. Karena kerja oragan tubuh juga mengikuti aktiviatas kerja di luar tubuh. Sehingga, menjaga kesehatan organ tubuh menjadi keharusan. Cara-cara yang bisa ditempuh dapat ditemukan melalui buku molek ini dengan ulasan ringan dan mudah dipahami. Sehingga pembaca gampang untuk mempraktekkannya. Selamat membaca dan mengaplikasikan saran-saran yang dipaparkan oleh buku ini dalam kehidupan sehari-hari! (*)

* Peresensi adalah Akademisi dan Pecinta Baca Buku asal Sumenep, lulusan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: