Hati-Hati Memasukkan PIN ATM Mandiri

Junaidi Khab

Junaidi Khab

Barang kali di antara kita semua memiliki rekening bank Mandiri berikut dengan kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) atau bahasa Madura-nya “Automated Teller Mechine” (just kidding) yang menjadi hak nasabah untuk digunakan ketika melakukan transaksi tarik tunai di mesin ATM bersama atau ATM Mandiri atau saat bayar pembelian di toko-toko dengan menggunakan debet. Bagi pemilik kartu ATM Mandiri harus hati-hati ketika memasukkan PIN (bhs: Madura Personal Identification Number) atau “Nomor Identifikasi Pribadi”.

Memasukkan PIN ATM Mandiri tiga kali dengan salah, maka kartu ATM anda akan diblokir. Parahnya lagi, kesalahan memasukkan PIN ATM Mandiri tersebut bukan berlaku selama dua puluh empat (24) jam, tapi diakumulasi selama buku tabungan masih aktif. Misalkan hari ini melakukan kesalahan ketika memasukkan PIN ATM Mandiri, maka dihitung satu kali. Lalu, jika besok atau lusa, lusanya lagi, atau besok-besok memasukkan PIN yang salah, berarti sudah dua kali melakukan kesalahan. Nah, kemudian, di lain hari anda memasukkan PIN dan lagi-lagi salah, sudah tiga kali melakukan kesalahan, maka secara otomatis ATM Mandiri anda akan diblokir.

Solusinya, anda harus mendatangi KCP (Kantor Cabang Pembantu) Bank Mandiri terdekat di daerah anda tinggal. Sebelum berangkat, maka harus anda siapkan berupa: buku tabungan Bank Mandiri; KTP (Kartu Tanda Penduduk); kartu ATM yang digunakan saat diblokir; saldo dan transaksi terakhir serta nama ibu kandung yang digunakan ketika pertama kali membuka rekening harus diingat (nanti biasanya ditanyakan oleh teller/ Costumer Service (CS)/ Pelayan Nasabah).

Nah, begitu kejadian yang kualami. Kemarin-kemarin, ATM-ku terblokir gara-gara salah memasukkan PIN berturut-turut tiga kali dalam waktu singkat. Ternyata, setelah ditanyakan ke CS, ya begitu, tiga kali melakukan kesalahan yang diakumulasi, maka ATM Mandiri akan diblokir. Agar waktu kita hemat dan tidak bolak-balik mendatangi CS Bank Mandiri di daerah kita tinggal, maka kita harus hati-hati ketika memasukkan PIN di mesin ATM Mandiri.

Sebelumnya, PIN ATM Mandiri memang empat (4) digit. Berbeda dengan bank-bank yang lainnya yang menggunakan enam (6) digit. Tapi, kemarin (Senin, 07 September 2015) waktu aku ke CS Bank Mandiri KCP Margorejo-Surabaya katanya akan ada perubahan PIN ATM Mandiri menjadi enam (6) digit. Perubahan tersebut sudah berlaku sejak tanggal 16 Agustus 2015 kemarin katanya. Jika PIN ATM Mandiri tidak segera diubah ke enam (6) digit, maka dikhawatirkan diblokir secara otomatis. Maka, aku disarankan untuk mengganti PIN ATM Mandiri, yang asalnya empat (4) digit menjadi enam (6) digit menjaga-jaga nanti khawatir diblokir beneran. Sebenarnya kalau diblokir sih tidak masalah, kita tinggal datangi lagi CS Bank Mandiri terdekat. Tapi kan harus meluangkan waktu lagi hanya untuk aktifasi PIN saja. Eman kan waktunya. Mungkin begitu yang dapat kubagikan bagi teman-teman. Semoga bermanfaat. Amin.

Surabaya, 07 September 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: