Menjadi Orang Kaya dengan Bisnis Toko Online

Radar Seni: Published On Saturday, June 22, 2013 By admin.

Cover Sukses Bisnis Toko Online Trik Melipatgandakan Pasar untuk Meraup Untung Lebih Besar (Junaidi Khab)

Cover Sukses Bisnis Toko Online Trik Melipatgandakan Pasar untuk Meraup Untung Lebih Besar (Junaidi Khab)

Judul               : Sukses Bisnis Toko Online: Trik Melipatgandakan Pasar untuk Meraup Untung Lebih Besar

Penulis             : Anang Y. B.

Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama

Cetakan           : I, 2010

Tebal               : 194 halaman

ISBN               : 978-979-22-6169-1

Peresensi         : Junaidi Khab*

Keberadaan dunia internet di lingkungan masyarakat awam dan kontra-internet, internet merupakan tempat penipuan dan hanya membuang-buang waktu saja. Sehingga sebagian dari mereka enggan untuk memanfaatkan internet itu sendiri dengan berbagai fasilitas dan aksesoris yang telah disediakan. Padahal jika mereka mau memandang dengan dua mata terhadap internet, tentu akan melihat dan menemukan banyak manfaat dari internet. Bukan secara serta merta internet itu memberikan pengaruh negatif bagi manusia, namun juga memberikan pengaruh dan manfaat positif bagi manusia, tergantung yang memanfaatkannya. Misalkan untuk berjualan di internet karena yang mengakses cukup banyak, maka sangat mudah memasarkan berbagai macam barang dagangan di internet, dan hal ini bisa dilakukan di rumah tanpa intervensi orang lain.

Mimpi kerja di rumah tanpa bos (orang lain), leluasa mengatur jam kerja tanpa pelototan atasan, sesuka hati mencari rezeki, plus kata-kata sakti semisal “kebebasan finansial” menjadi pemicu banyak orang nekat banting setir kerja di rumah. Tak Cuma para pengangguran yang menceburkan diri ke kuadrad kanan, mengadu untung untuk menjadi business owner serta investor, pekerja kantoran pun ada saja yang nekat meninggalkan bos-bos mereka. Menjadi karyawan tidak lagi trendi (Hal. 3).

Melalu internet kita akan memiliki usaha independen tanpa diatur oleh orang lain. Karena pada substansinya orang yang bekerja itu tidak bebas dalam melakukan suatu hal. Masih ada bos yang mengatur. Itu pun kalau bos tidak kejam. Coba kalau kejam? Kita akan diperlakukan seenaknya. Namun, kini sudah ada sarana baru dalam usaha menjadi orang sukses dalam memperoleh penghasilan. Yaitu memanfaatkan internet sebagai toko online untuk mempromosikan barang-barang yang akan kita jual. Internet sangat mendukung hal tersebut, karena pengakses internet sangat luas, bahkan orang seluruh dunia akan tahu pada barang yang kita tawarkan via internet.

Toko online memajang barang dan terkadang jasa layaknya toko kelontong di sekitar kita. Bedanya, pemilik online memajang dalam bentuk gambar, video, dan katalog digital lewat internet. Toko online yang dibuat full otomatis mampu mengelola transaksi secara otomatis pula, termasuk membuat tagihan yang akan terkirim ke alamat e-mail pembeli. Pemilik toko online wajib membuat pengunjung betah melihat-lihat barang. Betah dalam pengertian ini situs dengan akses mudah, loading time pendek, serta struktur kategorisasi barang simpel, informatif, eye-catching (Hal. 18).

Tentu ada hal yang berbeda dengan toko-toko atau warung-warung yang berjualan berbagai macam barang dagangan. Di internet hanya berupa gambar sebagai sampelnya, beda dengan di warung-warung yang berupa barang nyata. Namun meskipun hanya berupa gambar dari sampel baragn dagangan tersebut pasar online di internet cukup memberikan peluang dagangan laku laris daripada di warung-warung. Selain bisa dilakukan di mana-mana melalu alat-alat canggih zaman sekarang yang sudah maju dengan berbagai peraltan elektro kemoderenan, toko online memberikan kemudahan kepada konsumen dan pedagang dalam melakukan transaksi.

Pada tahun 1980, belanja online secara luas digunakan di Inggris dan beberapa negara di daratan Eropa. Seperti Prancis yang menggunakan belanja online untuk memasarkan Peugeot, Nissan, dan General Motors. Indonesia pun masuk ke pusaran demam toko online. Kini sangat mudah melakukan transaksi pembelian barang dan jasa di internet. Sebut saja membeli pulsa, belanja alat sablon, memborong buku, memesan kado, hingga melakukan kegiatan seperti membayar kartu kredit, tagihan listrik dan telepon, semua bisa dilakukan lewat jejaring internet (Hal. 19).

Apalagi sekarang dunia kita sudah berada di bawah kendali internet. Sehingga sangat memungkinkan usaha bisnis online akan menjadi tren baru di Indonesia setelah sekian lama Indonesia hanya sebagai konsumen kemajuan yang datangnya dari Barat. Namun tak salah kiranya jika memanfaatkan buku ini untuk mempelajari bisnis online di internet pada masa sekarang. Karena mayoritas publik sekarang sudah terbiasa dengan dunia internet melalui ponsel, tablet, ipad, iphone, dan berbagai kecanggihan elektro modern kekinian pada saat ini.

Sebagaimana disebut di dalam buku ini pula bisnis toko online bisa di lakukan di berbagai media online yang sudah disediakan oleh para ilmuwan. Misalkan melalu website, blog, ataupun facebook yang kata orang-orang sebagai dunia kejahatan. Namun bagi dunia semacam itu kita cukup memandang dari sisi positifnya agar semangat dan kemaksimalan memanfaatkan media online tersebut benar-benar bisa kita rasakan. Bisnis di facebook bisa dilakukan via akun pribadi, via group, marketplace, notes, iklan, aplikasi, dan berbagai fitur-fitur yang sudah disediakan (Hal. 142-150).

Buku Sukses Bisnis Toko Online: Trik Melipatgandakan Pasar untuk Meraup Untung Lebih Besar ini kiranya dapat menjadi pedoman bagi pembaca untuk melakukan bisnis online, khususnya di DinoMarket, dan berbagai situs online di internet pada masa sekarang ini dengan lebih maksimal guna mendapatkan keuntungan yang lebih besar daripada bisnis di warung yang harus menjaga tokok setiap hari bahkan dua puluh empat (24) jam menahan kantuk.

* Peresensi adalah Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Fakultas Adab IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Hp                               : 087866119361       

E-Mail                         : john_gapura@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: