Kesalahan Ayu Ting Ting

Oleh: Junaidi Khab

Junaidi Khab

Junaidi Khab

Album lagu Ayu Ting Ting yang berjudul “Sambalado” benar-benar menggetarkan. Selain memang liriknya yang bagus, juga iringan musiknya yang seakan membahana mengguncang dunia musik. Dapat dipastikan, para penonoton video klip lagu “Sambalado” tersebut akan merasa senang. Bahkan mengikuti irama lagu dan jogetnya yang menyesuaikan dengan lirik lagu yang dinyanyikan oleh Ayu.

Video yang diunggah oleh indohitsrecords pada 6 September 2015 di You Tube tersebut berdurasi sekitar 00:03:48 menit. Jika mau diakui, video tersebut bukan hanya menarik dari sisi lagu, musik, gerak tubuh dengan musik dan lagu, dan kecantikan Ayu, tapi latar belakangnya pun memukau. Cuma dalam beberapa adegan-gerakan Ayu tidak sesuai dengan lagu yang dinyanyikan. Miasalkan, dari video yang berdurasi 00:03:48 tersebut, pada menit 00:03:35 atas lirik lagu “…Ujung-ujunganya sakit hati”, Ayu memberikan pola gerak yang salah alias keliru. Ayu dengan percaya diri menggunakan simbol daun cinta atau daun pohon baru yang melambangkan rasa cinta. Padahal pada lirik lagunya “…sakit hati”, bukan cinta.

Junaidi Khab - Ayu Ting Ting - Sambalado - You Tube - indohitsrecords

Junaidi Khab – Ayu Ting Ting – Sambalado – You Tube – indohitsrecords

Semestinya, pada lirik lagu “…Ujung-ujungnya sakit hati” Ayu memberikan gerakan yang menggambarkan lirik lagu tersebut. Misalkan, pada mulanya dibentuk daun cinta atau daun baru, kemudian dipecah sebagaimana lambang putus cinta atau sakit hati pada umumnya dengan lambang “daun baru pecah” bahkan dengan ilustrasi berdarah-darah.

Dalam lirik lagu video klip “Sambalado” di You Tube ada tiga kali pengulangan “…Ujung-ujungnya sakit hati” yaitu pada menit ke-00:00:56, 00:03:28, dan 00:03:35. Namun Ayu yang menggunakan ekspresi daun baru utuh atau tidak pecah (melambangkan cinta, bahagia, dan kesetiaan) bukan sakit hati hanya pada menit ke-00:03:35. Ini merupakan kesalahan yang mungkin perlu diperbaiki dalam pembuatan video klip atau video-video lainnya demi kesempurnaan video yang diproduksi. Apalagi video Ayu tergolong video yang mendapat rating tinggi di You Tube (28.230.825 pengunjung 82.716 suka dan 10.182 per 04 Februari 2016 pukul 12:46) karena memang menarik dan disukai banyak orang.

Surabaya, 04 Februari 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: