Mengenal Islam Melalui Bahasa Inggris

 Santri News

Jum’at, 28 Juni 2013 | 19:33

Cover English For Islamic Studies Untuk Perguruan Tinggi Islam Negeri dan Swasta (Junaidi Khab)

Cover English For Islamic Studies Untuk Perguruan Tinggi Islam Negeri dan Swasta (Junaidi Khab)

Judul               : English For Islamic Studies Untuk Perguruan Tinggi Islam Negeri dan Swasta

Penulis             : Dr. Kardimin, M.Hum.

Penerbit           : Pustaka Pelajar

Cetakan           : I, Juni 2013

Tebal               : 402 halaman

ISBN               : 978-602-229-185-5

Peresensi         : Junaidi Khab*

Mayoritas penyampaian mengenai hal-ihwal ajaran dan pemahaman tentang agama Islam memakai bahasa Arab. Selain itu pula, memahami memakai buku atau kitab yang berbahasa Indonesia agar lebih mudah dalam memahaminya. Namun, kali ini kita bisa memahami tentang Islam dan hal-hal yang terkait dengan dunia Islam melalui ulasan Kardimin di dalam buku ini. Keberadaan Islam tidak serta merta disampaikan melalui bahasa orang Arab saja, atau memakai bahasa Indonesia. Namun, lebih dari itu, orang yang ingin tahu tentang Islam juga ada yang dari orang yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa nasionalnya bahkan dalam dunia internasional.

Selain itu, bahasa Inggris sebagai bahasa internasional kiranya juga memberikan andil cukup bagus dalam menyebarkan ajaran dan perihal tentang agama Islam. Karena ketika ajaran Islam ditulis dalam berbagai bahasa, maka secara jelas ajarannya bisa dinikmati oleh orang-orang yang memahami bahasa itu saja. Namun, jika ajaran Islam disampaikan dalam bentuk bahasa Inggris yang diakui dunia internasional, maka semua orang akan mampu memahaminya. Baik oleh orang pribumi Indonesia sendiri, dan atau oleh negara-negara luar yang ingin memahami tentang dunia Islam.

Jarang sekali kita menemukan buku literatur yang mengulas ajaran Islam menggunakan bahasa Inggris. Buku inilah yang akan mencoba untuk mengurai dan menyampaikan perihal ajaran agama Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam. Misalkan mengenai iman, pemaknaan iman dari bahasa asalnya – bahasa Arab – difleksibelkan dengan bahsa Inggris dengan terjemahan yang cukup akurat memudahkan orang yang paham bahasa Inggris untuk mengenal lebih jauh tentang Islam dan hal-hal yang berkaitan dengan agama Islam. Bukan alasan lagi Islam tidak bisa dijamah oleh masyarakata dunia ketika sudah disampaikan dalam bentuk bahasa Inggris (Hal. 14).

Istilah Islam bukan lagi milik orang Arab atau orang yang berbau Arab. Namun, Islam milik mereka yang ingin mengenal dan mengaplikasikan ajaran dan doktri-doktrinnya dalam kehidupan ini. Karena ada yang beranggapan bahwa Islam itu identik dengan kearaban. Sehingga di Indonesia ada golongan yang menginginkan NKRI menjadi negara yang berbau Arab. Setidaknya menjadi Islam tidak menjadi Arab. Namun yang diharapkan dalam Islam, yaitu hidup damai antar sesama manusia.

Sungguh hal yang perlu kita acungi jempol. Buku ini menyajikan pemahaman tentang Islam dalam bentuk bahasa Inggris. Siapapun bisa memahaminya. Bukan hanya orang Inggris tulen atau orang Indonesia yang paham bahasa Inggris saja. Namun, dunia internasional pun bisa memahami dunia Islam beserta doktrinnya melalu ulasan renyah di dalam buku ini. Perihal Islam yang diulas misalkan: tentang Islam, al-Qur’an, Haji, para malaikat, kehidupan akhirat, para nabi, zakat, dan hingga sampai pada pembahasan tentang pernikahan, sholat istikhoroh, serta perceraian. Semuanya tersaji dengan struktur kalimat yang jelas dan mudah dipahami. Selain itu pula, buku ini disertai dengan pertanyaan sebagai bahan evaluasi mengenai pemahaman para pembaca tentang dunia keislaman.

* Peresensi adalah Wakil Direktur Gerakan IAIN Sunan Ampel Menulis (Gisam) IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Hp                               : 087866119361       

E-Mail                         : john_gapura@yahoo.com

Bisa dikunjunig di: http://www.santrinews.com/Buku/406/Mengenal-Islam-Melalui-Bahasa-Inggris

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: