Menyeimbangkan Kinerja Otak Kanan dan Otak Kiri

Wasathon: Kamis, 14 November 2013

Cover Tutorial Mengajar untuk Melejitkan Otak Kanan & Kiri Anak (Junaidi Khab)

Cover Tutorial Mengajar untuk Melejitkan Otak Kanan & Kiri Anak (Junaidi Khab)

Judul               : Tutorial Mengajar untuk Melejitkan Otak Kanan & Kiri Anak

Penulis             : Ahmad Faidi

Penerbit           : DIVA Press

Cetakan           : I, Agustus 2013

Tebal               : 262 Halaman

ISBN               : 978-602-255-186-7

Peresensi         : Junaidi Khab*

Kehidupan manusia sehari-hari mayoritas menggunakan kekuatan otak kiri yang lebih dominan. Itu memang tak terlepas dari aktivasinya yang sangat mudah dan gampang dilakukan. Pada hakikatnya, pekerjaan otak kiri merupakan pekerjaan yang mudah-mudah dan yang lumrah saja. Karena naluri manusia tidak ingin rumit-rumit dan berat dalam beraktivitas sehari-hari. Maka dari itu, fungsi otak kiri kiri mendominasi daripada otak kanan yang jarang difungsikan oleh pemiliknya. Untuk mengaktifkan otak kanan butuh kesungguhan dan keseriusan agar juga aktif sebagaimana otak kiri.

Belahan otak kanan merupakan sumber intuisi, insight, kiasan, dan imajinasi. Otak kanan memiliki potensi yang begitu besar dalam hal mendorong seseorang untuk menjadi pribadi yang kreatif dan kaya ide-ide baru. Dengan kerja otak kanan yang maksimal, sama halnya dengan mencipta diri menjadi manusia kreatif dan berguna, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Beberapa ciri khas yang dapat kita temukan pada diri seseorang yang memiliki tingkat kecerdasan otak kanan yang tinggi, antara lain; suka lelucon, menyenangkan bagi orang lain, memiliki jiwa seni yang tinggi, penuh daya kreativitas, nyeleneh, dan terkesan kacau, percaya pada intuisi, berjiwa agamis, serta memiliki rasa kepedulian dan solidaritas yang tinggi terhadap orang-oang di sekitarnya (Hal. 45-46).

Tentu sudah kita ketahui bahwa jalan otak kanan adalah jalan yang jarang atau bahkan tidak pernah kita tempuh atau kita jadikan suatu kebiasaan dalam kehidupan ini. Segala hal yang sering kita lakukan merupakan kinerja dari otak kiri yang setiap saat selalu beraksi. Sehingga untuk mengaktifkan kinerja otak kanan perlu kemauan dan kesadaran yang cukup kuat oleh tiap individu untuk melakukan apa saja yang menurut kita itu tidak mungkin, namun jika dikerjakan bisa mendatangkan hal atau hasil yang luar biasa pengaruhnya bagi diri kita sendiri atau orang lain.

Tingkat kecerdasan yang dimiliki otak kanan dapat memunculkan individu yang berkepribadian nyeleneh dan sering kali mengundang kontroversial. Seseorang yang memiliki tingkat kecerdasan otak kanan tinggi biasanya lebih suka melakukan hal-hal yang baru dan keluar dari aturan-aturan sebelumnya. Keluar dari aturan yang dimaksudkan di sini adalah sebuah bentuk lain dari daya kreativitas seseorang dalam mengekspresikan dirinya menjadi sesuatu yang benar-benar berbeda dari yang pernah dilakukan oleh orang lain (Hal. 54).

Ada hal yang dianggap lumrah oleh masyarakat bahwa seseorang yang dianggap nyeleneh alias aneh, berbeda dengan orang lain sebagaimana lumrah dalam masyarakat dianggap memiliki keistimewaan tersendiri. Dari sini kita baru sadar, tingkah yang aneh sebenarnya itu merupakan kinerja otak kanan yang kita aktifkan. Namun perlu kita ingat pula bahwa hal aneh yang kita maksud tak lain dalam rangka hal positif dan untuk kepentingan orang banyak. Karena banyak orang nyeleneh dalam hal negatif. Nyeleneh di sini lebih mengarah pada kreativitas seseorang. Dengan nyeleneh itu, seseorang memiliki keahlian, kekuatan, atau karakter berpengaruh tertentu.

Karakter tersebut muncul karena adanya tuntunan intuisi yang begitu kuat dan spontan. Orang dengan kecerdasan otak kanan tinggi lebih suka mengekspresikan dirinya sesuai kehendaknya sendiri dan lebih suka memunculkan dirinya, sehingga sesuatu yang berbeda dari orang lain pada umumnya. Sehingga tidak heran bila karakter ini sering kali mengundang perhatian orang lain (Hal. 54-55).

Buku ini memang dirancang untuk melejitkan otak kanan para peserta didik dalam lingkungan sekolah. Itu tak lain sebagai penyeimbang dari kinerja otak kiri yang lebih dominan eksistensinya. Sebenarnya jika diperhatikan secara kajian ilmiah, buku ini ulasannya sangat lugu dan tidak dewasa. Namun, dari ketidakdewasaannya dalam mengulas hal yang menyangkut keseimbangan dan aktivasi kinerja otak kanan dan otak kiri menjadikan enak dibaca dan mudah dipahami.

Salah satu contoh tehnik yang bisa digunakan dalam mengaktivasi kekuatan otak kanan yaitu dengan cara; Pertama, doronglah siswa untuk senantiasa mendengarkan musik yang mereka sukai. Kedua, mintalah siswa untuk menggambar apa saja, bisa berupa binatang, motor mobil, manusia, atau apa pun sesuai keinginannya. Mintalah mereka untuk melakukan hal tersebut secara spontan dan lebih baik lagi apabila gambar tersebut diwarnai (Hal. 216).

Tuntunan dalam buku ini sangat baik bagi para guru dalam rangka menggali dan mengaktivasi kekuatan otak kanan yang dimiliki oleh para peserta didik. Dalam hal ini yang menjadi objeknya yaitu murid. Keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri itu sangat dibutuhkan. Itu tak lain karena dengan otak kanan anak didik akan lebih cerdas dan kreatif. Berbeda dengan cara kerja otak kiri yang terlihat lancar namun hasilnya biasa-biasa saja. Buku ini selain memandu aktivasi kekuatan otak kanan guna menyeimbangkan dengan otak kiri juga diberi beberapa ulasan mengenai kriteria dan ciri-ciri otak kanan jika sudah aktif

* Peresensi Wakil Direktur Gerakan IAIN Sunan Ampel Menulis (Gisam) IAIN Sunan Ampel Surabaya.

 E-Mail                        : john_gapura@yahoo.com

http://wasathon.com/resensi-/view/2013/11/14/menyeimbangkan-kinerja-otak-kanan-dan-otak-kiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: