Mengenal Eksotisme Kekayaan Alam Indonesia

Rima news: Tuesday, 09/07/2013 – 07:23 WIB

Cover Info Lengkap Traveling Nusantara Seabrik Pilihan Lokasi Wisata dan Info Transportasi serta Akomodasinya (Junaidi Khab)

Cover Info Lengkap Traveling Nusantara Seabrik Pilihan Lokasi Wisata dan Info Transportasi serta Akomodasinya (Junaidi Khab)

Judul               : Info Lengkap Traveling Nusantara Seabrek Pilihan Lokasi Wisata dan Info Transportasi serta Akomodasinya

Penulis             : Nisrina Lubis

Penerbit           : FlashBook

Cetakan           : I, Mei 2013

Tebal               : 248 Halaman

ISBN               : 978-602-7933-89-7

Peresensi         : Junaidi Khab*

Ada sebuah anekdot dan ini ungkapan orang Bali tulen. Bli Madi mengatakan: “Indonesia ini tidak terkenal bagi negara-negara di dunia. Ketika seorang turis yang pernah berkunjung ke pulau Dewata – Bali – mereka ditanya tentang negara Indonesia, mereka bilang tidak tahu. Jika ditanya pulau  Bali, mereka menjawab sudah beberapa kali berkunjung ke sana untuk menikmati keindahan alamnya”. Sungguh ironis sekali Indonesia. Ia tidak dikenal dari sisi pemerintahannya, namun ia dikenal dari sisi alamnya dengan panorama yang begitu menakjubkan.

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang kaya raya kekayaan alamnya. Tak mengherankan jika banyak bangsa asing yang ingin menjajahnya. Mulai penjajahan secara langsung maupun secara tidak langsung. Begitu pula dengan panoramanya yang begitu memukau berbagai negara asing. Bangsa asing banyak yang menghabiskan waktunya dalam rangka liburan hanya untuk menikmati panorama dan pemandangan alam di Indonesia.

Namun sayang, meski kita sebagai orang Indonesia tulen, jarang sekali kita berkunjung ke tempat-tempat yang sanat indah dan menakjubkan itu. Kita sebagai penduduk pribumi kalah jauh dengan warga negara asing yang berwisata ke Indonesia. Panoramanya sudah terlebih dahulu dinikmati oleh orang asing, sementara kita, tempatnya saja tidak tahu apalagi mengunjunginya. Sangat eman sekali.

Maka dari itu, kehadiran buku ini mengajak masyarakat Indonesia untuk mengenal lebih jauh dan lebih banyak objek wisata alam Indonesia agar tak lengah dan buta terhadap kekayaan nusantara ini. Misalkan saja objek wisata Cisolok di kabupaten Sukabumi. Di sana ada Mata Air Panas Cisolok yang digemari para wisatwan dalam negeri maupun luar negari. Air itu memancar tinggi karena tekanan dari dalam bumi. Selain itu pula, air di daerah ini sangat panas. Terbukti jika kita mencelupkan telur mentah ke air sungai tersebut, beberapa menit saja telur itu akan matang (Hal. 15).

Sungguh hak yang sangat menakjubkan. Wisata alam Indonesia bukan hanya berupa pantai-pantai yang terdapat di pinggir laut. Bukan pula hanya berupa kesenian lokal dan budaya-budaya yang memikat perhatian dunia. Namun, tempat-tempat wisata yang menakjubkan di negeri ini cukup banyak dan bisa dikunjungi kapan saja oleh warga Indonesia sendiri dan lebih-lebih oleh warga negara asing.

Bukan hanya tempat wisata yang berupa air panas di Indonesia. Namun juga ada banyak danau yang keindahan alamnya begitu memukau hati pengunjungnya. Danau Toba. Danau tersebut merupakan salah satu danau terbesar di dunia dan juga terpopuler di Indonesia. Di tengah danau tersebut terdapat pulau Samosir yang berada pada ketinggian 1000 mdpl. Di danau tersebut pernah terjadi letusan begitu dahsyat dan memuntahkan bebatuan dan abu vulkanik hingga sejauh 2000 km. Hal itu yang menyebabkan langit menjadi gelap hingga dua minggu. Letusan tersebut akhirnya membentuk kawah gunung berapi yang besar dan kemudian terisi air. Tekanan magma dari perut bumi akhirnya membentuk palau Samosir (Hal. 70).

Keindahan alam Indonesia sudah tidak dapat kita ragukan lagi. Kekayaan alam tersebut patut kita banggakan dan kita syukuri sebagai anugerah dari Tuhan yang terindah. Meski kita tidak sempat mengunjungi berbagai tempat wisata satu per satu di negeri ini, melalu buku ini kita sudah cukup luas melihat alam Indoensia yang kaya raya ini. Namun setidaknya kita sebagai warga negara Indonesia tulen setidaknya mengenal letak geografis dan cara sampai ke tempat-tempat wisata tersebut.

Dalam buku ini disajikan sekitar 110 tempat wisata alam yang ada di Indonesia. Mulai dari tempat wisata air panas, air terjun, danau, gunung, pantai, pulau, sungai, dan taman laut. Delapan bagian objek wisata ini diilustrasikan dengan bahasa lugas, renyah, dan enak dibaca. Serta diberikan beberapa ilustrasi berupa gambar panorama yang mesti diketahui oleh pembaca.

Melalui buku ini kita akan diajak mengenal dan menjelajah tempat wisata sebagai kekayaan alam Indonesia. Kumpulan-kumpulan tempat wisata dan panduannya dalam menempuh perjalan menuju tempat-tempat wisata di Indonesia ditulis cukup menarik. Sehingga kita seakan-akan berada di sana. Meski buku ini hanya berupa catatan perjalanan pribadi, namun cukup memberikan sumbangsih cakrawala dan wawasan yang luas mengenai kekayaan wisata di Indonesia. Sayangnya, buku ini ditulis hanya berdasar pada pengetahuan penulis ketika berkunjung ke tempat wisata tertentu. Tidak semua tempat wisata ditulis di dalam buku ini. Tetapi, meski hanya sebagian dari beribu tempat wisata di Indonesia yang ditulis, buku ini layak diapresiasi dan dipelajari karena telah mampu menghadirkan hal-hal yang juga kita belum sempat mengunjunginya meski di negeri sendiri.

* Peresensi adalah Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Fakultas Adab IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Hp                               : 087866119361

 E-Mail                        : john_gapura@yahoo.com

Facebook                 : Junaidi Khab (john_khab@yahoo.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: