Meraih Surga dari Dalam Rumah

Harian Analisa: Jumat, 30 September 2016

cover-amalan-amalan-rumahan-berpahala-surga

Amalan-amalan Rumahan Berpahala Surga (dok. Junaidi Khab)

Judul               : Amalan-Amalan Rumahan Berpahala Surga

Penulis             : Pipih Imron Nurtsani

Penerbit           : mizania

Cetakan           : I, Juli 2016

Tebal               : 181 halaman

ISBN               : 978-602-418-031-7

Peresensi         : Junaidi Khab*

Buku ini merupakan suatu media pengantar bagi kita untuk meraih surga dengan mudah, yaitu dari dalam rumah. Ada banyak amal perbuatan yang bisa menjadi jaminan kita meraih-masuk surga. Meski hak otoritas memasukkan umat manusia ke surga hanya Allah Swt. Tapi, kita bisa melakukan amal-amal sesuai anjuran yang disampaikan oleh al-Quran dan al-Hadis.

Sebagaimana Pipih menceritakan di dalam buku ini bahwa kita terlena dengan glamor dunia, meski kita sadari itu semua akan sirna atau fana. Padahal, dunia itu tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan surga (hlm. 15). Maka dari itu, sebuah motivasi agar kita tidak tertipu oleh glamor dunia, kita harus mengenal lebih banyak lagi tentang kehidupan indah dan keagungan surga di akhirat kelak setelah kematian.

Di dalam sebuah hadis, Rasulullah Saw. bersabda: “Sesungguhnya, seorang mukmin memiliki kemah (tenda) di surga yang terbuat dari mutiara, yang bagian dalamnya sudah dikosongkan, tingginya enam puluh mil. Di dalamnya, mukmin itu memiliki keluarga. Dia berkeliling (untuk mengunjungi) mereka, dan di antara sesama mereka tidak dapat melihat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sebuah tenda akan dimiliki oleh orang-orang yang beriman di surga – dalam hal ini konteks keberimanan sebagaiamana diajarkan dalam Islam, yaitu memercayai enam hal. Di dalam al-Quran pun Allah Swt. menggambarkan tentang keindahan surga. Allah Swt. berfirman: “(Yakni) surga ‘Adn yang di bawahnya mengalir sungai-sungai, mereka (orang-orang yang beriman) kekal di dalamnya. Itu merupakan balasan bagi orang yang menyucikan diri.” (QS: surah Thaha, ayat 76). Selain itu, masih ada banyak ayat-ayat al-Quran dan al-Hadis yang menceritakan tentang keindahan surga.

Dengan melihat gambaran surga dari firman Allah Swt. dan sabda Nabi Muhammad Saw., setidaknya kita akan termotivasi untuk masuk surga. Sebenarnya cukup mudah untuk meraih dan masuk surga. Bahkan, kita bisa meraihnya dari rumah dengan melakukan beberapa amalan dan bergaransi surga. Salah satu caranya, kita bisa melakukan puasa di rumah (hlm. 74). Allah Swt. berfirman di dalam Hadis Qudsi: “Seluruh amalan anak Adam itu untuk dirinya sendiri, kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku, dan Aku yang akan membalasnya.” Jika Allah Swt. yang mengkhususkan sebuah amalan, maka tentu balasannya sangat luar biasa. Bahkan, Allah Swt. membuat satu pintu surga diperuntukkan bagi orang-orang yang berpuasa.

Ibadah puasa merupakan ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. yang bisa dilakukan dimana saja. Lebih-lebih di rumah sebagai tempat kita bernaung dari panas dan hujan. Tapi, ada hal yang perlu diingat bahwa puasa memberikan banyak pelajaran bagi kita. Bukan sekadar berpuasa. Nilai-nilai puasa itu sendiri harus digali dan diamalkan seperti kita mengerti rasa lapar yang menjadi sebuah acuan cermin agar kita saling berbagi dengan orang-orang fakir dan miskin yang tidak punya apa-apa. Serta beberapa dimensi lain dari spirit puasa yang perlu kita lakukan. Di sinilah puasa hakikatnya yang dikerjakan di rumah bisa memberikan pahala berupa surga.

Selain itu, untuk bisa memperoleh pahala surga, kita bisa melakukan perbuatan baik kepada tetangga (hlm. 150) dan menyantuni anak yatim (hlm. 155). Dua perbuatan tersebut bisa dilakukan di rumah-rumah, karena tidak mungkin kita hidup sendiri di lingkungan sosial. Kadang, memang sangat sulit. Tapi, jika suatu perbuatan memiliki jaminan surga, setelah melakukannya akan terasa membahagiakan. Amalan-amalan lainnya yang bisa dilakukan di rumah dan berpahala surga dapat dibaca secara saksama di dalam buku ini.

Membaca buku ini sama halnya belajar mencari surga dan meraihnya dari rumah atau dimana pun kita berada. Buku ini berisi tentang gambaran surga dan amalan-amalan yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah – dengan berbekal keimanan yang kuat. Jaminan dari amalan-amalan tersebut, yaitu surga. Selamat membaca dan mengamalkannya dengan hati yang ikhlas!

* Peresensi adalah Akademisi dan Pecinta Baca Buku asal Sumenep, lulusan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Bisa diakses di: Harian Analisa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: