Berhaji dan Berumrah dengan Cara yang Benar

Radar Seni: Jumat, 02 Agustus 2013

Cover Kumpulan Terlengkap dan Terpraktis Doa & Dzikir Ibadah Haji dan Umrah (Junaidi Khab)

Cover Kumpulan Terlengkap dan Terpraktis Doa & Dzikir Ibadah Haji dan Umrah (Junaidi Khab)

Judul               : Kumpulan Terlengkap dan Terpraktis Doa & Dzikir Ibadah haji dan Umrah

Penulis             : H. Harun Abu Rofi’ie

Penerbit           : Safirah (DIVA Press)

Cetakan           : I, Juli 2013

Tebal               : 164 Halaman

ISBN               : 978-602-255-205-5

Peresensi         : Junaidi Khab*

Tidak semua orang bisa mempraktekkan ibadah haji dan umrah dengan benar meski telah mempelajarinya. Itu karena konteksnya tak lain adalah Indonesia. Hal ini untuk mempraktekkannya membutuhkan biaya yang cukup besar. Karena jika benar-benar ingin mempraktekkan rukun haji dan umrah harus tepat ada di Makkkah. Namun masyarakat tak kehabisan akal untuk mempelajarinya walau tanpa praktek sebelumnya. Setelah belajar langsung melaksanakan ibadah haji atu umrah ke Makkah. Ini seakan metode otodidak yang dilakukan oleh mayoritas masyarakat Indonesia.

Namun berkat ketekunannya dalam mempelajari tata cara dan metode pelaksanaan ibadah haji dan umrah, segalanya ketika berada di Makkah terasa begitu mudah dilakukan. Mulai dari syarat dan rukun haji dan umrah bisa dilaksanakan dengan baik. Itu tak lain berkat kerajinannya untuk belajar pra-keberangkatan berhaji ke tanah suci Makkah. Ada banyak hal agar ibadah haji atau umrah tidak sia-sia dilakukan. Yaitu dengan memperbanyak bacaan-bacaan doa dan dzikir.

Terkadang para jamaah haji merasa bingung ketika akan menghadapi pelaksanaan ibadah haji atau umrah. Mereka bingung doa dan dzikir semacam apa yang mesti dibaca dan kapan waktunya yang tepat serta di mana harus membaca doa atau dzikir tersebut. Melalui buku ini, para calon jamaah haji bisa mempelajari sendiri tanpa harus menunggu pemandu sebagai pembimbing. Di antara doa yang harus diketahui dan dihafal oleh calon jemaah haji yaitu doa ketika sedang melaksanakan ibadah haji dan umrah (Hal 14).

Tidak semua orang tahu jenis dan macam doa yang cocok dibaca ketika sedang melaksanakan ibadah haji atau umrah. Tak jarang pula bakal calon jamaah haji belajar pada kiai dan kepada mereka yang telah melaksanakan ibadah haji atau umrah. Sebenarnya memang tak ada salahnya membaca sembarang doa asal untuk kebaikan hidup ini. Namun, setidaknya doa atau dzikir yang terucap ketika melaksanakan ibadah haji atau umrah sesuai dengan konteks dan situasinya. Karena tak mungkin membaca doa masuk ke toilet ketika makan.

Berbagai macam doa dan dzikir memang mudah dipelajari dari orang yang telah paham dan ahli bahkan dari internet bisa ditemukan. Namun, lebih lengkap dan praktis dengan tata cara serta metode yang ditawarkan oleh buku ini. Bukan hanya sembarang doa ketika berhaji atau berumrah. Namun juga ada doa yang memang mengharapkan agar mampu lagi untuk melaksanakan ibadah haji yang kesekian kalinya pada tahun-tahun berikutnya. Dan doa yang terucap ketika berada di tanah suci inilah mudah untuk dikabulkan oleh Allah Swt. (Hal. 8). Maka dari itu, ketika berada di Makkah kesempatan demikian harus digunakan sebaik mungkin untuk memanjatkan doa kepada Allah Swt.

Selain doa dan dzikir yang diasajikan di dalam buku ini, juga diulas mengenai tatacara pelaksanaan haji dan umrah. Misalkan tentang macam ibadah haji seperti haji tamattu’, qiran, dan ifrad. Ketiga macam haji tersebut memiliki cara masing-masing. Haji tamattu’ yaitu dengan mendahulukan ibadah umrah daripada berhaji. Haji tersebut bagi mereka yang tidak membawa hewan qurban. Haji ifrad yaitu haji yang mendahulukan ibadah haji, lalu berumrah. Ini khusus mereka yang membawa qurban. Haji qiran yaitu penggabungan antara ibadah haji umrah dan haji (Hal. 113).

Begitulah kiranya sehingga buku ini cocok dan layak dibaca oleh para calon jamaah haji. Kumpulan doa dan dzikir untuk para calon jamaah haji dan umrah ini cukup memberikan sumbangsih bagi mereka yang ingin menyempurnakan ibadah haji dan umrahnya dengan berbagai ritual yang bermakna, yaitu dengan doa dan dzikir yang relevan. Selain berisi tentang doa dan dzikir untuk ketika sebelum, akan, sedang dan setelah melaksanakan ibadah haji atau umrah, buku ini juga menyajikan tatacara berhaji dan berumrah dengan benar.

* Peresensi Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Fakultas Adab IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Hp                               : 087866119361

 E-Mail                        : john_gapura@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: