Keajaiban Surat-Surat dalam al-Quran

Harian Analisa: Jumat, 17 April 2015

Selalu Ada Keajaiban Mukjizat Surat-Surat Paling Populer dalam al-Quran (Junaidi Khab)

Selalu Ada Keajaiban Mukjizat Surat-Surat Paling Populer dalam al-Quran (Junaidi Khab)

Judul               : Selalu Ada KeajaibanMukjizat Surat-Surat Paling Populer dalam al-Quran

Penulis             : Hannah Dewi Latifah

Penerbit           : Sabil

Cetakan           : I, 2015

Tebal               : 164 hlm; 14 x 20 cm

ISBN               : 978-602-255-792-0

Peresensi         : Junaidi Khab*

Ada sebuah kisah, dalam kitab Futuhat al-Makiyyah, Ibn Arabi bercerita. Suatu ketika dia dilanda sakit yang sangat keras. Sebagaimana biasa, kadang-kadang dan tidur dan selalu berbaring. Bahkan bisa saja koma. Pada saat itu, Ibn Arabi sakitnya sangat parah, jadi dia tertidur. Dalam tidurnya dia bermimpi dihadang oleh beberapa mahluk hitam. Tapi, ketika akan dihajar, ada sosok bayangan putih yang menyelamatkannya. Ketika ditanya, siapa mahluk berwarna putih itu, dia menjawab bahwa dia adalah surat Yasin. Saat Ibn Arabi terbangun dari tidurnya, di sampingnya ayahnya sedang mambaca surat Yasin. Pada saat itu pula, dia sembuh dari sakit parahnya.

Mungkin itu sekelumit kisah seorang sufi yang hatinya dekat kepada Tuhan. Sehingga dirinya yang sakit ketika dibacakan surat Yasin, surat tersebut benar-benar menjadi perantara penyelamat atau penyembuh dari Tuhan. Tidak jauh maksud dan tujuan buku ini ditulis. Kehadiran karya ini ingin menyuguhkan beberapa keajaiban dari surat-sruat dalam al-Quran.

Salah satu surat yang juga memiliki keajaiban jika dibaca, yaitu surat al-Fatihah. Surta al-Fatihah ini memiliki keajaiban bisa mengobati segala macam penyakit. Diriwayatkan bahwa surat al-Fatihah pernah digunakan untuk mengobati penyakit oleh para sahabat dalam menyembuhkan suatu penyakit. Saat itu, ada beberapa orang yang disengat kalajengking, dan mereka bisa disembuhkan dengan perantara surat al-Fatihah. Metode ini sangat manjur dan dibenarkan sendiri oleh Rasulullah Saw. (hlm. 12).

Begitulah kekuatan surat al-Fatihah yang pernah terjadi pada masa nabi Muhammad Saw. Tak jauh berbeda dengan surat Yasin yang terjadi pada Ibn Arabi yang sedang dilanda sakit keras. Seketika sembuh saat dibacakan surat Yasin oleh sang ayahnya. Perlu kita camkan, bahwa surat-surat itu biasanya memberikan keajaiban jika hati kita benar-benar yakin atas pertolongan Tuhan melalui surat-surat tersebut. Seperti halnya jika kita meyakini suatu obat yang bisa menyembuhkan, maka penyakit yang kita derita akan sembuh atas keyakinan yang kita miliki. Tapi ingat, hanya Tuhan Yang Maha Penyembuh melalui perantara obat tersebut.

Ada surat lain, keajaiban dalam surat ini secara umum bukan untuk menyembuhkan orang sakit. Tapi, surat ini memiliki keajaiban tersendiri, yaitu bisa mendatangkan rezeki yang melimpah dan berkah bagi orang-orang yang membacanya. Abdullah bin Mas’ud menceritakan bahwa Rasulullah Saw. bersabda: “Barang siapa membaca surat al-Waqi’ah, maka dia tidak akan ditimpa oleh kefakiran selamanya.” (hlm. 62).

Hal tersebut juga dipertegas oleh Imam al-Ghazali dalam kitab al-Aufaq, dia berkata: “Barang siapa setelah shalat subuh membaca surat al-Waqi’ah sekali, kemudian setelah itu membaca asmaul husna (Ya Karim dan Ya Wadud) sebanyak seribu kali, maka dalam waktu setahun saja, dia menjadi orang yang lebih kaya dibanding sebelum dia menggunakan amalan ini.

Banyak ulama yang mengatakan bahwa selain kelancaran rezeki, membaca surat al-Waqi’ah juga dapat menenteramkan jiwa. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi yang mengatakan bahwa barang siapa yang membaca surat al-Waqi’ah setiap malam, maka dia tidak akan ditimpa kesusahan atau kemiskinan selama-lamanya. Kata “tidak akan ditimpa kesusahan” oleh sebagian ulama dipahami sebagai kesusahan dalam konteks bathiniah. Artinya, orang yang mengamalkan surat al-Waqi’ah, maka hatinya akan tenteram dan tenang, tidak mudah gusar, khawatir, dan stress.

Itulah sebagian keajaiban surat-surat dalam al-Quran yang bisa dijadikan amalan hidup oleh umat manusia, khususnya umat Islam. Di dalam buku ini dibeberkan sekitar dua belas (12) surat dan keutamaan-keutamaannya. Di antara surat-surat tersebut yaitu; surat al-Fatihah, al-Baqarah, al-Taubah, al-Mulku, al-Waqi’ah, Yasin, Yusuf, Maryam, al-Kahfi, al-Kautsar, al-Ikhlas, dan surat al-Nas. Masing-masing surat tersebut memiliki keajaiban masing-masing jika diamalkan. Selamat membaca dan mengamalkan!

* Peresensi adalah Akademisi dan Pecinta Baca Buku Tinggal di Surabaya.

Tulisan tersebut bisa dinikmati di: Harian Analisa, Jumat, 17 April 2015 Keajaiban Surat-Surat dalam Alquran oleh Junaidi Khab atau di Harian Analisa. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: