Strategi Jitu Memulai Bisnis Kecil

Duta Masyarakat: Minggu, 4 Januari 2014

Start Me Up! (Junaidi Khab)

Start Me Up! (Junaidi Khab)

Judul               : Start Me Up!

Penulis             : Ebong Eka

Penerbit           : Metagraf (PT Tiga Serangkai)

Cetakan           : I, September 2014

Tebal               : xii, 332 hlm.; 21 cm

ISBN               : 978-602-9212-60-0

Peresensi         : Junaidi Khab*

Memulai bisnis kecil memang kadang membutuhkan banyak perencanaan. Namun, kadang rencana yang dibuat tidak berjalan sebagaimana rencana awal yang telah dirancang. Sehingga bisnis yang akan kita jalankan tidak sesuai dengan harapan yang kita inginkan. Maka dari itu, kita perlu mengetahui trik dan strategi memulai bisnis agar tidak hanya sebatas perencanaan saja.

Buku ini hadir di tengah-tengah kita untuk menutup dalam-dalam kebiasaan seseorang yang mau memulai bisnis dengan rencana besar tapi tidak menjalankan rencana tersebut. Di dalam buku ini disajikan beberapa metode atau strategi untuk memulai suatu bisnis agar berhasil dan memberikan keuntungan besar bagi kita.

Secara sederhana karya ini akan membicarakan area penting yang perlu diperhatikan, supaya bisnis kita sukses. Hakikatnya, kita akan menciptakan rencana bisnis yang lebih berguna yang membuat bisnis kita sukses dan menentukan parameter pelaksanaan bisnis. Hanya 95 persen bisnis gagal tidak berarti bahwa bisnis kita harus gagal juga. Namun untuk mengurangi kemungkinan gagal, kita pertama kali harus mengenali sandungan-sandungan yang membuat bisnis kecil hancur dan sebab-sebab terjadinya sandungan tersebut (hlm. 33).

Kita perlu segera memahami sandungan tersebut karena akan segera kita hadapi ketika akan memulai bisnis dan sandungan itu seringkali tidak mudah diatasi. Istilahnya, kita harus mencari celah yang akan menjadi hambatan bisnis yang akan kita jalankan. Ketika celah itu sudah ditemukan, kita tinggal mengantisipasinya. Tujuan ini untuk menjaga-jaga kelak ketika bisnis telah kita jalankan, agar rencana awal yang diagendakan bisa berjalan sesuai dengan target dan keinginan.

Lepas dari apakah kita menciptakan produk baru ataukah kita memodifikasi produk yang sudah ada di pasaran, bisnis kecil biasanya gagal karena tidak bisa menghindari enam faktor yang membuat bisnis gagal. Di antaranya, gagasan bisnis yang terlalu rumit (Struktur), model penghasilan yang tidak bagus (Strategi), pemasaran dan pencitraan yang tidak bagus (Strategi), perolehan pelanggan yang tidak mencukupi (Strategi dan Sales/Penjualan), pengaturan waktu yang tidak baik (Sistem), dan tidak adanya dedikasi terhadap rumusan (formula) penjualan (Sales) (hlm. 38).

Sebagaimana lumrah, alias umum bahwa bisnis itu akan berjalan dengan baik jika kita pandai bermitra. Yaitu kita bisa membangun relasi sebanyak mungkin. Misalkan setelah usia tertentu, kebanyakan profesional sebaiknya membangun jaringan kontak (hlm. 219). Namun, membangun jaringan kontak tidak harus pada usia tertentu, tetapi selama kita menjalankan bisnis, jaringan kontak harus segera dibangun. Melalui jaringan kontak ini, relasi bisnis akan terus banyak dan meningkat. Sehingga memudahkan arus perjalanan bisnis yang kita tekuni.

Strategi jitu pemasaran tanpa perlu banyak mengeluarkan biaya yaitu melalui media sosial di internet. Hal ini karena internet membuat pembeli eceran lebih mudah mencapai jutaan orang tanpa harus mengeluarkan uang jutaan dolar. Tujuan saya di sini adalah memberikan panduan dan nasehat tentang berbagai platform media sosial untuk bisnis Anda. Platform yang penting adalah sebagai berikut: Facebook, You Tube, Twitter, dan LinkedIn (hlm. 238).

Celah buku ini yaitu setiap bisnis seakan-akan harus didahului oleh uang. Padahal banyak buku lain menyodorkan ide memulai bisnis tidak selalu dengan uang. Sebagaimana dituturkan bahwa mengembangkan perusahaan merupakan ilmu sekaligus seni, namun tanpa uang akan sangat membosankan (hlm. 200). Namun, hal ini bukan persoalan akut dalam buku ini, karena buku ini telah mampu menyuguhkan berbagai strategi jitu untuk memulai bisnis mulai dari tingkat terkecil hingga raksasa.

Kehadiran buku ini merupakan suatu pencerahan dan panduan bagi kita yang ingin memulai bisnis atau usaha, baik itu bisnis kecil-kecilan atau yang berskala besar. Melalui saran-saran dan metode yang dibeberkan, buku ini akan membantu para pebisnis untuk memulai, melanjutkan, mengembangkan, menginovasi, dan hingga menjadikan bisnis kecil menjadi besar, dan bisnis besar bisa menjadi bercabang-cabang. Mari ikuti saran dan strateginya di dalam buku ini! Semoga berhasil!

* Peresensi adalah Pecinta Baca Buku Asal Sumenep, Tinggal di Surabaya.

Jika ada yang ingin membaca versi koran cetaknya, bisa mengakses dengan mengklik tulisan berwarna sebagaimana berikut. Duta Masyarakat, Minggu, 4 Januari 2014 Strategi Jitu Memulai Bisnis Kecil Oleh Junaidi Khab. Semoga memberikan manfaat bagi kita semua. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: