Mengapa Tuhan Membunuh Mirna saat Bersama Jessica?

Junaidi Khab

Junaidi Khab

AKHIRNYA, Jessica Kumala mendapat tuntutan penjara selama 20 tahun atas tuduhan kematian Mirna Salihin. Setelah membaca berita, ada beberapa hal yang menggelayut dalam pikiran. Kalau memang benar Jessica yang membunuh Mirna, apa buktinya? Jaksa Penuntut Umum sebagaimana berita beredar menyebutkan bahwa Jessica memasukkan sianida sekitar 1-5 gram. Alasan tersebut ditolak oleh pengacara Jessica, Otto Hasibuan. Kata Otto, tidak ada bukti yang jelas yang menjadi acuan Jessica memasukkan sianida ke kopi Mirna. Bahkan, Otto merujuk pada video, di dalam video tidak ada adegan Jessica memasukkan racun sianida ke dalam kopi Mirna.

Tapi, Mirna kok mati dan di dalam tubuhnya mengandung racun sianida? Dalam beberapa berita disebutkan juga kopi bisa mengandung sianida, juga rokok. Atau Mirna memang benar-benar waktunya untuk mati? Mungkin saja begitu. Takdir Tuhan memang tidak bisa kita tebak. Di mana pun, dalam kondisi apa pun, seseorang bisa mengalami kematian. Termasuk Mirna, entah itu memang benar-benar ada campur tangan Jessica atau orang lain sehingga menjadi penyebab kematian Mirna. Tapi, kita kan sering, atau pernah mendengar kabar seseorang meninggal begitu saja. Mati mendadak. Bisa saja itu terjadi.

Dari beberapa dugaan, Jessica memang membunuh Mirna dengan cara yang lihai. Dia bisa saja memberikan racun sianida ke dalam kopi Mirna dan duduk bersama. Lalu, Mirna mati di tempat. Bisa diduga, Jessica menggunakan sianida atau – entah racun apa itu – yang bisa membunuh pada saat itu juga. Kemudian, publik akan berasumsi, kalau Jessica memang ingin membunuh Mirna, tentu mereka berdua harus berjauhan, Mirna tidak mati di dekat Jessica agar Jessica tidak dituntut. Seperti halnya kasus penegak Hak Asasi Manusia (HAM), Munir. Dia meninggal berselang beberapa waktu setelah dicurigai menenggak racun.

Nah, dari anggapan publik, Jessica tidak mungkin meracun Mirna karena tidak mungkin dia akan bersama Mirna saat dirinya meracun agar tidak menjadi tersangka. Di sinilah, publik beropini, itu merupakan strategi Jessica agar dirinya tidak dituntut. Ini hanya dugaan, bukan menuduh. Jessica menggunakan strategi “piramida terbalik”. Kalau Munir mati dalam jedah waktu cukup lama, maka Mirna mati pada saat bersama Jessica yang diduga meracunnya dengan sianida. Sehingga, publik tidak akan menduga Jessica sebagai peracun Mirna. Buktinya, tidak mungkin Jessica meracun Mirna dan mati di dekatnya. Kalau memang Jessica meracun Mirna, dia tentunya akan waspada dan tidak akan bersama Mirna pada saat itu. Setidaknya, Mirna mati setelah berselang beberapa waktu seperti halnya kematian Munir.

Bisa saja kasusnya seperti itu. Kematian Mirna ini memang membawa kerumitan yang berat. Mungkin publik harus jeli melihat fenomena demikian, jangan langsung berani menyalahkan Jessica. Tapi, kecurigaan tetap harus ada karena ada dua kemungkinan atas kematian Mirna. Seperti yang disebutkan sebelumnya: Pertama, Mirna mati karena memang Tuhan telah menggariskan takdirnya meninggal saat bersama Jessica. Kedua, Mirna mati karena diracun oleh Jessica. Tapi, dalam kematian akibat diracun oleh Jessica, tidak ada bukti yang kuat. Cuma, jika mengacu pada “piramida terbalik” bisa saja Mirna memang diracun oleh Jessica.

Tuhan telah membunuh Mirna saat bersama Jessica. Kalau mau dipenjara, Tuhan lah yang patut dipenjara. Memang tidak ada bukti yang bisa dilihat oleh mata dan diterima oleh rasio bahwa Tuhan telah membunuh Mirna di kafe Olivier, Jakarta. Tapi, Tuhan itu berkuasa untuk membunuh siapa pun. Ayo, siapa yang berani menghukum Tuhan atas kematian Mirna? Kalau bukan Tuhan yang membunuh Mirna, Siapa lagi yang berkuasa atas kematiannya? Mau jadi ateis?

Mengapa Tuhan membunuh Mirna saat Bersama Jessica? Mungkin, Tuhan ingin meneguhkan hati Jessica. Mungkin, Tuhan ingin mencoba atau membuktikan bahwa bentuk pengadilan – hukum – yang dibentuk oleh umat manusia yang lebih tidak adil. Atau Tuhan mungkin ingin menunjukkan bahwa pengadilan di Indonesia itu sering tidak mampu memberi keadilan yang seadil-adilnya, lalu membuat keputusan yang membabi-buta, bobrok, tidak berkualitas, atau penuh dengan suap. Mari, temukan hikmah di balik pembunuhan Mirna oleh Tuhan saat bersama Jessica! (*)

Yogyakarta, 06 Oktober 2016

2 Responses to Mengapa Tuhan Membunuh Mirna saat Bersama Jessica?

  1. Pingback: Berdoa untuk Mirna dan Jessica | junaidikhab

  2. One Piece says:

    Ko kasusnya aneh ya ka, muter-muter ga jelas gitu?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: