Kanjeng Dimas Seorang Pesulap

Junaidi Khab

Junaidi Khab

HARI ini, aku sedikit banyak mengikuti berita tentang Kanjeng Dimas. Dari beberapa berita yang muncul di media, aku memilih media online OKEZONE NEWS. Di dalam portal tersebut, ada berita berjudul “Kanjeng Dimas Taat Pribadi Munculkan Uang Gaib di Depan Penyidik” (Okezone News: Rabu, 5 Oktober 2016). Penasihat hukum Kanjeng Dimas, Isya Julianto membenarkan bahwa Kanjeng Dimas bisa mendatangkan uang gaib senilai tujuh ratus ribu rupiah (Rp.700.000,-) dengan pecahan mata uang lima puluh ribu dan seratus ribu.

Bagi masyarakat awam (bhs. Arab: umum) – kadang orang mengartikan kata “awam” dengan kata bodoh – hal tersebut menakjubkan. Mungkin, jika aku melihat dengan mata kepala sendiri pasti merasa kagum. Tapi, aku tidak akan percaya jika Kanjeng Dimas mampu mendatangkan uang gaib. Bagiku, itu hanya sulap yang bisa dilakukan oleh siapa pun dengan trik-trik sulap pada umumnya. Mengenai sulap, aku kurang paham. Tapi, trik sulap itu bisa dipelajari dengan alat-alat tertentu. Misalkan remi dan uang.

Begini saja, logikanya, jika Kanjeng Dimas memang bisa mendatangkan uang gaib, sudah barang tentu dia tidak akan melakukan penipuan. Dia tidak akan melakukan pungutan biaya kepada masyarakat. Dengan kesaktiannya, dia bisa mendatangkan uang sendiri, dipakai sendiri, kaya sendiri. Itu sah-sah dan boleh-boleh saja. Jika sudah menarik uang dari masyarakat, logika mendatangkan uang dari mana? Coba pikir matang-matang agar pikiran publik juga terbuka.

Dari berita tersebut, aku berasumsi bahwa Kanjeng Dimas adalah ahli sulap. Akibat modernisasi yang semakin berkembang, masyarakat sudah dirasuki kehidupan yang serba instan. Makanan banyak yang instan, dapat uang ingin yang instan. Mirip mie goreng instan saja. Akibat keinginan yang instan-instan itu, alasan gaib-religius itu yang meracuni hati dan pikiran masyarakat umum. Ingin kaya, ya bekerja. Ingin sukses, ya berjuang.

Yogyakarta, 7 Oktober 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: