Strategi Sukses Bisnis Properti

Wasathon: Selasa, 24 Juni 2014

Cover Modal Kecil, Ingin Bisnis Properti Baca Buku Ini! Langkah-Langkah Cerdas Memanfaatkan Modal Kecil

Cover Modal Kecil, Ingin Bisnis Properti Baca Buku Ini! Langkah-Langkah Cerdas Memanfaatkan Modal Kecil

Judul               : Modal Kecil, Inging Bisnis Properti? Baca Buku Ini! Langkah-Langkah Cerdas Memanfaatkan Modal Kecil

Penulis             : Roby Agung Kusuma

Penerbit           :FlashBooks(DIVA Press)

Cetakan           : I, Mei 2014

Tebal               : 175Halaman

ISBN               : 978-602-255-587-2

Peresensi         : Junaidi Khab*

Berbisnis merupakan salah satu upaya dalam mendapatkan laba atau hasil yang besar dari apa yang kita lakukan. Dengan bisnis itu, kita bia menjadi orang yang kaya-raya. Misalkan bergiat di bidang bisnis properti. Bisnis ini merupakan ladang keuntungan untuk memenuhi kebutuhan yang cukup menjanjikan di era modern saat ini. Cuma untuk melakukan bisnis ini membutuhkan modal besar. Tanpa modal besar, mustahil untuk melakukan bisnis properti, karena materinya berupa rumah, kos-kosan, apartemen, atau tanah yang bisa disewakan atau dijual-belikan.

Secara sederhana, bisnis properti dapat diartikan sejenis usaha atau industri yang bergerak di bidang pembangunan, dalam hal ini berupa pemanfaatan tanah, rumah, gedung, apatemen, dan lain sebagainya, sehingga dapat menghasilkan uang. Sementara properti sendiri didefinisikan sebagai tanah milik dan bangunan. Sebagian orang ada yang mendefinisikan properti sebagai hak untuk memiliki sejumlah tanah dan memanfaatkan apa pun atau seluruh potensi yang terdapat di dalamnya sehingga berbentuk sebuah aset. Kepemilikan terhadap aset tersebut bebas, apakah mau dijual, disewakan, atau mungkin dijadikan proyek berkembang sehingga memiliki daya tawa tinggi di pasaran (hlm. 18).

Dari mana modal untuk memulai bisnis properti? Kita tentu akan kebingungan ketika mengetahui tentang bisinis tersebut meskipun prospeknya sangat menjanjikan. Ternyata membutuhkan modal yang tidak kecil. Hasrat dan tekad pun menurun setelah mengetahui apa itu bisnis properti. Tapi, kehadiran buku yang berjudul Modal Kecil, Ingin Bisnis Properti? Baca Buku ini! Langkah-Langkah Cerdas Memanfaatkan Modal Kecil ini akan menjadi solusi bagi kita yang ingin menjalankan bisnis properti dengan modal yang kecil.

Modal Kecil dan Kecerdasan

Namun, untuk bergiat dalam bisnis properti dengan modal yang kecil tersebut, membutuhkan pikiran cerdas dan daya yang tangkas dalam megatur segalanya. Misalkan, investasi rumah dengan sistem KPR. Kita harus memulai dari yang terkecil dan sederhana, karena tidak semua orang memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis properti. Namun demikian, peluang bisnis properti dapat dicicipi oleh siapapun tak terkecuali bagi pemilik modal yang kecil atau pas-pasan. Memang tidak mudah untuk meraih kesuksesan, apalagi kategori lingkaran bisnis berkelas sejenis properti yang merupakan bisnis megaprofit dengan modal yang fantastis dan melangit. Maka dari itu, kita harus memulai dengan investasi dengan sistem KPR (hlm. 98).

Selain kita bisa menggunakan sistem KPR, untuk membuka bisnis properti kita dapat melakukan dengan negosiasi pembayaran jika modal yang kita miliki tidak mencukupi. Memang menjadi andalan tabungan yang kita miliki, namun kadang tabungan yang kita kantongi tidak sesuai dengan properti yang akan kita beli kemudian kita manfaatkan untuk mendapat hasil lebih dari modal awal. Di sini kita perlu melakukan sebuah negosiasi dengan sang pemiliki agar modal yang kita miliki bisa memperoleh properti yang kita inginkan untuk menjalankan usaha. Maka dari itu, suatu kemampuan untuk bernegosiasi sangat diperlukan bagi pemula bisnis properti dengan modal yang kecil atau tak mencukupi harga patokan barang.

Memalukan sekali, buku ini secara garis besar menjanjikan solusi jitu untuk memulai bisnis properti dengan modal kecil, namun di sisi lain masih secara tegas mengintruksikan pembaca untuk belajar pada orang lain yang sukses. Padahal setidaknya di sini juga disajikan sepak terjang mereka yang sukses menjadi pengusaha di bidang properti, dengan kajian dan etos kerjanya dalam menempuh segala hal rintangan yang dihadapi oleh mereka yang telah sukses. Judul bukunya saja yang cukup menggiurkan, namun isinya masih dilema antara menyajikan dan menginstruksikan sebuah usaha dan inspirasi. Misalkan sebuah instruksi untuk mengikuti pengalaman hidup sukses Bong Chandra (hlm. 108).

Namun demikian, senaif-naifnya buku ini, ada nilai positif yang perlu kita ketahui di dalamnya. Beberapa metode dan persiapan dalam melakukan bisnis di bidang properti disajikan dengan ringan dan mudah untuk dipahami. Karena kajiannya cukup jitu dengan menggunakan sistem narasi. Sehingga, inspirasi untuk menemukan etos dalam memulai bisnis properti dengan modal yang sedikit atau kecil tidak menjadi persoalan yang krusial. Strategi dan metode melakukan bisnis properti hakikatnya tidak sulit, namun hanya perlu kesiapan dan tekad yang bulat saja untuk menggelutinya.

Sungguh, buku ini sangat menarik dan akan memotivasi para pembaca untuk memiliki bisnis dengan pendapatan yang lumayan besar melalui bisnis properti. Di dalamnya diuraikan tentang bisnis properti dengan modal yang kecil. Di dalamnya diuraikan secara gamblang seluk-beluk bisnis properti, mulai dari prinsip-prinsip dasar dalam bisnis properti dengan modal kecil sebagai agen/broker dan developer pemula. Sehingga, dengan modal kecil itulah kita bisa bergiat dalam bisnis properti yang katanya membutuhkan modal besar untuk pertamakalinya dan seterusnya. Selamat membaca dan menjadi orang yang kaya-raya!

* Peresensi adalah Pecinta Baca Buku dan Tercatat Sebagai Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel, Surabaya.

E-Mail                        : john_gapura@yahoo.com

http://wasathon.com/resensi-/view/2014/06/24/-resensi-buku-strategi-sukses-bisnis-properti

Advertisements

One Response to Strategi Sukses Bisnis Properti

  1. Pingback: bisnis properti sukses | Panduan Developer Property

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: