Agar Si Miskin Tak Sakit

ESQ News: Senin, 7 April 2014

Cover Ajaibnya TOGA Sehat dan Panjang Umur dengan Tanaman Keluarga (Junaidi Khab)

Cover Ajaibnya TOGA Sehat dan Panjang Umur dengan Tanaman Keluarga (Junaidi Khab)

Judul               : Ajaibnya TOGA Sehat dan Panjang Umur dengan Tanaman Keluarga

Editor              : Ocha Septia Dewi

Penerbit           :Laksana (DIVA Press)

Cetakan           : I, September 2013

Tebal               : 152Halaman

ISBN               : 978-602-7933-98-9

Peresensi         : Junaidi Khab*

Pada mulanya buku ini sepintas menggambarkan sebuah topi yang sering dipakai oleh para sarjana yang sedang berwisuda. Lucu rasanya diri ini tatkala melihat judul buku yang memakai huruf kapital terbesar pada sampulnya. Langsung terbesit sosok mahasiswa yang sukses ketika berwisuda. Namun, kenyataannya terkaan yang kubuat sia-sia belaka. Ternyata bukan Toga yang dimaksud dalam benakku itu. Toga dalam hal ini tak lain Tanaman Obat Keluarga (Toga). Kepanjangan Toga baru aku dapat setelah bolak-balik buku ini, dan pada akhirnya setelah pada bagian sampul diperhatikan dalam-dalam ternyata, ya bagitulah Toga.

Buku ini sebenarnya representasi dari jenis-jenis buku yang telah banyak diterbitkan oleh beberapa penerbit. Termasuk pula penerbit buku ini telah banyak menerbitkan buku yang senada dengan isi dalam buku ini. Entah apa tujuannya dengan penerbitan buku senada ini. Mungkin saja buku ini dihadirkan sebagai pelengkap dari buku-buku yang hampir serupa sebelumnya, yaitu tentang obat-obatan alami. Namun jika berbicara obat-obatan alami dalam buku ini, setidaknya ada seri-seri tertentu mengenai buku yang mengulas manfaat bahan herbal dan jenis tanaman berkhasiat.

Sebenarnya tidak menjadi persoalan jika ada banyak macam buku yang ulasannya hampir senada dalam satu penerbit. Buku ini secara lantang juga ingin memberikan beberapa bentuk pelengkap mengenai pengetahuan pembaca tentang obat-obatan yang terdiri dari bahan herbal. Dengan keajaiban-keajaiban itu pembaca ingin untuk memiliki buku yang bisa nyata dan menjelma sebagai dewa penyelamat kehidupannya. Misalkan saja sajian tentang manfaat dari tumbuhan jahe merah. Jahe merah bisa meredakan sakit kepala, menyembuhkan salesma, melembutkan rambut, dan mengatasi kulit berminyak (Hal. 7).

Memantik ilmu kedokteran dalam buku ini cukup sederhana dan cukup mudah dilakukan oleh siapa saja. Sebut saja buku ini tak lain buku resep untuk umat manusia yang memiliki jiwa alamiah untuk berobat dan mencegah berbagai macam persoalan penyakit menggunakan bahan herbal alami berupa jahe merah. Tak menutup kemungkinan resep yang ditawarkan akan menjadi hal biasa yang mampu memberikan hasil yang luar biasa. Istilah tinggi yang dapat kita sebut sebagai herbal ajaib yang mampu menyembuhkan beberapa macam penyakit ringan.

Jika tanaman obat keluarga (Toga) dalam buku ini disebut sebagai bahan herbal yang memiliki keajaiban rasanya cukup janggal. Ajaib secara sederhana dapat kita artikan sebagai benda yang mustahil terjadi, namun bisa terjadi dengan kekuatan tertentu. Jika tumbuhan yang dianugerahkan oleh Tuhan dianggap memiliki keajaiban rasanya terlalu menafikan eksistensi Tuhan yang menciptakan segala sesuatu tidak sia-sia sebagaimana firman-Nya dalam surah al-Baqarah ayat 26 yang menyatakan bahwa nyamuk pada hakikatnya diciptakan atas kehendak Tuhan dan memberikan manfaat bagi manusia bahkan hal yang lebih remeh dari nyamuk Allah Saw. tidak sungkan untuk menciptakannya. Itu bermanfaat jika manusia mau berpikir.

Lain daripada itu, juga sangat sepele yang sering kita lihat di halaman-halaman dan pekarangan rumah, yaitu bayam duri yang dianggap kurang bermanfaat. Namun kenyataannya, bayam duri memiliki banyak manfaat dan khasiat guna penyembuhan berbagai macam penyakit yang menimpa umat manusia. Cukup menggoda hasrat ulasan dalam buku untuk membuktikan kebenaran manfaat dari bayam berduri. Dari khasiat bayam berduri kita bisa mengetahui bahwa tumbuhan tersebut bisa mengatasi disentri, mengobati TBC kelenjar, mangatasi eksim, dan keputihan (Hal. 61).

Hakekat buku ini secara tidak langsung sebenarnya merupakan sebuah solusi bagi mereka – Si Miskin – agar tidak mudah sakit dengan memanfaatkan tanaman-tanaman sebagai bahan obat. Alternatif yang ditawarkan dan yang disajikan di dalam buku ini merupakan sebagai bentuk usaha agar Si Miskin dengan keterbatasan biaya berobat bisa membantu dengan kreasi membuat obat atau ramuan herbal yang lebih alami tanpa campuran bahan kimia yang mudah didapat baik di rumah sakit maupun di apotek. Selain menghemat biaya, obat herbal di dalam buku ini ditanam di pekarangan-pekrangan rumah. Namun sayangnya, buku ini secara luas hanya menyajikan resep-resep belaka tanpa ada pembuktian secara ilmiah.

Sebagaimana bisa kita baca pada bagian buku ini bahwa tumbuhan herbal bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berbagai macam resep obat berbahan dasar tanaman obat keluarga untuk penyembuhan penyakit, mulai dari penyakit ringan seperti sariawan atau nyeri pinggang dan punggung hingga penyakit berat seperti diabetes mellitus, typhus, atau usus buntu. Dilengkapai dengan cara meramu bahan-bahan dasar hingga menjadi obat siap konsumsi serta cara penggunaannya, buku ini bisa dibaca dan diamalkan oleh siapa saja ingin hidup sehat dan panjang umur. Saatnya Si Miskin tidak mudah sakit dengan mengonsumsi tanaman herbal alami, begitu pula dengan si kaya agar lebih menghemat biaya dan menajga tubuh dari sentuhan obat yang mengandung bahan kimia. Sehingga biaya tunggakan untuk berobat kepada pemerintah oleh Si Miskin bisa terkurangi.

* Peresensi adalah Wakil Direktur Gerakan UIN Sunan Ampel Menulis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

E-Mail                        : john_gapura@yahoo.com

http://esq-news.com/2014/berita/04/07/agar-si-miskin-tak-sakit.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: