Mistisisme Sukses Bersama Nabi Khidir

PCNU Sumenep: Selasa, 14 Januari 2014

The Secret of Khidir Melacak Jejak Misterius Nabi Khidir (Junaidi Khab)

The Secret of Khidir Melacak Jejak Misterius Nabi Khidir (Junaidi Khab)

Judul               : The Secret of Khidir Melacak Jejak Misterius Nabi Khidir

Penulis             : Khalifi Elyas Bahar

Penerbit           : Safirah (DIVA Press)

Cetakan           : I, Desember 2013

Tebal               : 196 Halaman

ISBN               : 978-602-255-350-2

Peresensi         : Junaidi Khab*

Kisah kehidupan nabi Khidir menjadi buah bibir masyarakan (Islam) dan bagi mereka yang meyakini eksistensinya hingga saat ini. Sebagian masyarakat ada yang meyakini tentang keberadaan nabi Khidir sebagai mitos belaka yang konon katanya hingga saat ini masih hidup namun berada di alam yang tidak sama dengan manusia. Kebenaran eksistensi nabi Khidir bisa dibuktikan oleh firman Allah Swt. di dalam al-Quran yang terdapat dalam surat al-Kahfi.

Dalam surat al-Kahfi Allah Swt. mengisahkan perihal nabi Khidir bermula ketika nabi Musa merasa lebih berilmu di antara kaumnya. Sehingga beliau dihukum oleh Allah Swt. untuk mencari hamba Allah (Khidir) yang lebih berilmu darinya. Tepatnya di pertemuan dua laut. Untuk mendapat petunjuk dimana dapat bertemu dengan nabi Khdir itu beliau diperintahkan membawa seekor ikan. Dimana ikan itu hilang atau melompat, di sanalah nabi Musa akan bertemu dengan nabi Khidir (QS. al-Kahfi: 60-61).

Kisah-kisah tersebut termaktub di dalam al-Quran surat al-Kahfi ayat 60-82. Dari kisah-kisah dalam ayat tesebut, jelaslah bahwa nabi Khidir itu ada. Doa-doanya mustajab, selalu diamini oleh malaikat dan mudah dikabulkan oleh Allah Swt. Sehingga banyak orang yang merindukan untuk bertemu dengannya. Baik atas tujuan meminta ilmu ladunni, kekayaan, kesaktian, dan perminta-permintaan lainnya dengan izin Allah semua permintaan bisa menjadi kenyataan (Hal. 15).

Kehadiran buku ini menjadi bukti keberadaan nabi Khidir dengan segala kelebihan dan mu’jizatnya. Buku ini menyajikan bahwa bukan nabi Musa saja yang bertemu dengan nabi Khidir. Tetapi orang-orang yang dikehendai oleh Allah bisa bertemu dengan nabi Khdiri. Jika seseorang bisa bertemu dengan nabi Khidir, tentu yang jelas dia akan memiliki kelebihan dari manusia biasanya.

Dikisahkan dalam buku ini bahwa dulu ada seorang santri yang bodoh. Dari saking bodohnya, selama ia mondok di Purwodadi Jawa Tengah hanya mampu mengahafal surah al-Lahab. Itu pun hanya satu ayat. Tidak lebih. Suatu ketika putri sang kiai sakit parah. Dengan berbagai usaha putrinya itu tidak bisa sembuh. Akhirnya sang kiai melakukan ikhtiyar dan doa. Ternyata doa dan ikhtiyarnya terkabulkan melalui mimpinya ia mendapat wangsit bahwa obatnya ada pada nabi Khidir.

Diutuslah santri senior itu yang dijuluki Tabbat karena hanya hafal satu ayat surat al-Lahab. Ia pun menyanggupinya. Di tengah perjalanan ia berjumpa denan kuburan yang berbicara dan meminta tolong untuk menanyakan sesuatu kepada nabi Khdiri atas dirinya yang terus disiksa walaupun dirinya dulu termasuk orang soleh. Seelah itu bertemu dengan buah yang lebat tapi tak ada yang memakannya, ia pun meminta tolong pada Tabbat. Tak lama setelah itu, ia bertemu lagi dengan air yang tak ada orang pernah mengambil airnya meski sangat jernih, air itu pun meminta permintaan yang sama dengan dua peristiwa yang dijumpai oleh Tabbat.

Akhirnya Tabbat bertemu dengan nabi Khidir. Obat sanga putri kiai itu tak lain harus dinikahkan. Benar, sekembalinya dari perjalanan mencari Khidir, Tabbat menjadi orang kaya, cerdas, dan sakti. Namun kiai masih bingung mau dinikahkan dengan siapa putrinya itu. Akhirnya kiai itu memutuskan untuk menikahkan putrinya dengan Tabbat, santrinya sendiri (Hal. 21-30).

Dalam kisah itu, Tabbat menjadi sukses karena taat kepada sang guru dan berjumpa dengan nabi Khidir sebagai perantaranya. Berkat pertemuan dengan nabi Khidir itulah ia mendapat keistimewaan yang tidak dimiliki oleh santri-santri dan orang pada umumnya. Nabi Khidir memang benar-benar ada hingga waktu yang ditentukan. Mungkin sampai hari kiamat kelak.

Meskipun buku ini menghadirkan sisi positif nabi Khidir, masih perlu diingat bahwa yang memberikan segala permintaan itu bukan nabi Khdiri. Tetapi Allah Swt. Nabi Khidir hanya sebagai perantara kepada Allah Swt. Melalui perjumpaan gaib dan penuh misteri dengan nabi Khidir itulah kita bisa menjadi sukses dengan cara yang tidak disangka-sangka pula. Seakan-akan nabi Khidir menjadi simbol kesejahteraan bagi umat manusia yang meyakininya.

Maka dari itu, kita semua berharap untuk berjumpa dengannya. Tentunya dengan berbagai usaha dan upaya seperti rajin beribadah, dan amal-amal shalih seperti yang digambarkdan di dalam buku ini. Mintalah untuk disampaikan kepada Allah Swt. apa yang kita inginkan melalui nabi Khidir agar segera terwujud. Berjumpa dengan nabi Khidir merupakan mistisisme sukses yang tidak bisa kita sangka-sangka.

Buku molek ini akan menguak misteri nabi Khidir yang disebutkan di dalam al-Quran surat al-Kahfi mulai ayat 60-82. Ada banyak kisah tentang orang-orang yang pernah bertemu dengan nabi Khdiri selain nabi Musa as. Mulai kisah orang kaya setelah bertemu dengan nabi Khidir dan orang-orang terdahulu yang berjumpa dengannya. Selain itu pula, ada beberapa amalan yang perlu dilakukan agar bisa bertemu dengan nabi Khidir dan meminta segala hal untuk dimohonkan kepada Allah Swt. supaya mudah terkabul dengan cepat.

* Peresensi Wakil Direktur Gerakan UIN Sunan Ampel Menulis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

E-Mail                        : john_gapura@yahoo.com

Bisa diakses di: http://nusumenep.or.id/mistisisme-sukses-bersama-nabi-khidir/

Advertisements

One Response to Mistisisme Sukses Bersama Nabi Khidir

  1. Tajuddin Nor says:

    saya senang sekali baca buku ini ….

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: