Menyingkap Rahasia Umur Panjang

Cover Buku Junaidi Khab

Cover Buku Junaidi Khab

Judul               : Ternyata, Sibuk Dapat Memperpanjang Usia

Penulis             : Ibnu Tawi

Penerbit           : FlashBooks

Cetakan           : I, 2012

Tebal               : 156 Halaman

ISBN               : 978-602-255-017-4

Peresensi         : Junaidi Khab*

Jika dilihat dari sisi naluriah, tidak ada seorangpun yang ingin memiliki usia pendek hidup di dunia ini. Mayoritas mereka ingin hidup berlama-lama menjalani rotasi bumi dari siang hingga malam. Apa yang menjadi keinginan di dunia bisa diperoleh dengan panjangnya usia tiap-tiap individu. Namun apa daya, kita kita memiliki kekuatan apa-apa ketika diukur dengan kekuasaan dan kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa.

Hidup kita sebagai manusia masih ada batasan-batasan tertentu meski terkadang ada yang mengatakan bahwa masih ada orang yang memiliki umur panjang. Hingga umur panjangnya itu dijadikan sebuah penelitian ilmiah oleh berbagai ilmuan di dunia khsusnya oleh para pakar ilmuan dari barat yang sangat menyukai penelitian-penelitian tantang suatu hal untuk menemukan suatu kebenaran.

Salah satu contoh manusia yang memiliki umur panjang yaitu Walter Breuning. Ia dinobatkan sebagai pria tertua di dunia pada 18 Juli 2009 oleh Buku Rekor Dunia Guinness. Pensiunan pekerja kereta api ini lahir pada 21 September 1896 di Melrose, Minnesota dan meninggal Jum’at, 15 April 2011 pada usianya yang ke-114. Pada saat perang dunia I pecah pada tahun 1914, usianya sudah 18 tahun. Salah satu yang menjadi rahasia penyebab Walter Breuning memiliki usia sampai 114 tahun, yaitu dia sering menyibukkan tubuh dan pikiran dalam menangani hal-hal yang positif dalam hidupnya (Hal. 41-54).

Itulah salah satu kegiatan yang pernah dilakukan oleh Walter Bruening di balik rahasia umur panjangnya. Penemuan rahasia Walter Bruening memiliki umur panjang ini berdasarkan pada temuan para ilmuan yang memang diakui sendiri oleh Walter Bruening. Dia memaparkan beberapa hal yang pernah dilakukannya selam hidupnya. Dengan demikian, para ilmuan menarik kesimpulan bahwa apa yang dipaparkan oleh Walter Bruening itu merupakan kunci dari rahasia di balik umur panjangnya. Ternyata berbuat baik dengan melakukan berbagai kesibukan dan berpikir tentang hal-hal yang positif dan mendatangkan manfaat bagi kehidupan mempengaruhi terhadap berlangsungnya usia yang kita miliki.

Untuk mempunyai umur lebih panjang, kita juga perlu menyibukkan pikiran terhadap hal-hal yang berbau nilai positif. Sebagaimana menyibukkan fisik, menyibukkan pikiran juga mempunyai banyak cara yang dapat kita lakukan. Hal ini mengingat aktivitas pikiran sangat banyak dan tidak bisa disebutkan satu per satu. Untuk itu, ada beberapa poin terpenting dari aktivitas pikiran yang bisa memberikan peluang umur panjang, misalkan membaca, mendengarkan, dan menulis (Hal. 89-114).

Pada masa usia tuanya Walter Breuning juga banyak melakukan aktivitas yang bisa menyibukkan pikirannya. Yang hal ini untuk menjaga ketsabilan fungsi organ tubuh agar tetap berfungsi dan tidak mati ketika kita sudah lanjut usia. Karena dengan berhentinya kegiatan yang menjadi berlangsungnya proses berpikir. Hal tersebut berpengaruh juga pada sistem berfungsinya organ-organ tubuh yang lainnya termasuk otak dan telinga sehingga mempercepat sistem kerusakan fungsi organ tubuh.

Riset 2011 dari lembaga sosial kesehatan mental menunjukkan, hampir sepertiga orang mendengarkan musik untuk memberikan semangat ketika sedang bekerja. Dan satu dari empat orang mengaku bahwa mereka mendengarkan musik saat perjalanan ke tempat kerja membantu mengatasi stres (Hal. 114). Sudah sangat jelas, dengan mendengarkan pula, rasa penat akan hilang. Sehingga beban yang menyebabkan stres hingga pada kematian dikarenakn isi pikiran terkontaminasi dari berbagai hal, terutama hal-hal negatif dan buru akan segera hilang dari pikiran kita. Maka, selain kita menyibukkan diri dengan aktivitas positif juga pikiran difungsikan dengan menyibukkannya untuk mendapatkan asupan pengaruh positif pula.

Dari sini, selain menyibukkan fisik dengan hal-hal yang positif, pikiran juga sangat mendukung dan memberi peranan penting dalam rangka memperpanjang umur manusia. Tidak jauh berbeda dengan kesibukan yang mesti dilakukan oleh pikiran, segalnya disibukkan dengan hal-hal yang positif. Sedikit banyak aktivitas yang bisa menfungsikan pikiran dengan beraktifitas yaitu dengan membaca. Membaca harus dengan ketangkasan dan kekonsenan agar apa kita lihat mampu idserab oleh otak hingga menjadi bahan pemikiran. Dengan demikian, pikiran akan disibukkan mengolah pesan dari hal yang dibaca untuk dijadikan bentuk yang real dalam kehidupan sehari-hari.

Kesibukan tidaklah segalanya bisa mempengaruhi panjang atau tidaknya umur seseorang. Akan tetapi ada beberapa kesibukan yang memang bisa memberikan peluang untuk hidup lebih lama dengan umur lebih panjang daripada manusia pada umumnya. Karena kita sadari bersama ada sebagian orang yang selalu sibuk dalam menjalankan aktifitas hidupnya mati secara mendadak. Setelah dilakukan otopsi penyebabnya adalah karena terlalu capek setelah melakukan pekerjaan yang super sibuk. Namun di dalam buku ini akan disajikan beberapa kesibukan yang akan memberikan peluang untuk memiliki umur lebih panjang. Selain itu pula, disajikan beberapa tips agar kita bisa mengendalikan pola hidup sehat yang juga bisa memberikan peluang untuk memiliki usia lebih panjang daripada manusia pada umumnya.

* Peresensi adalah Penikmat Buku di IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Hp                               : 087866119361

E-Mail                         : john_gapura@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: