Melatih Pemuda Menjadi Pengusaha

Kabar Probolinggo: Kamis, 08 Januari 2015

Melatih Pemuda Menjadi Pengusaha (Junaidi Khab)

Melatih Pemuda Menjadi Pengusaha (Junaidi Khab)

Judul               : Kaya Raya Tanpa Modal untuk Anak Muda Ragam Bisnis Plus Kunci Sukses

Penulis             : Agustina Wulandari

Penerbit           : Saufa (DIVA Press)

Cetakan           : I, 2014

Tebal               : 168 halaman

ISBN               : 978-602-255-698-5

Peresensi         : Junaidi Khab*

Anak muda (pemuda) memiliki semangat yang membara. Jiwanya bagaikan api yang terus menyala-nyala. Jika kobaran semangat pemuda disalahgunakan, maka mereka akan menjadi orang jahat yang akan sulit untuk diubah karakternya. Namun, jika kobaran semangat itu dikelola dengan baik, maka masa depannya ada jaminan akan cerah dan penuh keberuntungan.

Sangat tepat sekali jika kobaran semangat pemuda itu diarahkan untuk hal-hal kewirausahaan sebelum masa dewasa tiba. Hal ini sangat menguntungkan, baik bagi dirinya, orang tua, ataupun orang lain. Semangat pemuda yang terus menyala itu alangkah baiknya jika dimanfaatkan untuk menggeluti dunia usaha selain mereka mengenyam dunia pendidikan. Di sini mereka selain belajar di tempat formal seperti sekolah atau perguruan tinggi, juga belajar hidup mandiri dengan berwirausaha.

Pemuda memiliki potensi luar biasa jika diajarkan ilmu tentang entrepreneurship. Pemuda masih memiliki semangat membara, impian besar, serta mobilitas yang cukup tinggi. Hal ini menjadi modal berharga untuk meniti sukses sebagai pengusaha. Selain itu, keuntungan menjadi pengusaha ketika masih muda memiliki kesempatan untuk belajar dan menjelajah lebih luas berkat kondisi fisik yang mendukung (hlm. 12-13).

Namun, sebagai pemuda dengan tangan hampa sangat sulit memulai bisnis/ usaha yang besar. Ketiadaan modal yang menjadi kendala utama bagi mereka. Tapi sebenarnya banyak usaha yang tidak membutuhkan modal besar, asal serius dan disertai dengan semangat yang tinggi bisa untuk membangkitkan gairah kewirausahaannya. Usaha-usaha tanpa modal semacam ini sangat tepat bagi pemuda untuk memulai belajar hidup mandiri dengan berwirausaha.

Jenis-Jenis Usaha

Buku ini hadir untuk menyuguhkan berbagai macam usaha yang cocok untuk anak muda/ pemuda tanpa memerlukan modal besar. Ada beberapa jenis usaha yang memang membutuhkan modal besar, juga ada usaha yang menguntungkan dengan modal minim, tapi jarang di sadari oleh para pemuda. Di sinilah pemuda memiliki potensi besar untuk berbisnis selain mereka memang masih sepantasnya bergelut dalam dunia pendidikan. Namun, usaha-usaha yang disajikan di dalam buku tidak akan mengganggu proses belajarnya.

Misalkan bagi para mahasiswa, mereka sebagai pemuda yang bergelut di dunia kampus untuk mengenyam pendidikan bisa menjadi penulis, baik penulis tetap atau penulis lepas. Ini merupakan usaha yang sangat tepat bagi mahasiswa. Sebenarnya bukan hanya mahasiswa, tapi juga siswa, guru, dosen, dan masyarakat umum memiliki potensi demikian jika mereka mau. Usaha ini tanpa modal besar seperti bisnis-bisnis lainnya, namun membutuhkan keseriusan dan semangat tinggi (hlm. 36).

Sangat tepat sekali, selain memang pemuda biasanya hobi membaca, juga hobi menulis. Ini menjadi potensi besar. Sudah banyak pemuda yang memulai belajar menulis, hingga menjadi penulis terkenal dengan buku-buku best seller. Pendapatannya terus mengalir tanpa harus membanting tulang dan memeras keringat, namun membutuhkan kreativitas otak yang cemerlang. Bukan hanya jadi penulis yang menguntungkan, tapi juga dengan membuka jasa usaha penitipan kendaraan, dan membuka usaha jasa pijat refleksi.

Kehadiran buku ini menjadi angin segar bagi para pemuda dan mereka yang ingin berbisnis dengan modal minim. Di dalam buku ini disuguhkan tentang hakikat pemuda dengan segala potensinya untuk menuju dunia kewirausahaan atau perbisnisan. Juga dihidangkan berbagai macam jenis usaha yang ringan dan mudah untuk pemuda tanpa modal banyak, namun penghasilannya sangat menggiurkan. Misalkan menjadi penulis, membuka les privat, menjadi tukang parkir, usaha potong rambut, berjualan pulas atau ponsel, hingga membuka usaha rental VCD/DVD film, dan banyak lainnya dalam buku ini yang disajikan dengan perencanaan dan strategi yang tepat dan akurat.

* Peresensi adalah Pecinta Baca Buku Asal Sumenep, Tinggal di Surabaya.

Tulisan ini bisa dibaca lebih lanjut di: Kabar Probolinggo. Kamis, 08 Januari 2015 Melatih Pemuda Menjadi Pengusaha oleh Junaidi Khab.. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: