Bekerja Keras untuk Mencapai Kesuksesan

Harian Blora: Jumat, 20 Februari 2015

Bekerja Keras untuk Mencapai Kesuksesan (Junaidi Khab)

Bekerja Keras untuk Mencapai Kesuksesan (Junaidi Khab)

Judul               : No Gain Without Pain

Penulis             : Farel Rossy

Penerbit           : FlashBook (DIVA Press)

Cetakan           : I, 2014

Tebal               : 192 halaman

ISBN               : 978-602-296-029-4

Peresensi         : Junaidi Khab*

Kita jangan sampai menganggap menciptakan sebuah kesuksesan itu mustahil. Hal tersebut bisa kita lihat dari keberhasilan Susi Pudjiastuti sebagai menteri kelautan dan perikanan RI (periode 2014-2019) meski tidak lulus SMA. Berkat kerja kerasnya, dia bisa menjadi menteri. Hakikatnya, sebuah kesuksesan itu bisa diciptakan dengan strategi yang jitu dan andal. Ibaratnya, kita akan menempuh medan perang. Dengan strategi yang jitu, kemenangan perang akan berada di pihak kita. Maka dari itu, jika kita ingin sukses, kesuksesan itu harus kita rencanakan strategi-strateginya.

Inspiratif sekali kehadiran buku ini sebagai fondasi awal untuk menciptakan strategi sebuah kesuksesan. Kita akan disodorkan pada pilihan jalan kesuksesan yang positif dalam buku ini. Dengan alasan, bahwa jalan positif meski medannya sangat sulit akan memberikan kesuksesan yang utuh dan sempurna. Berbeda dengan jalan negatif. Meskipun memberikan kesuksesan, tapi merugikan pihak lain, dan pada akhirnya diri kita juga yang akan kena batunya sendiri.

Bekerja keras dengan penuh semangat menjadi kunci sebuah kesuksesan itu akan terwujud. Kesuksesan kita itu tergantung pada kerja keras yang kita lakukan. Semakin keras bekerja atau giat bekerja, maka akan semakin dekat pada kesuksesan yang kita impikan. Dan, tentu saja, tidak hanya kerja keras yang dibutuhkan agar sukses, tapi juga kerja cerdas (hlm. 91).

Perlu juga kita sadari bahwa kerja cerdas tidak hanya menuntut kita memaksimalkan jerih payah, energi, dan kekuatan fisik. Tapi juga harus mampu memaksimalkan semua potensi yang kita miliki dalam bekerja atau berusaha. Kerja cerdas berarti kita berpikir kreatif dan inovatif. Dengan tujuan agar kerja keras yang kita lakukan hasilnya lebih meningkat dan lebih cepat mengantarkan pada keberhasilan atau kesuksesan sebagaimana yang kita harapkan.

Sebuah Keberuntungan?

Seperti kata pepatah, siapa yang menuai, dia yang akan memanen. Jangan sekali-kali memanen jika kita tidak (ikut) menuai sesuatu. Sudah tentu jelas, orang yang menuai akan memanen hasil tuaiannya. Hal ini masih dengan proses yang panjang. Sesuatu yang dituai harus dirawat dan dijaga dengan baik.

Jangan sekali-kali mengharap hasil memuaskan jika sesuatu yang dituai tidak dijaga dan dirawat. Itu semua mustahil. Jika kita menuai dan ingin mendapatkan hasil yang maksimal sesuai yang kita harapkan, maka kita harus merawat dan menjaganya. Baru setelah itu menunggu keberuntungan. Begitu pula dengan kesuksesan. Kesuksesan merupakan sebuah keberuntungan yang berangkat dari kerja keras dan selalu melakukan hal-hal yang bisa menumbuhkan semangat untuk bekerja.

Seperti halnya seseorang yang mendapat keberuntungan itu adalah mereka yang punya karakter tekun, sabar, giat, semangat, disiplin, pantang menyerah, dan pekerja keras dalam mengahadapi segala macam rintangan. Perjuangan yang mereka tempuh juga cukup melelahkan, namun akhirnya akan terbayar dengan kesuksesan di genggaman tangan sebagai buah dari keberuntungan (hlm. 160).

Substansinya, jika kita ingin mendapat sebuah keberuntungan untuk sukses, maka kita harus memiliki sifat yang penuh dengan dedikasi. Kita harus mampu menginjakkan kaki di tengah gurun gersang kerontang untuk bekerja keras dan pikrian cerdas dengan usaha yang maksimal. Barulah kita berharap sebuah keberuntungan untuk sukses setelah melakukan banyak usaha. Ini yang disebut dengan ikhtiyar (berusaha), lalu kanaah (mengharap keberuntungan) setelah kita berusaha.

Kehadiran buku ini akan menemani diri kita semua untuk menciptakan sebuah kesuksesan melalui berbagai macam usaha dan kerja keras. Sebagai mana dijelaskan secara umum dalam buku ini, bahwa untuk menciptakan sebuah kesuksesan itu kita harus bekerja keras, pantang menyerah, selalau semangat (optimis), anti galau, gigih, dan selalu memandang apa yang kira kerjakan dari sisi positif dan manfaatnya. Selamat membaca dan menciptakan sebuah kesuksesan. Semoga!

* Peresensi adalah Pecinta Baca Buku Asal Sumenep, Tinggal di Surabaya.

Tulisan ini bisa dibaca di Harian Blora secara langsung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: