Sukses dari Sebuah Mimpi

Era Madina: Ahad, 05 Januari 2014

Cover Big Dream! dan Make It Happen! (Junaidi Khab)

Cover Big Dream! dan Make It Happen! (Junaidi Khab)

Judul               : Big Dream! dan Make It Happen!

Penulis             : Thomas Sugiarto

Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama

Cetakan           : II, Agustus 2013

Tebal               : 142 + 100 = 242 halaman

ISBN               : 978-979-22-9649-5

Peresensi         : Junaidi Khab*

Bermimpilah setinggi langit, jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang. Begitulah Bung Karno memberi semangat kepada anak muda Indonesia. Buku Thomas Sugiarto ini juga mengajak kita semua untuk berani bermimpi besar. Big Dream! Di dalamnya mengulas manajemen peruabahan yang sangat praktis. Pembaca diajak untuk “nekat” dalam menentukan masa depan dan pilihan hidupnya. Idealitas dari sebuah kesempatan hidup (Bebas Waktu dan Bebas Uang!). itulah keberhasilan, di mana orang bebas menentukan apa pun dan kapan pun. Namun tiu tidak berarti datang begitu saja, tetapi harus dengan mimpi besar dan kerja cerdas (Ganjar Pranowo, S.H.)

Istilah sukses sangat sulit untuk dipahami dan diartikan secara universal. Seseorang untuk mendapat label sukses pun bermacam-macam dan berbeda. Bagi orang yang yang tidak melanjutkan kuliah selalu mengatakan bahwa yang bisa melanjutkan kuliah merupakan orang sukses. Orang yang kuliah juga mengatakan bahwa anggota yudikatif, eksekutif, dan legislatif adalah orang yang sukses. Ada pula yang mengatakan orang sukses itu adalah orang yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain dalam segala hal. Ada juga yang mengatakan orang banyak uang adalah orang sukses.

Big Dream! dan Make It Happen! merupakan buku motivasi untuk menjadi orang yang sukses baik di dunia hingga akhirat. Berbicara tentang kesuksesan, buku ini juga membicarakan tantang orang yang sukses. Sukses dalam buku ini disebutkan bahwa orang dengan keinginannya selalu menyatu. Orang yang bisa memenuhi keinginan dalam mimpi-mimpinya, itulah orang yang sukses dalam hidup ini.

Akan tetapi, kenyataannya untuk menjadi orang yang sukses itu masih terasa sangat sulit. Banyak orang yang merasa tidak sukses karena keinginan yang ada dalam mimpi-mimpinya tidak bisa direalisasikan menjadi kenyataan. Padahal untuk merealisasikan mimipi-mimpi itu harus memagang tiga prinsip dasar, yaitu; believinglearningaction!. Dengan demikian, peluang untuk menjadi orang sukses sangat tampak jelas, utamanya dalam bidang perbisnisan, kepribadian, dan kehidupan sosial.

Satu buku karya Thomas Sugiarto ini berisi dua judul penting guna mencapai kesuksesan. Sebagaimana telah saya sebutkan di atas yaitu Big Dream! dan Make It Happen!. Buku bagian satu berjudul Big Dream! dan buku bagian kedua berjudul Make It Happen!. Dua judul utama tersebut memiliki daya tarik dan kesinambungan yang tidak dapat dipisahkan. Memisahkan salah satu di antara kedua sama saja dengan mengebiri kesuksesan yang kita harapkan. Makanya, dua judul tersebut dicetak dalam satu buku agar kinerja dan perannya bisa bersatu dan berkesinambungan bagi para pembaca.

Awalnya, sebelum membaca buku ini secara menyeluruh, saya mengira bahwa buku ini salah cetak dari penerbit yang tidak diketahui. Saya anggap salah cetak karena antara buku bagian pertama dan bagian kedua tercetak terbalik. Jika kita membaca buku bagian satu, maka buku bagian kedua akan terbalik, begitu pula sebaliknya. Namun, kenyataannya buku tersebut memang sengaja dicetak demikian untuk membuat ciri khas tersendiri sebagai buku motivasi untuk menggapai kesuksesan.

Seperti ulasan sebelumnya, buku ini berkesinambungan antara bagian yang pertama dengan bagian yang kedua. Bagian pertama (Big Dream!) secara panjang lebar memaparkan bagaiman kita bermimpi besar untuk sukses. Membangun mimpi-mimpi indah dalam kehidupan ini dan memperhitungkan dengan pengelolaan yang tepat dan akurat sesuai dengan kebutuhan serta keinginan yang kita harapkan dalam mimpi itu. Namun, jika hanya mimpi saja yang kita buat dalam tidur, maka kita tidak akan mendapatkan apa-apa. Dari itulah perlu suatu tindakan untuk merealisasikannya.

Nah, di sinilah baru kita tahu betapa pentingnya buku bagian kedua ini (Make It Happen!) sebagai tindak lanjut dari buku bagian pertama. Untuk merealisasikan mimpi-mimpi itulah kita perlu membaca buku bagian kedua ini. Kita akan diajak meninjau ulang mimpi yang telah kita bentuk sebelumnya. Di bagian ini, mimpi-mimpi itu akan benar-benar bisa nyata, terwujud, dan direalisasikan hingga mimpi yang berupa keinginan itu bisa tercapai. Ketika mimpi-mimpi itu bisa diwujudkan, setidaknya kita akan menjadi orang yang sukses.

Maka dari itu, untuk bisa menjadi orang yang sukses kita harus bermimpi yang besar untuk memenuhi segala keinginan agar tercapai dengan cara yang cerdas. Sebuah keyakinan lah nanti yang akan mengantarkan mimpi kita pada kenyataan yang benar-benar akan terjadi. Begitu pula kita harus banyak belajar guna memaksimalkan dan memantapkan keyakinan yang sudah tumbuh dari mimpi-mimpi besar itu. Setelah itu, baru kita melakukan sebuah tindakan untuk mewujudkan mimpi besar yang kita bangun di atas kehidupan ini.

Mari kita mulai perjalan menuju kesuksesan sejak sekarang melalui motivasi-motivasi ajaib di dalam buku ini. Ada banyak hal yang bisa menjadi inspirasi bagi para pembaca dari buku ini. Utamanya untuk menjadi orang yang sukses. Tapi dalam sepintas, buku ini hanya ulasan hipnotis semata agar pembaca mengikuti kehendak penulis guna mencapai kesuksesana melalui caranya. Padahal seseorang untuk sukses memiliki jalan tersendiri yang sesuai dengan jalan hidupnya. Tapi buku ini cukup unik dan menarik untuk dibaca oleh siapapun guna menambah wawasan keilmuan dan dalam rangka menjadi orang yang sukses.

* Peresensi adalah Wakil Direktur Gerakan UIN Sunan Ampel Menulis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

E-Mail                         : john_gapura@yahoo.com

Bisa dibaca di situs berikut selama tidak ada perubahan: http://eramadina.com/sukses-dari-sebuah-mimpi/. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: