Menginspirasi Kepemimpinan dari Orang-Orang Besar

Madura Channel: Senin, 01 Juli 2013 10:53

Cover Stories of Great Leader (Junaidi Khab)

Cover Stories of Great Leader (Junaidi Khab)

Judul               : Stories of Great Leader

Penulis             : Ahmad Zulkifli

Penerbit           : ONCOR

Cetakan           : I, 2012

Tebal               : xii + 340 halaman

ISBN               : 978-602-97853-9-5

Peresensi         : Junaidi Khab*

Menjadi sosok pemimpin yang arif, bijak, dan adil sangat sulit untuk dilakukan. Naluri manusiawi selalu muncul dalam tiap tindakan untuk selalu berpikir individualis dan hedonis. Seorang pemimpin bijak akan selalu memandang setiap langkah dan tindakannya untuk kepentingan rakyat dan dirinya. Tidak serta merta hanya melakukan sesuatu hanya atas kehendak dan kepentingan pribadi. Lebih dari itu, seorang pemimpin akan mampu menghipnotis seluruh wilayah kekuasaannya jika ia mampu menjalankan wewenang dan tugasnya dengan langkah yang arif, bijak, dan adil.

Bukan untuk menggurui dengan kehadiran buku ini. Tetapi, kita diajak untuk menginspirasi dan memotivasi diri para pemimpin besar pada masa lalu yang diejawantahkan oleh lukisan sejarah dengan sikap arif dan bijaknya mereka mampu memimpin rakyatnya menuju jalan terang benderang di belukar rumput keadilan dan kesejahteraan. Perlu kita tahu bahwa ada empat hal yang akan menjaga dunia dari kerusakan: yaitu ilmnya orang-orang bijak, keadilan para penguasa, kemurahan hati orang kaya, dan doa orang yang tertindas (Hal. 2).

Ungkapan tersebut diucapkan oleh sosok pemimpin besar Islam, yaitu nabi Muhammad Saw. Sudah barang tentu, empat hal tersebut merupakan hal langka yang petut dikembangbiakkan dalam membangun suatu pemerintahan guna menciptakan wilayah kepemimpinan yang kondusif dan sejahtera. Lihat saja di Indonesia, banyak kerusakan yang berupa problematika sosial seperti korupsi, kasus papua yang menjadi ladang orang-orang borjuis, dan kasus-kasus mengerikan lainnya. Itu tak lain cermin dari ketidakadilan penguasa kita dalam menentukan keseimbangan antara hak dan kewajiban yang semestinya diperoleh oleh rakyat.

Namun dengan tegas dan jelas buku ini memotivasi dan menginspirasi kita untuk menjadi sosok pemimpin yang arif, bijak, dan adil dalam menentukan langkah-langkah yang harus ditempuh. Sekitar ada 50 (lima puluh) pemimpin besar (the great leader) dunia yang patut dijadikan sebagai motivasi dan inspirasi. Orang pertama yang patut menjadi inspirasi dan motivasi hidup yaitu nabi Muhammad Saw. kemudian Yesus yang dalam agama Islam dikenal dengan nama nabi Isa. Sosok pemimpin seperti mereka memiliki nilai kepemimpinan yang adil dan bijak dalam mengayomi rakyat dan pengikutnya (Hal. 2 dan 6).

Itu mungkin yang bisa mengekalkan kehidupan seorang Muhammad dan seorang Matius dalam coertan sejarah di berbagai momen-momen penting layaknya seminar dan kajian-kajian ilmiah lainnya. Sifat kepemimpinannya yang arif dan bijak itu mengantarkannya menuju kekalan hidup dan terus dikenang oleh para pengikut dan rakyatnya pada masa itu, dan bahkan orang kontemporer sekalipun pada saat ini turut mengacungi jempol atas keberhasilan kepemimpinannya.

Bukan hanya Muhammad, Yesus, dan Umar bin Khattab yang diulas tuntas sebagai tokoh yang memberikan teladan, inspirasi, dan motivasi dengan kepemimpinan yang lebih mengutamakan kesejahteraan rakyatnya. Namun hal itu sebagai pemantik saja. Lebih dari itu. Banyak pemimpin besar dengan pemikiran kepemimpinannya mampu menghipnotis dunia. Sudah dikutip di bagian pertama tulisan ini ada sekitar 50 pemimpin besar yang memiliki taring yang sangat tajam. Seperti Soekarno (Indonesia), Geroge Washington (Amerika Serikat), Kaisar Hirohito, dan Bill Gates yang mampu mensejahterakan masyarakat dunia melalui microsoft-nya. Benjamin Franklin yang telah mampu melayani masyarakat dunia dengan penangkal petirnya.

* Peresensi adalah Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Fakultas Adab IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Hp                               : 087866119361       

E-Mail                         : john_gapura@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: