Macan (Politik) Asia

Riau Pos: Ahad, 03 Agustus 2014

Cover Macan Asia Tokoh-Tokoh Politik Asia yang Disegani Amerika dan Sekutunya (Junaidi Khab)

Cover Macan Asia Tokoh-Tokoh Politik Asia yang Disegani Amerika dan Sekutunya (Junaidi Khab)

Judul               : Macan Asia Tokoh-Tokoh Politik Asia yang Disegani Amerika dan Sekutunya

Penulis             : Radis Bastian

Penerbit           : Saufa (DIVA Press)

Cetakan           : I, Juni 2014

Tebal               : 266 Halaman

ISBN               : 978-602-255-546-9

Peresensi         : Junaidi Khab*

Tidak semua yang kita prediksikan dengan penuh kekuatan mampu menyelesaikan berbagai macam persoalan. Namun, segala sesuatu memiliki potensi dan kekuatan tersendiri yang jika dikembangkan akan menjadi senjata ampuh untuk menyelesaikan suatu perkara. Begitu pula, tidak semua yang kita pandang memiliki kekuatan dan otoritas penuh selamanya disegani oleh yang lain. Tak jauh berbeda dengan Amerika Serikat yang mendapat julukan negara adikuasa. Dengan pendangan stereotip demikian, Amerika Semakin menunjukkan kekuasaan dan otoritasnya, sehingga negara dan pemimpin khawatir dengan politik Amerika

Namun, keadikuasaan Amerika tak selamanya menjadi kesakralan suatu negara, lambat laun pun Amerika kehilangan pamor dan otoritasnya. Semakin banyak politik yang dilakukan oleh Amerika, semakin tampak kediktatorannya. Amerika bukan mau memimpin dunia, tapi Amerika mau menguasai dunia. Sehingga berbagai perlawanan muncul untuk menentang politik kebijakan Amerika yang dipandang merugikan negara-negara di dunia, seperti halnya bentuk imperialisme yang ingin mengekplorasi kekayaan alam yang ada di Asia (hlm. 6)

Disadari atau tidak, melawan Amerika bukan hal yang mudah, karena Amerika memiliki kekuatan militer yang sangat kuat dan terkordinasi. Namun, hal tersebut tetap tidak menyurutkan perlawanan terhadap politiknya yang selalu dianggap menyimpang dari kebijakan perpolitikan dunia, ada negara yang merasa dirugikan dengan kebijakan politiknya. Sehingga tak heran jika Amerika akhirnya menjadi seekor lembu yang berkeliaran dan dihadang oleh macan-macan politik Asia.

Kehadiran buku yang berjudul “Macan Asia” ini cukup menarik untuk dijadikan bahan bacaan untuk memahami perjalan politik dunia, antara Asia-Amerika. Ada banyak tokoh yang ditakuti dan disegani oleh Amerika karena agresivitas dan berani mengkritik politik Amerika yang hanya menomorsatukan kepentingannya sendiri. Salah satu macan Asia yang disegani dan ditakuti oleh Amerika dan sekutunya yaitu Soekarno, presiden Republik Indonesia pada awal revolusi kemerdekaan (hlm 12).

Soal kedudukan PBB di Amerika Serikta. Seokarno mengkritik, dalam suasana Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet lengkap dengan perang urat saraf yang terjadi, maka tidak sepatutnya markas PBB justru berada di salah satu negara pelaku Perang Dingin tersebut. Soekarno mengusulkan agar PBB bermarkas di Jenewa, Asia, Afrika, atau daerah netral lain di luar blok Amerika dan Soviet.

Selain itu, tokoh lain yang disegani baik oleh kawan maupun lawan politiknya, termasuk oleh Amarika yaitu Mao Zedong atau Mao Tse Tung. Ia merupakan pemimpin dari negeri Tirai Bambu, Cina, sosok politikus yang sangat disegani dan memiliki peranan penting bagi rakyatnya yang dipandang berhasil oleh negara-negara lain. Bagaimana tidak, Mao Zedong disegani dan ditakuti karena ia adalah diktator yang boleh dikatakan sangat kejam. Bahkan, kekejamannya dapa disamakan atau mungkin melebihi kekejaman Adolf Hitler, sang diktator Nazi, Jerman (hlm. 153).

Salah satu kehebatan Mao Zedong yang membuatnya disegani adalah keberhasilannya dalam membawa perubahan di Cina. Seperti kita ketahui, Mao Zedong memimpin partai komunis ke puncak kekuasaan di Cina, dan dalam jangka masa 27 tahun sesudah memegang kendali pimipinan, perubahan-perubahan menakjubkan dan berngka jauh terjadi dalam sejarah bangsa yang begitu besar jumlahnya. Selain itu, Mao Zedong juga terkenal karena kekejamannya.

Seperti yang ditulis oleh Monsanto Luka, Mao Zedong digambarkan sebagai berikut, “Dengan memualai gerakan Seratus Bunga, memulai Lompatan Besar ke Depan, memulai Revolusi Budaya, ia kemudian dikenal sebagai tiran paling kejam yang pernah ada. Jutaan orang mati karenanya”. Sehingga tak mengherankan jika Mao Zedong ditakuti dan disegani baik oleh kawan maupun lawan politiknya di dunia internasional. Selain itu, banyak tokoh-tokoh dengan julukan macan asia lainnya yang memiliki peran dan disegani baik oleh lawan ataupun kawan politiknya.

Buku ini merupakan karya berupa biografi tokoh dan perannya dalam politik di Asia yang memiliki langkah agresif dalam mengubah dunia dan negaranya melalui keberaniannya. Ada sekitar 23 (dua puluh tiga) macan asia yang memiliki tekad dan kemauan keras dalam negaranya masing-masing, sehingga Amerika dan sekutunya khawatir dengan keberadaan tokoh-tokoh politik tersebut. Tak heran bila Amerika dengan berbagai usahanya ingin melenyapkan tokoh-tokoh tersebut, dengan satu alasan agar keadidayaannya tak surut karena ulah keberanian mereka. Sederet biografi dengan peran tokoh tersebut disajikan dengan bahasa lugas sehingga mudah untuk dipahami oleh para pembaca. Selamat menyelami biografi macan asia dan meminum inspirasi kepemimpinan dari peranannya!

* Peresensi adalah Pecinta Baca Buku dan Tercatat Sebagai Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel, Surabaya.

E-Mail                        : john_gapura@yahoo.com

Bisa dibaca di: Riau Pos Ahad, 03 Agustus 2014 Macan (Politik) Asia. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: