Mimpi dalam Mimpi

Junaidi Khab

Junaidi Khab

Bermimpi merupakan hal lumrah yang dialami oleh orang yang sedang tidur. Hakikatnya, kita tidur tapi otak terus berjalan dalam alam mimpi. Mimpi juga katanya bunga tidur yang tak memiliki arti apa-apa. Namun, dalam al-Quran dikisahkan tentang nabi Yusuf yang di dalamnya mengulas tentang mimpi dua orang tahanan. Kemudian mimpi raja pada masa itu yang ditafsirkan langsung oleh nabi Yusuf sendiri tentang keberadaan negara yang akan dilanda tujuh tahun musim peceklik yang perlu menyiapkan bahan makan pokok sebagai antisipasi pada musim itu.

Ternyata, tafsir mimpi nabi Yusuf benar terhadap dua orang teman di dalam penjara dan mimpi raja pada saat itu yang bermimpi tujuh ekor sapi kuru dan tujuh ekor sapi gemuk. Sementara tujuh ekor sapi kurus itu memakan tujuh ekor sapi gemuk yang kemudian ditafsirkan oleh nabi Yusuf sebagai pertanda paceklik akan segera tiba.

Suatu ketika, tempo dulu semenjak aku masih sekolah (SMA, lupa kelas berapa). Aku pernah tidur di rumah. Lalu dari tidur itu aku bermimpi. Dalam mimpiku itu, aku melihat diriku tidur miring menghadap ke utara di atas ranjang bambu sederhana, ranjang itu berada di sebelah barat jalan kecil, dan di selatan tempat tidurku itu ada tebing tanah yang agak teduh dan sejuk, mirip dinding. Seakan aku datang pada diriku sendiri yang sedang tidur, dari arah utara melalui jalan di timur tempat tidurku itu. Aku sedikit heran sekaligus bisa melihatku diriku sendiri.

“Oh, aku tidur di sini!”. Gumam diriku yang melihat diriku sedang tidur dalam mimpiku sendiri.

Aku teringat dengan buku “Psikologi Kematian” tentang mati suri oleh Komaruddin Hidayat. Mengapa aku melihat diriku sendiri dalam mimpiku sendiri? Apak makna mimpiku itu?

Aku pikir mimipiku itu hal yang aneh yang pernah terjadi pada diriku selama hidupku. Ingin sekali aku berbagi denan teman-temanku tentang mimpiku itu. Tapi kadang tak sempat karena aktivitas lainnya. Melalui tulisan ini mungkin aku bisa berbagi tentang keanehan mimpiku yang itu. Aku heran saja, aku tidur, aku bermimpi melihat diriku sendiri yang sedang dalam keadaan tidur pula di tempat yang tak ada di dunia nyata, tapi aku ingat sekali letak ketidaknyataan itu.

Surabaya, 27 Februari 2014

Leave a Reply

