Benarkah Isa al-Masih Lahir di Sumenep, Madura, Jawa Timur, Indonesia?

Junaidi Khab

Junaidi Khab

Hari ini, tanggal 28 April 2015, tepat sekitar pukul 07:30 aku membaca salah satu status teman FB, Khairul Umam. Status (tulisan) tersebut tentang seorang perempuan yang lahir tanpa seorang ayah. Juga tanpa hamil terlebih dahulu. Lalu, aku mencari di internet, lha benar apa yang dituliskan oleh dia. Kemudian aku membaca secara saksama tentang berita spektakuler tersebut. Dalam berita itu disebutkan bahwa sebelum perempuan tersebut melahirkan, dia mengalami mimpi dililit ular selama dua malam berturut-turut, sebelumnya juga sempat sakit pinggang. Mendengar kabar demikian, aku ini setengah percaya dan setengah tidak percaya dengan kabar tersebut. Aku percaya karena aku masih mempunyai hati untuk meyakini, dan aku tidak percaya karena aku memiliki otak untuk berpikir.

Dari berita yang kubaca di KoranSindo, bayi tersebut yang diberitakan tanpa ayah, dilahirkan pada Senin (27/4/2015) sekitar pukul 04:00 Wib, dengan berat badan 2,9 kg. Luyunatun Fahmiyah (sang ibu) sendiri belum mempunyai suami alias masih gadis. Namun, sebelum melahirkan yang bersangkutan bermimpi dililit ular selama dua malam.

Catatan ini lahir seiring kabar itu lahir. Aku hanya heran saja, di era modern saat ini kok bisa ada seorang gadis melahirkan tanpa suami dan tanpa hamil terlebih dahulu? Mengherankan! Ada beberapa orang yang juga berpikiran demikian. Mereka juga kurang begitu percaya jika seorang bayi harus lahir tanpa seorang ayah dan proses normal melalui kehamilan.

Mustahil sekali! Pikiran negetifku berbunyi begini: “Ini era modern, segala berita dan kabar bisa dipelintir sedemikian rupa. Selain itu, koran saat ini sudah bisa dibayar oleh kalangan tertentu”. Jadi, mustahil pokoknya jika bayi itu lahir tanpa ayah dan proses kehamilan sebelumnya. Aku ingin sekali untuk mendatangi lokasi kejadiannya. Aku ingin tahu secara pasti. Bahkan ingin mendekati pihak keluarga dan para tetangganya di sana. Ada dua poin penting menurutku yang harus kutulis dalam catatan ini.

Pertama, aku tidak percaya dengan kabar angin tersebut, karena memang tampak mustahil secara logika yang dangkal dan seperti kukatakan sebelumnya karena aku menggunakan akal sebagai bentuk berpikir. Jika kita bicara tentang kekuasaan Tuhan, hal tersebut ada pada kekuasaan-Nya. Pikiran ini hanya berupa buruk sangka kepada yang bersangkutan. Tapi, dari berita yang dipandang mustahil sehingga publik berpendapat atau berpikiran negatif ini semoga kita bisa mengambil hikmah dan pesan di balik peristiwa tersebut. Sangat disayangkan jika media memberitakan, tapi tidak ada manfaatnya. Juga, aku merasa heran, media itu dari mana tahu kabar tersebut? Media itu tidak akan meliput jika tidak dapat kabar atau orang-orang yang bisa memberikan informasi sebelumnya.

Kedua, aku percaya dengan kemustahilan tersebut karena aku masih memiliki hati sebagai fondasi untuk meyakini. Anggapanku begini: “Oh, jangan-jangan yang lahir tersebut adalah Isa al-Masih?” Jika benar itu Isa al-Masih adanya, maka dunia akan segera berakhir dengan kiamat. Begitu, selesai proses perfilman di dunia ini. Entah lah, tapi aku masih percaya dengan kekuasaan Tuhan. Jika Tuhan berkehendak atas sesuatu, maka sesuatu itu akan ada atau terjadi sebagaimana kehendaknya. Jika bayi itu benar lahir tanpa ayah dan tanpa proses kehamilan, dan aku sebut sebagai al-Masih, lalu siapakah Imam Mahdi yang juga katanya akan turun sebelum al-Masih diturunkan ke bumi untuk menyadarkan umat manusia dari kesesatan?

Jika orang percaya bahwa bayi tersebut lahir tanpa tanda-tanda kehamilan dan proses pernikahan, maka apakah masyarakat percaya jika aku anggap bayi itu sebagai Isa al-Masih? Mungkin, catatan ini terasa sedikit tidak begitu jelas. Tapi yang jelas, catatan ini merupakan representasi dari pikiran dan hatiku melihat fenomena tersebut. Terserah publik mau menyikapi apa saja tentang catatan kecil ini. Aku hanya mengutarakan apa yang kurasakan.

Surabaya, 28 April 2015

Leave a Reply

