Jangan Takut dengan Penuaan

Cover Buku Junaidi Khab

Cover Buku Junaidi Khab

Judul               : Antisipasi Gejala Penuaan Dini dengan Kesaktian Ramuan Herbal

Penulis             : Aryo Bogadenta

Penerbit           : BukuBiru

Cetakan           : I, 2012

Tebal               : 196 Halaman

ISBN               : 978-602-7695-12-2

Peresensi         : Junaidi Khab*

Mayoritas masing-masing individu ingin tampil lebih muda daripada yang lain. Dengan tampil muda kita akan semakin percaya diri dalam menghadapi berbagai ragam fenomena kehidupan. Dengan percaya diri itulah kita akan meraih kesuksesan dalam menempuh karir. Namun, perlu dicerna dengan baik bagaimana kita bisa tampil percaya diri yang selalu identik dengan tingkat usia muda yang memiliki peranan cukup banyak. Memang demikian, banyak orang yang tampil percaya diri karena dirinya merasa masih kuat dengan usia yang dianggapnya masih muda.

Akan tetapi, substansi manusia itu akan mengalami fase-fase tertentu dalam menjalani kehidupan di dunia. Mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa, dan hingga fase sebagai orang tua. Yang mana tingkatan umur itu tidak bisa diubah dengan apapun. Jika umur kita sudah tua, ya itulah faktanya yang tidak boleh kita ingkari fase-fase yang memang digariskan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Namun tidak ada salahnya jika kita hanya mengantisipasi percepatan usia tua dengan berbagai hal yang positif.

Dengan majunya ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) berbagai hal yang tidak mungkin seakan-akan bisa menjadi kenyataan yang sesungguhnya. Misalkan menunda penuaan dini dan mengubah bentuk rupa dengan istilah operasi plastik. Yang mana tujuan itu untuk mengubah rupa yang jelek menjadi bagus dan menampakkan kita sebagai orang yang muda meski usia kita substansinya sudah tua. Namun sayang, operasi plastik itu sangat mahal dan sulit dijangkau oleh kalangan menengah ke bawah. Selain itu pula dalam pandangan agama Islam operasi plastik diharamkan karena telah mengubah ciptaan Tuhan.

Menua atau menjadi tua adalah suatu proses menghilangnya kemampuan jaringan lunak untuk memperbaiki diri dan mempertahankan struktur serta fungsi normalnya secara perlahan-lahan, sehingga tidak dapat bertahan terhadap berbagai bakteri (termasuk infeksi) dan memperbaiki kerusakan yang diderita. Seluruh perubahan yang terjadi pada salah satu organ tubuh dari saat konsepsi sampai kematian ini, berhubungan dengan perubahan-perubahan positif, seperti pertumbuhan dan penyesuaian yang merupakan bagian dari penuaan (Hal. 16).

Penuaan dini sekan-akan menjadi hal yang menakutkan bagi masyarakat. Karena disadari atau tidak kita tidak menginginkan penuaan pada usia dini. Yang mana hal tersebut akan mempengaruhi kita ketika berinteraksi dengan orang lain. Rasa was-was dan kurang semangat dalam menjalani aktivitas hidup akan timbul ketika kita mengalami penuaan dini yang secara manusiawi kita tidak menginginkannya. Jika memang hal tersebut tidak kita inginkan, maka kita harus ada usaha dalam menunda dan lebih-lebih menyembuhkan dari penuaan dini yang sudah terlanjur terjadi.

Namun sebenarnya penuaan dini bukanlah problem yang mesti dijadikan bahan yang sangat krusial. Tetapi, yang terpenting adalah sejauh mana kita menumbuhkan semangat untuk terus berkarya dan berproses dalam menjalani kehidupan yang fana ini. Juga tidak salah jika kita melakukan penundaan penuaan dini dengan cara-cara yang normal dan alami yang tidak menyimpang dari kodrat Tuhan seperti melakukan operasi plastik. Selain opersi plastik dilarang oleh agama, biayanya juga sangat mahal.

Ada macam buah-buahan yang bisa menunda penuaan dini yang mengandung banyak antioksidan seperti burberry, acaiberry, avokad, jeruk bali, anggur merah, tomat, stroberi, kiwi, leci, manggis, dan pisang. Begitu pula harus diimbangi dengan mengonsumsi sayuran, makanan dan minuman yang mengandung antioksidan seperti brokoli, telur, dan yoghurt. Pijat wajah dan terapi serum dan beberapa terapi lainnya yang bergunan untuk menunda penuaan dini (Hal. 69-108).

Sering tidak disadari bahwa makanan yang bisa mencegah penuaan dini sering kita abaikan. Memang itu karena beberapa alasan tertentu menghindar dari makanan-makanan yang sebenarnya bisa mencegah terhadap penuaan dini. Mayoritas itu dikarenakan oleh suatu penyakit, misalkan alergi terhadap suatu makanan sehingga tidak makan yang menjadi penyebab alerginya. Padahal jika hidup kita tidak dimanja, maka alergi terhadap suatu makanan akan terhindarkan dan bisa memakan makanan yang sebenarnya mampu menunda penuaan dini dan bisa mengawetmudakan seseorang di antara kita.

Sebuah alternatif disajikan melalui ulasan rinci di dalam buku ini akan memberikan beberapa pendongkrak perubahan pada fase-fase penuaan dini. Terkadang usia muda, namun kita kelihatan seperti orang tua. Problem demikian bisa diselesaikan dengan beberapa antisipasi yang disajikan di dalam buku ini akan menjadi satu-satunya jalan untuk menunda penuaan dini dengan resep-resep yang bahan dasarnya terdiri dari bahan-bahan herbal alami. Selain itu pula dalam rangka menunda penuaan dini harus menghindari beberapa perilaku dan makanan yang bisa menyebabkan panuaan dini. Hal ini yang sangat penting dalam memelihara keremajaan baik dari usia dan dari segi bentuk kulit.

* Peresensi adalah Penikmat Buku di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya.

Hp                               : 087866119361

E-Mail                         : john_gapura@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: