Memotivasi Anak Didik dengan Permainan

Cover Buku Junaidi Khab

Cover Buku Junaidi Khab

Judul               : Koleksi Game Edukatif di Dalam dan Luar Sekolah

Penulis             : Iva Rifa

Penerbit           : FlashBook

Cetakan           : I, 2012

Tebal               : 240 Halaman

ISBN               : 978-602-7723-32-0

Peresensi         : Junaidi Khab*

Pendidikan merupakan hal yang mesti didapat oleh setiap individu dalam rangka menjadi insan sejati. Selain itu pula, pendidikan akan menentukan arah masa depan seseoarang. Jika pendidikan seseorang telah sempurna dan sesuai dengan kebutuhan dalam bidang keilmuan, maka kesempatan untuk hidup sejahterah akan mudah untuk diperoleh. Salah satu media penyedia dan penyalur pendidikan adalah sekolah, baik formal, non-formal, dan informal. Melalui sekolah-sekolah itulah berbagai macam pendidikan dan ilmu pengetahuan bisa didapat dengan mudah.

Dengan adanya sekolah-sekolah kita bisa menyerap ilmu pengetahuan dan mendapat didikan dari para guru. Pada intinya sekolah merupakan media penting dalam menggali kemampuan tiap-tiap individu dan mengembangkan berbagai bidang keilmuan secara terpadu, transparan, dan komprehensif. Namun terkadang sebagian individu tidak menyadari betapa pentingnya media sekolah untuk membangun peradaban pendidikan bangsa dan membina emosional tiap-tiap peserta didik agar memiliki ilmu dan moral yang mulia.

Ada pula yang merasa bosan dengan media sekolah yang prakteknya hanya itu-itu saja, tidak ada peruabahan dalam metode pembelajarannya. Sehingga banyak siswa dan mahasiswa yang enggan untuk mengikuti berbagai kegiatan sekolah atau kuliah di kelas. Yang mana hal itu semua dikarenakan tidak ada media yang bisa menarik perhatian dan statisnya cara guru-guru kita dalam mengajar.

Agar dunia pendidikan mengalami perkembangan dan hingga kemajuan, maka sebaiknya seorang guru atau dosen harus mampu memberikan hal-hal yang bisa menarik simpati para peserta didiknya untuk mengikuti proses belajar-mengajar di dalam kelas. Salah satunya yaitu dengan memberikan game (permainan) sebagai jedah dari kejenuhan selama dicekoki materi-materi pelajaran di dalam kelas. Perlu juga kita sadari ada sebagian orang yang mengatakan bahwa game hanya membuang-buang waktu belaka. Pendapat yang demikian merupakan pendapat yang hanya meliaht sebuah game dari sisi negatifnya. Namun jika kita melihat dari sisi positifnya, maka kita akan menemukan banyak manfaat dengan adanya mainan-mainan dalam kehidupan ini.

Manfaat game itu tidak akan terlepas dari fungsi game itu sendiri, baik secara pribadi maupun bagi orang lain, baik bagi guru maupun murid. Di antara manfaat game yaitu bisa melatih kemampuan motorik, melatih konsentrasi, kemampuan sosialisasi meningkat, melatih keterampilan berbahasa, menambah wawasan, mengembangkan kemampuan untuk problem solving, mengembangkan jiwa kepemimpinan, mengembangkan pengetahuan tentang norma dan nilai, dan untuk meningkatkan percaya diri (Hal. 14-21).

Pemanfaatan game dalam lingkungan sekolah, khususnya di dalam kelas dengan tujuan memberikan motivasi dan membebaskan kejenuhan peserta didik sangatlah dibutuhkan agar proses belajar-mengajar berjalan lancar dan sesuai dengan yang kita harapkan. Game merupakan salah satu media yang cocok untuk menghilangkan rasa jenuh di dalam agar belajar menjadi hal yang menyenangkan dan diminati oleh anak bangsa ini. Namun, game yang kita sajikan harus bersifat mendidik dan mengarah kepada hal-hal yang berhubungan dengan pelajaran di dalam kelas. Dari sanalah manfaat game akan ditemukan.

Berbagai game yang bermanfaat dan bisa mendukunga terhadap berlangsungnya proeses belajar-mengajar bisa kita temukan di dalam buku ini. Misalkan game tentang membagi kelompok, perkenalan, mata pelajaran sosial, mata pelajaran bahasa, mata pelajaran matematika dan sain, dan hingga game tentang untuk komunikasi dan mengasah imajinasi dan kreativitas (Hal. 41-235).

Memang banyak game yang sudah bermunculan bersamaan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) pada saat ini. Namun banyak pula yang membawa dampak negatif bagi kehidupan anak bangsa ini. Dengan adanya game mereka tidak rajin belajar, mereka hanya menghabiskan wkatunya dengan bermain game. Itu semua dikarenakan salah dalam mengaplikasikan dan memanfaatkan game dengan baik dan benar. Maka dari itulah sebagai pendidika harus mampu mengubah paradigma demikian dengan memanfaatkan media sekolah sebagai salah satu pengaplikasian game yang benar dan tepat agar memberikan dampak positif.

Bukan hanya persoalan dan berbagai macam game yang disajikan di dalam buku ini. Akan tetapi berbagai cara, manfaat, dan tujuan memainkan game diulas dengan rinci dalam tata bahasa yang mudah dipahami berbagai kalngan, baik guru maupun peserta didik. Sehingga memudahkan peserta didik dan pendidik untuk memahaminya. Game-game di dalam buku ini akan mengajarkan nilai-nilai pendidikan yang sangat berguna dalam merangsang pengembangan daya pikir dan cipta, serta bahasa agar siswa mampu menumbuhkan sikap sikap, mental, dan akhlak yang mulia dan baik perangai.

Tidak hanya itu, game-game dalam buku ini juga bisa meningkata kualitas pembelajaran, motorik, kognitif, afektif, dan sosial pada diri. Selain sangat mudah dimainkan, perlengkapan yang dibutuhkan oleh game edukatif ini juga mudah didapat. Dengan menerapkan game-game dalam buku ini kita akan menajdi guru yang mencerdsakan dan menyenangakan. Terkadang seorang guru kurang disenangi oleh para peserta didiknya sehingga mereka juga enggan untuk belajar dengan serius dan berssemangat. Maka dari itulah betapa sangat penting sebuah permainan di dalam kelas guna memancing semangat para peserta didik.

* Peresensi adalah Pemerhati Pendidikan di IAIN Sunan Ampel Surabaya dan Bergiat di Ponodk Budaya Ikon Surabaya.

Hp                               : 087866119361

 E-Mail                        : john_gapura@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: