Shalat Tahajjud dan Tabir Rahasia Jodoh

Harian Analisa: Jumat, 20 Maret 2015

Kutemukan Engkau dalam Tahajjudku (Junaidi Khab)

Kutemukan Engkau dalam Tahajjudku (Junaidi Khab)

Judul               : Kutemukan Engkau dalam Tahajjudku

Penulis             : Muhammad Ainur Rasyid

Penerbit           : DIVA Press

Cetakan           : I, Januari 2015

Tebal               : 160 halaman

ISBN               : 978-602-279-139-3

Peresensi         : Junaidi Khab*

Di kalangan pesantren atau aliran kebatinan, shalat tahajjud menjadi senjata ampuh. Bahkan shalat tahajjud diyakini memiliki keistimewaan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia, keyakinan tersebut hidup dari firman Tuhan dalam surah al-Insan ayat ayat dua puluh enam (hlm. 16). Sebagaimana diyakini, shalat tahajjud menjadi pintu gerbang terkabulnya doa dan segala permintaan umat manusia kepada Tuhannya.

Kehadiran buku “Kutemukan Engkau dalam Tahajjudku” merupakan karya yang mencoba untuk menyibak misteri kekuatan dan keajaiban di balik shalat tahajjud. Dari saking dahsyatnya rahasia kekuatan shalat tahajjud, shalat sunnah ini selevel dengan shalat wajib. Itulah sebabnya, Rasulullah Saw. dalam hidupnya tak pernah melewati malam, kecuali melaksanakan shalat tahajjud.

Bahkan, dengan tegas disebutkan oleh Muhammad Ainur Rasyid, bahwa keajaiban shalat tahajjud sudah terbukti di seantero dunia. Sejak dulu hingga sekarang, ada banyak kisah tentang keajaiban shalat tahajjud. Tentu kisa-kisah tersebut bisa dijadikan referensi bagi kita untuk menambah keyakinan tentang kedahsyatan dan keajaiban shalat tahajjud.

Jika kita singkap karya ini, judulnya menunjukkan bahwa ulasannya hanya seputar keistimewaan shalat tahajjud agar mudah mendapat atau menemukan jodoh (kekasih/ istri/ pasangan hidup). Sebagaimana dikisahkan, bahwa seorang perempuan sudah berusia 34 tahun yang masih belum ada orang melamarnya. Memang sangat mustahil perempuan untuk melamar seorang lelaki, yang meskipun ada yang dicintainya. Dari sinetron di televisi, dia mendapat pencerahan agar melaksanakan shalat tahajjud sebagai pengantar jodohnya. Apa yang terjadi? Tak lama setelah itu, perempuan tersebut dilamar oleh lelaki yang tak lain adalah temannya sendiri. Hingga akhirnya menikah dan menjalani kehidupan dalam rumah tangga (hlm. 25).

Jodoh dan Rejeki

Salah satu alasan shalat tahajjud diibaratkan sebagai pintu gerbang doa dan kunci terkabulnya segala permintaan, yaitu karena waktunya yang sangat khusus. Kamu tahu waktunya? Shalat tahajjud dikerjakan pada sepertiga malam terakhir ketika mata umat manusia tidur terlelap. Namun, ada yang mengatakan bahwa shalat tahajjud boleh dikerjakan kapan saja, asalkan setelah bangun tidur. Begitulah tahajjud bisa memudahkan segala hajat/ keinginan, yaitu di saat manusia tertidur, kita meminta dan berdoa kepada Tuhan.

Secara garis besar, seperti disebutkan sebelumnya, yaitu karya ini memaparkan keajaiban seputar shalat tahajjud dengan penjelasan ringan dan mudah dimengerti. Satu keajaiban yang menjadi fokus dalam buku ini, yaitu tentang persoalan jodoh. Misalkan, orang yang mengerjakan shalat tahajjud akan dijauhkan dari keburukan, dan didekatkan dengan jodoh yang baik. Begitulah gambaran keistimewaan shalat tahajjud (hlm. 79).

Orang yang sulit menemukan jodohnya ibarat burung yang patah sayapnya. Keinginan untuk mendapatkan pujaan hati tak bisa digapai karena semangatnya patah, motivasinya redup, hingga yang ada hanyalah tatapan kesedihan sembari mengutuk dunia yang begitu kejam. Di sinilah, tahajjud harus dilalui, agar jodoh mudah ditemukan dan segera memiliki pasangan hidup.

Hakikatnya, shalat tahajjud bukan hanya persoalan agar mudah memperoleh jodoh sebagaimana diulas tuntas dalam buku ini, tapi juga pintu pembuka jalannya rejeki. Meskipun tidak diulas tentang hakikat jalannya rejeki melalui tahajjud dalam buku ini, secara umum dijelaskan bahwa shalat tahajjud merupakan gerbang kemudahan menghadapi perjalanan hidup di dunia. Segala permintaan dan permohonan kepada Allah Swt. akan mudah dikabulkan, baik itu persoalan jodoh, rejeki, dan hal-hal lainnya.

Kalau bukan karena kedahsyatan di balik shalat itu, tentu Allah tidak meletakkan shalat tahajjud di waktu malam untuk dikerjakan oleh hamba-hamba-Nya. Karena begitu dahsyatnya tahajjud, sampai-sampai Allah memberikan keistimewaan kepada siapa saja yang bangun di malam hari untuk bertahajjud. Segala kebutuhan atau hajat-hajat baiknya pasti dikabulkan oleh Allah lewat perantara shalat tahajjud, termasuk dalam konteks ini hajat mencari jodoh.

Buku ini mengupas tuntas tentang hakikat shalat tahajjud dengan berbagai rahasia yang dikandung di balik misteri keajaibannya. Khususnya tentang menemukan dan mendapat jodoh melalui ritual-ritual yang tersirat di dalamnya. Sehingga jodoh yang kita peroleh dengan izin-Nya bisa berkah (sholeh/ sholehah). Ada beberapa dalil yang menyebutkan tentang keutamaan shalat tahajjud sebagai tali-temali validitasnya. Hingga ulasan-ulasan tentang menyempurnakan tahajjud dengan shalat witir dan memaknai setiap gerakan serta menghayati setiap bacaan dalam shalat tahajjud. Selamat membaca dan semoga berkah! Amin.

* Peresensi adalah Akademisi dan Pecinta Baca Buku Tinggal di Surabaya.

Karya ini bisa dibaca lebih lanjut di: Harian Analisa atau Harian Anaslia, Jumat, 20 Maret 2015 Shalat Tahajjud dan Tabir Rahasia Jodoh oleh Junaidi Khab. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: