Bersabar untuk Meraih Kesuksesan

Cover Buku Junaidi Khab

Cover Buku Junaidi Khab

Judul               : Hipno Sabar Cara Jitu Mengelola Emosi yang Membelenggu

Penulis             : Muhammad Irsyad

Penerbit           : Najah

Cetakan           : I, 2012

Tebal               : 172 Halaman

ISBN               : 978-602-7696-11-2

Peresensi         : Junaidi Khab*

Kesukesesan merupakan impian setiap insan. Manusia menjalani berbagai aktivitas tujuan utamanya adalah untuk meraih kesuksesan. Persepsi orang tentang sukses berbeda-beda. Sebagian mereka menganggap sukses jika telah memiliki harta yang melimpah. Ada pula yang beranggapan orang disebut sukses jika memiliki pangkat dan jabatan. Selain itu pula mereka menggap sukses apabila kita telah menempuh pendidikan ke jenjang yang tinggi hingga tertinggi. Mereka juga menganggap sukses jika kita telah merasa bahagia dengan kehidupan di dunia ini.

Begitulah kiranya apa yang menjadi persepsi tiap manusia tentang kesuksesan. Namun, pada intinya manusia dengan kesuksesan itu tujuannya untuk mencari kepuasan dan kebahagiaan baik di dunia dan lebih-lebih untuk bekal kelak ketika nyawa sudah dicabut. Disadari tau tidak, kesuksesan kadang yang diinginkan oleh manusia tidak mudah didapat bahkan sama sekali tidak pernah didapat. Menghadapi persoalan demikian, perlu kita cermati penyebab kegagalan hidup manusia dalam meraih kesuksesan.

Muhammad Irsyad (2012:82) mengatakan bahwa kita harus belajar dari kisah orang-orang sabar yang tersebar di mana saja, baik dari al-Qur’an maupun dari orang-orang yang berada di lingkungan sekitar. Selain itu pula belajar sabar dari program televisi akan memberikan masukan yang cukup memotivasi. Dengan melakukan hal ini, maka kita akan memperoleh perbandingan ketika menghadapi suatu masalah.

Bahkan setelah kita mendapat perbandingan, bisa saja kita beranggapan bahwa masalah yang sedang kita hadapi ternyata belum seberapa besarnya jika dibandingkan dengan masalah yang dihadapi oleh orang lain. Jika kita sudah bisa mengambil hikmahnya, kita sudah pasti akan berkata, “ternyata aku belum pantas berkeluh kesah. Akau harus terus maju.

Kita lihat saja kisah para nabi ulul ‘azmi yang diberi ujian paling besar oleh Allah Swt, dalam mengemban amanahnya mereka tetap bersabar terhadap ujian yang diberikan oleh Allah Swt. hinnga meraih kemenangan dan kesuksesan. Di antaranya yaitu nabi Muhammad, nabi Ibrahim, nabi Ismail, nabi Musa, dan nabi Nuh. Mereka yang berhasil dengan kekuatan kesabarannya.

Jika kita mengetahui tentang kisah-kisah inspiratif menghadapi kehidupan dengan sabar hingga mencapai ke puncak kesuksesan, maka setidaknya kita mampu meniru atau mengambil hikmah di balik kesuksesannya itu. Kesuksean bukanlah hal yang mudah diraih. Namun banyak rintangan yang perlu kita hadapi. Salah satu cara menghadapi rintangan itu harus dengan kesabaran yang utuh. Untuk meraih kesabarn itu juga sangat sulit. Maka dari itulah kita harus belajar bagaiaman mengendalikan emosi agar bisa bersabar mengahdapi berbagai persoalan hidup. Dengan demikian, Muhammad Irsyad mencoba untuk memberikan alternatif melalui hipno sabar guna meraih kesabaran untuk menuju kesuksesan.

Tidak sabar akan mengakibatkan diri kita terpancing emosi hingga marah. Jika kita marah, maka akan banyak berdampak buruk bagi kita sendiri. Di antaranya menyebabkan tekanan darah tinggi, hingga tidak mengherankan jika di negeri ini banyak mati mendadak karena serangan jantung, mudah letih, sulit tidur, depresi, terasing dari lingkungan, mengambil keputusan yang salah hal yang terkhir inilah yang akan sangat berbahaya terhadap masa depan kita sehingga perlu dihindari (Hal. 44-50).

Sungguh keadaan tidak sabar jika demikian akan mendatangkan dampak buruk bagi manusia dan menjauhkan dari kesuksesan. Sehingga sabar harus bisa dipertahankan sebisa mungkin. Terutama kita harus mampu menahan emosi agar tidak naik ke permukaan. Berbagai persoalan tidak akan berjalan dengan baik jika diatasai dengan penuh emosi tanpa mengedapankan kesabaran dalam menimbang segala sesuatu. Sehingga apa yang menjadi keputusan kita akan mendatangkan keraguan dalam pelaksanaannya.

Selain itu pula jika mengedepankan emosi dalam menghadapi segala persoalan hanya akan mendatangkan kebencian orang lain. Dari itulah perlu kiranya mempelajari tentang cara bersabar menghadapi berbagai susana hati yang hanya berdasar nafsu dan kehendak pribadi tanpa peduli terhadap kepentingan orang lain. Emosi identik dengan kepentingan pribadi tanpa memandang orang laing. Sedangkan hati identik dengan kesabaran demi memenuhi kebutuhan diri sendiri dan orang orang lain.

Junaidi Khab

Junaidi Khab

Buku sederhana ini akan membangkitkan emosional kita untuk menelusuri lebih mendalam cara-cara untuk bersabar yang bisa mengantarkan pada kesuksesan. Penjelasan tentang sabar dan hipnosabar akan diulas serinci mungkin untuk menambah wawasan kita tentang menjadi manusia yang penyebar tetapi independen tanpa harus disepelehkan oleh orang lain. Bahasa yang disuguhkan pun sangat mudah dipahami. Dan mengapa harus sabar yang menjadi kunci kesuksean manusia? Dari itulah sangat penting memahaminya dari dalam buku ini. Selain bahasanya mudah dipahami, disajikan pula beberapa dalil penguat yang mendukung kebenaran sabar itu akan memberikan efek berkah dan kesuksesan dalam menjalani kehidupan.

* Peresensi adalah Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Fakultas Adab IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Hp                               : 087866119361

 E-Mail                        : john_gapura@yahoo.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: