Upaya Menyelamatkan Bumi

RADAR SURABAYA ● Rabu, 19 FEBRUARI 2014

Oleh: Junaidi Khab*

Junaidi Khab

Junaidi Khab

Mayoritas dari kalangan kaum intelektual menggagaskan pemikiran dalam rangka kecintaannya pada keberadaan bumi ini yang sudah tercemar. Melalui idenya, penghijauan pun menjadi polemik di kalangan pemikir dan pecinta bumi. Berbagai pola penghijauan tertuang dalam wacana-wacana nasional. Misalkan membuang sampah pada tempatnya, mengurangi sampah plastik, dan berbagai tindakan penghijauan lainnya. Namun sayang, tidak semua orang mengaplikasikannya.

Tindakan realistis merupakan kunci utama kesuksesan dalam proses menuju bumi yang asri dan bersahabat. Begitu pula dengan gerakan cinta bumi, kita memerlukan tindakan realistis dalam berperilaku yang mengarah pada penghijauan lingkungan agar bumi ini tetap aman dan nyaman bagi kehidupan.

Keselamatan bumi ini berada pada manusia sendiri. Jika mereka sadar dengan perilaku yang merusak bumi, maka mereka tidak akan melakukannya. Banyak musibah yang menimpa manusia. Misalkan banjir, tanah longsor, wabah penyakit yang menjadi teman sehari-hari tak lain disebabkan oleh perilaku manusia sendiri yang kurang memperhatikan keadaan lingkungan. Maka dari itu perlu kiranya kesadaran dalam melakukan hal-hal yang mampu menjaga bumi ini agar tidak rusak dan tercemar oleh perilaku kita sendiri.

Memang banyak penggagas tentang lingkungan dengan ide cemerlangnya dalam rangka penghijauan. Misalnya menanam pohon, berkendara yang ramah lingkungan, penggunaan sepeda gunung, dan batasan penggunaan plastik,

Semua itu merupakan hal yang sangat urgen dalam menjaga lingkungan agar tetap hijau, sehat, dan nyaman. Namun, kiranya lebih sangat urgen jika kita semua yang suka hidup sehat dengan lingkungan hijau, agar lebih mengarahkan perilaku keseharian pada hal yang bisa menjadikan lingkungan kita hijau dan agar bumi tetap utuh, tentunya dengan menerjemahkan gagasan yang telah ada. Gagasan-gagasan penghijauan itu jangan hanya sebagai wahana berpikir belaka, akan tetapi aktualisasi sikap dan perilaku penghijauan yang harus kita utamakan.

* Penulis adalah Pemikir Islam Kontemporer IAIN Sunan Ampel Surabaya.

 E-Mail                        : john_gapura@yahoo.com

Bisa diakses di: RADAR SURABAYA ● RABU, 19 FEBRUARI 2014. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.

One Response to Upaya Menyelamatkan Bumi

  1. bagus mas, lanjutkan terus nulisnya🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: