ON, Kunci Sukses Dunia-Akhirat

Kabar Probolinggo: Kamis, 15 Januari 2015

ON (Junaidi Khab)

ON (Junaidi Khab)

Judul               : ON

Penulis             : Jamil Azzaini

Penerbit           : mizania

Cetakan           : VIII, 2014

Tebal               : 280 halaman

ISBN               : 978-602-9255-48-5

Peresensi         : Junaidi Khab*

Mengubah jalan hidup dari yang biasa-biasa menjadi hidup yang lebih berarti dan sukses merupakan keinginan semua orang. Namun, keinginan itu hanya sebatas angan yang terus membayangi setiap kaki melangkah dan tangan melambai. Tentunya, jika hidup kita ingin berubah menjadi lebih maju dan sukses, harus ada langkah pasti yang agresif dan intens untuk kita lakukan. Salah satu upaya yang perlu diingat yaitu membuka kesadaran untuk memulai langkah-langkah tersebut.

Inisitif Jamil Azzaini melalui buku yang berjudul ON ini tak lepas dari niat mulianya untuk menjadikan umat manusia lebih maju dan sukses, serta bisa terlepas dari kebergantungan pada orang lain. Inisiatif itu tumbuh untuk memotivasi dan memberikan kesadaran atas langkah perubahan kemajuan dan kesuksesan hidup semenjak dirinya menjabat sebagai Direktur Dompet Dhuafa Republika 2004. Dengan inisiatif itu, ia sering mengisi acara-acara dan menerbitkan buku motivasi. Semuanya menginspirasi agar yang kita lakukan di dunia juga memberikan nilai tawar kelak di akhirat setelah kematian yang hanya membawa kain kafan.

Kehadiran buku yang berjudul ON ini sebagai salah satu karyanya, ia ingin mengajak para pembaca di Indonesia dan umumnya masyarakat dunia untuk bergerak menuju kemajuan dan kesuksesan dunia-akhirat dengan beberapa langkah yang harus dikerjakan. Langkah-langkah itu akan menggiring dan menstimulasi semangat serta antusiasme hidup untuk melangkah lebih pasti pada cahaya kemajuan dan sinar kesuksesan.

Ada empat ON yang menjadi kunci kemajuan dan kesuksesan agar mudah diraih oleh kita semua. Dari keempat ON tersebut kita akan memulai langkah yang pasti agar arah hidup kita bisa terpusat dengan jelas menghadapi perjalanan hidup yang terus mengalami perubahan tiap detiknya. Keempat ON tersebut yaitu kita harus mampu merencanakan visi-ON (visi/tujuan hidup), kemudian acti-ON (langkah pasti), diperkuat oleh passi-ON (keyakinan yang kuat), dan distimulasi dengan collaborati-ON (menempuh hidup bersama dan kerjasama).

Melalui kekuatan visi, kita akan menyadari untuk mengonsep hidup bahwa tujuan kita hidup agar bahagia, baik di dunia maupun di akhirat. Dengan kata lain, melalui visi yang sudah kita rencanakan itu, untuk memulai langkah akan mudah ditemukan arahnya. Namun, kita juga perlu menyadari mengenai visi yang kita buat. Tentunya harus berupa visi yang berjangka panjang. Bukan hanya visi yang sekali dilakukan tercapai dan selesai (hlm. 19).

Ada nilai-nilai dan spirit hidup di dalam buku ini. Bahasanya yang biasa akan mampu menyihir setiap pembaca untuk memacu jalan hidupnya agar lebih cepat, tepat, dan hemat, namun segalanya mengantarkan pada arah jalan yang lebih maju dan sukses. Cuma isi buku ini hanya mengacu kepada pengalaman-pengalaman sukses pribadi, bukan orang lain. Selain itu, berisi promosi diri dan bisnis produknya sendiri.

Akan tetapi, di balik itu semua, ada cita-cita mulia yang ingin dicapai, yaitu mengubah jalan hidup para pembaca dari yang biasa-biasa saja menjadi lebih maju dan sukses. Sukses dalam arti apa yang kita inginkan bisa tercapai, yaitu hidup bahagia dengan segala yang kita kerjakan di dunia ini sebagai bekal untuk menuju kehidupan setelah kita mati (akhirat). Karena hakikatnya kita hidup di dunia bukan sekadar bersantai dan beremewah-mewah tanpa memikirkan bekal yang akan dibawa menuju hidup yang sesungguhnya setelah kematian.

Maka dari itu, perlu diketahui bahwa untuk mewujdukan visi, kita harus melakukan aksi sebagai langkah pasti menemukan jalan kesuksesan. Kemudian langkah tersebut diperkuat dengan keinginan dan rasa cinta terhadap visi dan aksi, sehingga tiga kekuatan tergabung, kemudian kita melakukan jalinan kerjasama (hubungan) dengan orang lain guna mewujudkan impian yang kita inginkan. Dalam berkolaborasi di sini bukan hanya kepada sesama manusia, namun juga melakukan kolaborasi dengan Tuhan melalui doa-doa dan amal kebaikan atau istilahnya menjalani perintahnya dan menjauhi larangannya (hlm. 244).

Buku ini sangat memotivasi bagi kita dengan empat kunci ON agar menemukan spirit kemajuan dan stimulasi kesuksesan untuk mengubah jalan hidup yang biasa-biasa saja menjadi luar biasa dengan kesuksesan yang nyata. Empat ON sebagai kunci kemajuan dan kesuksesan tersebut akan diulas dengan renyah dan mudah dipahami dalam buku ini. Pembaca tidak akan merasa bosan dengan uraian yang menarik dan penuh simpatik. Selamat membaca untuk menempuh hidup yang lebih maju dan sukses!

* Peresensi adalah Pecinta Baca Buku Tinggal di Surabaya.

Tulisan ini bisa dibaca lebih lanjut di: Kabar Probolinggo, Kamis 15 Januari 2015 ON, Kunci Sukses Dunia-Akhirat oleh Junaidi Khab. Semoga memberikan manfaat bagi kita semua. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: