Mengenal Lebih Dekat Kehidupan Imam Malik

Santri News: Selasa, 09 Juli 2013

Cover Biografi IMAM MALIK Kisah Perjalanan dan Pelajaran Hidup Sang Imam Madinah (Junaidi Khab)

Cover Biografi IMAM MALIK Kisah Perjalanan dan Pelajaran Hidup Sang Imam Madinah (Junaidi Khab)

Judul               : Biografi IMAM MALIK Kisah Perjalanan dan Pelajaran Hidup Sang Imam Madinah

Penulis             : DR. TARIQ SUWAIDAN

Penerbit           : zaman

Cetakan           : I, 2012

Tebal               : 374 Halaman

ISBN               : 978-979-024-219-7

Peresensi         : Junaidi Khab*

Umat Islam memiliki empat imam madzhab yang sangat terkenal dalam masalah mu’amalat atau dalam persoalan fikih dan jual-beli dan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan. Di antaranya ada madzhab imam ibnu Hambal, imam Ahmad, imam Malik, dan imam Syafi’i. Mereka memiliki peran dan kontribusi dalam melakukan pemikiran tentang hal-hal yang berkaitan dengan kemaslahatan umat manusia.

Sementara mereka memiliki pendapat-pendapat yang berbeda dalam menentukan suatu hukum. Itu semua dikarenakan memang semua pemikirannya berdasarkan pada pendapat mereka pribadi mengenai suatu firman atau sabda. Selain itu pula, perbedaan mereka dalam menentukan suatu hukum didasarkan pada suatu tatanan masyarakat yang berupa budaya dan tradisi yang berlaku di dalamnya.

Maka dari itulah kita perlu mengetahui tentang masing-masing biografi dan latar belakang imam-imam tersebut agar kita juga memahami dari sudut pandang mana masing-masing imam memandang suatu firman dan ayat sehingga menghasilkan hukum yang berbeda pula. Namun, meskipun mereka memiliki pendapat yang berbeda, tujuannya untuk kemaslahatan umat dan menuju pada kebaikan, kerukunan, dan ketenteraman bersama untuk menggapai persatuan. Dalam pembahasan kali ini kita akan terfokus pada penelusuran tentang kehidupan imam Malik yang sangat terkenal dengan kitab al-Muwattha’-nya.

Di dalam buku ini disebutkan bahwa imam Malik ibnu Anas adalah seorang imam yang masyhur, pemilik akal yang sempurna, dan seorang mulia yang paling pandai di zamannya. Ia bernama lengkap Abu Abdullah Malik ibn Anas ibn Malik ibn ‘Amar ibn al-Harits. Nasabnya berpangkal dari Ya’rub ibn Yasjub ibn Qahthan al-Ashbahi.

Malik ibn Anas dilahirkan pada tahun 93 Hijriah di Madinah al-Munawwarah. Sejak kecil, ia sudah dikenal memiliki bakat keilmuan yang tinggi. Bapaknya, pamannya, dan kakeknya, semuanya adalah para ulama. Sedangkan asal keluarga imam Malik adalah penduduk asli Yaman yang hijrah ke kota Madinah dan menetap di sana hingga terlahirlah imam Malik sebagai sosok imam umat Islam di Madinah dan secara umum di seluruh dunia (Hal. 32-33).

Begitulah keagungan sang imam umat Islam hingga ia diakui oleh banyak kalangan tentang kecerdasannya ketika mengambil dan memutuskan suatu hukum. Tanda-tanda dan kelebihan untuk menjadi seorang imam yang besar sudah kelihatan sejak masa kecilnya. Pada masanya itu setelah dewasa memang banyak ulama yang memiliki kecerdasan dan keahlian dalam bidang ilmu tertentu. Namun, keuletan dan keluwesannya dalam mengambil kesimpulan suatu hukum itulah yang menjadi perbedaan hingga ia memiliki banyak murid dan pengikut yang siap menyebarkan ilmu dan pemikirannya ke berbagai penjuru negeri.

Adapun sifat yang dimiliki imam Malik adalah zahid. Dia merupakan sosok zahid yang memiliki perspektif berbeda dengan ulama-ulama yang lain. Di anatara para ulama ada yang mengartikan zuhud cenderung pada orang yang mengenakan pakaian-pakaian yang harganya murah, bahkan harus berpenampilan seperti orang miskin dan compang-camping. Inilah yang rata-rata terlihat di kalangan zahid. Sementara, dalam kezuhudan imam Malik, dia tidak seperti mereka. Imam Malik tetap mengenakan pakaian yang mewah-mewah. Itu semua karena alasan bahwa orang disebut zuhud jika dunia tetap berada di tangannya dan bukan di hatinya. Dan jika kekayaannya itu baik bertambah ataupun berkurang ia tidak akan bersedih (Hal. 100-108).

Sang imam memiliki interpretasi yang sangat berbeda tentang pengertian zuhud. Perbedaan ini menjadi perbandingan bagi kita untuk memilah dan memilih mana yang perlu kita ikuti dan mana yang perlu kita tinggalkan. Kita diberi kebebasan dalam menganut ajaran dan paham salah satu imam yang empat termasuk di antaranya imam Malik. Perbedaan tersebut akan menjadi sumber hukum bagi kita menjalani amaliyah sehari-hari agar terhindar berbagai kekeliruan dan kesesatan hingga pada kerusakan.

Pada halaman 368-369 hanya disebutkan bahwa imam imam Malik wafat pada usia 92 tahun. Ini sedikit rancu tentang kepastian tahun wafatnya sang imam. Namun jika kita lihat dari tahun lahirnya dan kita tambahkan dengan usia yang dijalaninya, maka imam Malik wafat sekitar pada tahun 185 Hijriah. Mungkin dalam pembahasan tentang wafatnya sang imam ini memang sedikit terdapat kerancuan. Namun meskipun demikian, buku ini memberikan gambaran yang cukup luas dan bisa menambah wawasan kita tentang kehidupan imam Malik dan jalan pemikirannya.

Beberapa kisah tentang kehidupan imam Malik ditata dengan rapi dan berkesinambungan di dalam buku ini. Mulai sejak kelahiran, perjuangan, dan beberapa ajarannya hingga ia meninggal dunia diulas secara runtut. Imam malik merupakan sosok panutan umat Islam di dunia dalam kerangka pikir, mengambilan keputusan, dan dalam menjaga kemaslahatan umat melalui hukum-hukum Islam yang benar menurut perspektif pemikirannya yang didasarkan pada al-Qur’an dan al-Hadits. Sehingga untuk mengetahui asal-usul imam Malik menjadi hal yang sangat penting bagi kita semua sebagai umat Islam. Ini salah satu buku yang menyajikan tentang kehidupan imam Malik sebagai imam umat Islam di dunia.

* Peresensi adalah Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Fakultas Adab IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Hp                               : 087866119361

E-Mail                         : john_gapura@yahoo.com

Facebook                 : Junaidi Khab ( john_khab@yahoo.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: