Langkah Menjadi Pengusaha yang Sukses

Harian Analisa: Rabu, 7 Januari 2015

Mesopotamia mimpi panjang yang teramat melelahkan (Junaidi Khab)

Mesopotamia mimpi panjang yang teramat melelahkan (Junaidi Khab)

Judul               : My Hobby My Business Kuliner

Penulis             : Gunawan Ardiyanto

Penerbit           : Metagraf (PT Tiga Serangkai)

Cetakan           : I, Juni 2014

Tebal               : 168 hlm.; 23 cm

ISBN               : 978-602-9212-93-8

Peresensi         : Junaidi Khab*

Semua orang normal sama-sama memiliki hasrat yang tak jauh berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hasrat itu tak lain kesuksesan. Namun, kesuksesan tidak mudah untuk dicarikan maknanya. Kesuksesan tergantung kepada konteks dimana orang itu berpijak. Bagi mahasiswa, sukses itu bisa cepat selesai sarjana hingga profesor. Bagi petani, sukses tak lain keberhasilan dalam panen hasil pertaniannya. Bagi pegawai, sukses bila naik pangkat dengan gaji yang tinggi. Dan bagi pengemis, dia akan merasa sukses jika banyak mendapatkan uang.

Namun, secara umum, sukses itu dimaknai dengan terpenuhinya keinginan. Namun, sukses juga identik orang kaya dengan pendapatan yang independen dari usahanya sendiri, bukan pegawai atau meminta-minta. Namun, untuk menjadi orang yang demikian (businessman/ pengusaha) sangat sulit agar sukses dan berhasil dalam usahanya tanpa meminta bayaran pada orang lain, bahkan jika perlu membayar/ menggaji orang lain untuk bekerja pada dirinya. Sehingga menguarngi pengangguran yang marak terjadi, misalkan di Indonesia.

Karya Gunawan Adiyanto yang berjudul My Hobby My Business Kuliner ini merupakan strategi menjadi orang yang sukses, tepatnya menjadi pengusaha yang sukses dalam menjalankan usaha. Secara khusus, buku ini merupakan ladang untuk memulai usaha/bisnis atau menjadi pengusaha di bidang kuliner atau masak-memasak. Namun, strategi dan konsepnya sangat relevan dan bisa kita pakai dalam berbagai konteks usaha atau bisnis yang kita geluti.

Dari keseluruhan isi karya ini, Gunawan ingin mengatakan bahwa pengusaha/ businessman yang sukses itu memulai usahanya dari hobi yang sangat dicintainya. Sehingga, usaha yang dikembangkan bisa bertahan, tak mudah surut dan ataupun bangkrut. Hobi dalam membuka usaha menjadi kunci utama untuk keberhasilan.

Memulai bisnis/ usaha dari hal yang disukai dan sesuai dengan passion (keinginan besar/ minat) kita, pada umumnya memiliki tingkat bertahan dan eksistensi yang lebih lama. Seperti halnya diakui oleh beberapa pelaku usaha yang telah sukses dan malang-melintang dalam bidang yang ditekuninya. Hal ini menjadi modal utama sebagai awal bagi diri agar tidak mudah menyerah dan bisa lebih enjoy dalam menjalankan sebuah usaha (hlm.7).

Individu yang menjalaninya pun lebih total dan profesional, lebih tahan tahan banting, bahkan lebih happy dan nothing to lose. Siapa pun mereka yang menggeluti bisnis yang diawali dari hobi tidak akan menganggap pekerjaan atau usaha tersebut sebagai beban, melainkan sebagau sebuah kegiatan yang ia sukai atau cintai.

Meski pun kita memulai suatu usaha berangkat dari hobi yang kita senangi, namun kita jangan sampai melupakan strategi-strategi dalam berbisnis. Ada beberapa strategi yang perlu dikantongi oleh seoarang pengusaha. Salah satu strateginya yaitu, membuat konsep. Suatu bentuk usaha memerlukan konsep dan rencana yang matang untuk merealisasikannya. Konsep atau rencana yang akan kita buat tersebut bisa kita share atau rencanakan dengan pihak-pihak terkait yang menguasai jenis usaha yang akan kita jalankan agar lebih matang (hlm. 34).

Sudah barang tentu, sebuah konsep yang tepat sangat dibutuhkan dalam dunia kewirausahaan/ perbisnisan. Tanpa konsep yang jelas, tepat, dan akurat, suatu bisnis tidak akan berjalan dengan baik. Maka dari itu, suatu konsep dalam perbisnisan menjadi kebutuhan mutlak yang tidak bisa dihindarkan. Sangat tepat sekali jika buku ini dijadikan sebagai pemandu untuk memulai bisnis dari hobi yang kita senangi.

Buku ini merupakan langkah tepat untuk memulai pijakan menjadi seorang pengusaha yang sukses. Di dalam buku ini disajikan beberapa metode dan strategi cemerlang sebagai pemantik agar usaha yang kita jalankan bisa berhasil sesuai apa yang kita harapkan. Secara umum, buku ini mengulas tentang memulai suatu bisnis/ usaha dari hobi yang kita sukai, jenis-jenis usaha yang tepat, pengaturan konsep usaha, dan pembuatan analisis bisnis, serta cara membuat perencanaan bisnis. Selain itu, juga diulas tentang strategi marketing, cara menghadapi kompetitor, dan kisah-kisah orang sukses dalam berwirausaha sebagai inspirasi bagi kita.

* Peresensi adalah Pecinta Baca Buku, Tinggal di Surabaya.

Tulisan ini bisa dinikmati secara langsung di sini, atau melalui file PDF berikut: Harian Analisa, 07 Januari 2015 Langkah Menjadi Pengusaha yang Sukses oleh Junaidi Khab. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: