Membongkar Rahasia Kekuatan Berpikir Positif

ESQ News: Selasa, 29 April 2014

Cover terapi berpikir positif Biarkan Mukjizat dalam Diri Anda Melesat Agar Hidup Anda Lebih Sukses dan Lebih Bahagia (Junaidi Khab)

Cover terapi berpikir positif Biarkan Mukjizat dalam Diri Anda Melesat Agar Hidup Anda Lebih Sukses dan Lebih Bahagia (Junaidi Khab)

Judul               : terapi berpikir positif Biarkan Mukjizat dalam Diri Anda Melesat Agar Hidup Lebih Sukses dan Lebih Bahagia

Penulis            : Dr. Ibrahim Elfiky

Penerbit           :zaman

Cetakan           : XII, 2012

Tebal               : 347 halaman

ISBN               : 978-979-024-193-0

Peresensi         : Junaidi Khab*

Berpikir merupakan salah satu aktivitas otak yang dimiliki oleh setiap manusia. Ketentuan berpikir ini sudah sejak manusia diciptakan terbagi menjadi dua bagian. Pertama, otak berpotensi selalu memikirkan hal-hal yang positif. Kedua, otak berpontensi pula untuk berpikiran negatif. Dua bagian ini muncul karena pengalaman-pengalaman yang pernah dihadapi oleh manusia. Ketika pengalaman negatif sudah menempel dalam otak manusia, itu akan tersimpan dan akan terbuka lagi ketika berhadapan dengan kejadian yang serupa di hari kemudian. Sehingga perasaan takut, tidak semangat, dan was-was selalu menghantui perasaan ketika file negatif itu terbuka.

Sebaliknya, otak menyimpan pengalaman-pengalam positif yang pernah terjadi dalam kehidupan umat manusia. Ketika pengalaman positif sudah menempel dalam otak manusia, itu akan tersimpan dan akan terbuka lagi ketika berhadapan dengan kejadian yang serupa di hari kemudian. Sehingga perasaan senang, semangat menjalani aktivitas kehidupan ini, dan yakin selalu menemani perasaan ketika file positif itu terbuka. Namun, terkadang sangat sulit untuk membiasakan diri kita ini agar selalu berpikir positif.

Kehadiran buku karya Dr. Ibrahim Elfiky yang berjudul “terapi berpikir positif Biarkan Mukjizat dalam Diri Anda Melesat Agar Hidup Lebih Sukses dan Lebih Bahagia” ini akan mencoba memberikan solusi agar kita selalu berpikiran positif. Karena tak mungkin manusia selalu berpikiran positif, pada saatnya pikiran negatif akan muncul dan biasanya mendominasi, sehingga kita selalu dalam ketakutan. Pada 1986, penelitian Fakultas Kedokteran di San Francisco menyebutkan bahwa lebih dari 80 % pikiran manusia bersifat negatif. Hasil penelitian ini memperkuat pernyataan bahwa nafsu cenderung menyuruh pada keburukan (hlm. 4).

Dengan gaya bahasa yang ringan dan penuh motivasi, Ibrahim Elfiky mengulas beberapa penyebab otak selalu negatif dalam memandang kehidupan ini. Pada saatnya pula, penyebab-penyebab itu dicoba untuk dilenyapkan dengan pemberian sebuah sugesti untuk mengubah pikiran negetif itu menjadi positif. Sehingga jiwa dan perasaan akan tercerahkan, jalan hidup akan terang kembali, dan optimistis untuk menatap masa depan akan tersingkap dari balik cahaya pikiran positif.

Bahaya Pikiran Negatif

Pikiran negatif bisa membuat degup jantung semakin kencang, tekanan darah meninggi, napas semakin cepat, tubuh gemetar, suhu tubu berubah sehingga sangat berpengaruh pada sistem saraf dan kekbalan tubuh. Selain itu, pikiran negatif juga dapat membuat seseorang merasa tercekik, berkeringat, berbicara terbata-bata, dan lain-lain. Semua itu bisa terjadi hanya dengan satu pikiran (hlm 70).

Maka dari itu, berpikir negatif harus segera kita buang dari dalam otak agar segala aktivitas dan hal-hal yang akan kita kerjakan berjalan normal, nyaman, dan sesuai dengan yang kita harapkan. Ibrahim Elfiky juga menyebtukan bahwa buah pikiran itu ibarat makanan. Jika makanan yang kita konsumsi itu sehat dan penuh vitamin, maka tubuh kita akan segar-bugar dan senantiasa sehat. Namun, jika makanan yang kita makan adalah makanan beracun dan sudah rusak, maka tubuh tidak akan sehat, berbagai penyakit akan mudah menyerang dari berbagai arah.

Begitu pula dengan pikiran kita. Jika otak kita selalu berpikir negatif, maka hasil yang direpresentasikan berupa hal-hal negatif pula yang akan membunuh semangat hidup yang akan kita jalani. Tetapi, jika otak kita sering memberntuk pikiran positif, maka akan merepresentasikan dan menghasilkan hal-hal yang positif pula. Kita tidak akan rugi dengan selalu membiasakan otak untuk berpikir positif. Dengan berpikir positif itulah, kita akan menemukan sebuah kesuksesan dan kebahagiaan hidup.

Semua orang mempunyai potensi kekuatan pikiran. Tapi tak semua tahun dan mampu mengaktifkannya untuk mendapatkan manfaat yang luar biasa. Melalui karya Dr. Ibrahim Elfiky ini kita akan tahu tentang kekuatan pikiran positif, cara kerjanya, dan cara mengaktifkannya dengan mudah, murah, dan efektif. Secara ringkas buku ini mengulas beberapa bagian yang berkenaan dengan pikiran. Di antaranya, tentang kekuatan pikrian, berpikir negatif, berpikir positif, strategi berpikir positif, dan sepuluh wasiat berpikir positif.

* Peresensi adalah Pecinta Buku dan Tercatat Sebagai Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya.

http://esq-news.com/2014/berita/04/29/membongkar-rahasia-kekuatan-berpikir-positif.html

 

E-Mail                         : john_gapura@yahoo.com

URL                            : junaidikhab.wordpress.com

Facebook/Twitter        : Junaidi Khab (john_khab@yahoo.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: