Menguak dan Mengaktifasi Kekuatan Otak

Junaidi Khab's Picture

Junaidi Khab’s Picture

Judul          : Mind Revolution

Penulis       : Ilhamuddin Nukman

Penerbit     : DIVA Press

Cetakan     : III, 2012

Tebal         : 274 Halaman

Peresensi   : Junaidi Khab*

Bagi manusia, ada malaikat—malaikat yang selalu mengikutinya, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Alah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia. (QS. Ar-Ra’du [13]: 11)

            Memang Allah mempunyai kekuatan untuk mengubah apa pun sesuai kehendak-Nya. Akan tetapi terlepas dari semua kuasa itu, manusia memiliki pilihan untuk menentukan masa depannya, kehidupannya, dan berusaha sebaik mungkin untuk mewujudkan semua harapan dan cita-citanya, menjalani kehidupan yang berbahagia bersama orang-orang yang dicntainya. Tuhan tidak pernah melarang hamba-Nya merasakan kehidupan yang demikian slama masih selaras dengan aturan kehidupan yang telah ia gariskan dalam bentuk hukum ala mini.

            Kita hanya perlu menata pikiran kita di awal langkah kehidupan. Jika langkah pertama kita lemah dan tidak kuat menopang tubuh kita, mudah diperkirakan kita goyah. Letakkan pikiran pada tempat yang seharusnya. Jagalah pikiran agar tetap berpikir positif, jangan biarkan pikiran berpikir hal-hal yang negatif. Berpikir positif bisa mengubah dan mempengaruhi diri seseorang, membuat diri lebih baik, lebih mudah bersosialisasi, dan kehidupannya akan terjamin sangat indah. Namun sebaliknya, jika kita membiarkan pikran kita berpikir hal-hal yang negatif, maka stereotip dan tidak kenyamanan hidup yang akan kita temui.

            Ilhamuddin dalam bukunya ini mengajak kita untuk menerawang lebih jauh mengenai kehebatan otak dalam belajar dan manjalani hidup dengan berbisnis. Otak adalah sesuatu yang ajaib. Karena di dalamnya terjadi mekanisme biologis dan psikologis yang membuat kita mampu untuk berpikir. Otak kita bukan hanya sekedar benda lunak. Akan tetapi di dalamnya terdapat gyrus (tonjolan-tonjolan yang menyerupai bukit-bukit) dan memiliki sulcus (lekukan yang menyerupai sungai-sungai antara tonjolan otak). Ia mirip dengan alam semesta sebagaimana diyakini oleh orang-orang kuno, dan kiranya ini masuk akal. Jika kita telah mendengar istilah makro-kosmoa (alam semesta), maka manusia adalah mikro-kosmosnya. Hanya saja kita tidak akan pernah bisa menyadari keberadaan mikro-kosmos di dalam diri kita, jika kita tidak pernah merenung dan memikirkannya sama sekali.

Ketika kita mulai menyadari dan merenungkan hal itu, maka proses biologis dan psikologis di dalam otak kita terjadi begitu saja dengan sangat cepat, sehingga kita tidak tidak pernah menyadari akan proses tersebut. Sama halnya dengan kita yang sangat sulit untuk merasakan rotasi bumi karena sangat cepanya perputaran tersebut. Seperti itulah Allah memberi kelebihan kepada manusia.

            Pikiran dan Penyakitnya

            Banyak penyakit yang timbul akibat pikiran, dan tidak sedikit juga yang sembuh karena pikiran juga. Sekarag ini, banyak juga orang yang mengidap penyakit psikomatis yang disebabkan oleh beban hidup yang terlalu berat. Setiap hari kita menemukan informasi-informasi yang isa mematahkan semangat kehidupan, seperti berita-berita pembunuhan, berita perampokan dan berita-berita lain yang menyedihkan, lain lagi dengan pekerjaan yang harus diselesaikan.

            Pikiran kita terlalu responsif terhadap kondisiluar diri kita. Kita terlalu cemas terhadap keadaan yang belun tentu untuk terjadi. Kita biarkan diri kita terjatuh ke dalam kesakitan pikiran. Pikiran-pikiran yang menghancurkan asa dan rasa kehidupan, dan mungkin saja kita akan menjadi penghuni rumah sakit jiwa. Oleh karena itu, kita harus hati-hati dengan penggunaan pikiran. Ia bisa menjadi teman yang sangat baik. Ia juga berpotensi menjadi musuh. Ia bisa menjadi virus yang sengat berbahaya bagi kehidupan nalar pikiran kita. Ia juga bisa menjadi penawar yang amat sangat ampuh. Untuk itu, kita harus sebisa mungkin untuk menjaga pikiran kita agar tidak menjadi virus atau pun racun bagi perkembangan nalar pikiran kita.

            Pikiran merupakan alam yang menciptakan dirinya sendiri, di mana segala pemkiran memiliki hokum-hukum dari hokum alam fisik. (Pir Vilayat Khan).

            Segala hal yang terjadi dalam kehidupan ini berjalan atas pola-pola yang telah digariskan oleh Allah Yang Maha Mengatur. Pola- pola ini dapat disebut hokum alam atau sunnatullah, dan sunnatullah mengejawantahkan dalam hukum kausalitas yang terdapat di alam raya ini. Allah telah memberikan dan meletakkan hukum , rumus, maupun pola yang jelas terhadap segala proses yang terjadi di alam semesta ini. Begitu pula dengan hukum yang terjadi pada tubuh manusia. Oleh karena itu, jika kita mengisi pikiran dengan hal-hal yang negatif maka akan menghasilkan produk yang negatif pula. Pada intinya kita harus sering menggunakan pikiran kita terhadap hal-hal yang positif dan menjauhi cara berpikir yang negatif.

            Buku ini banyak menyajikan cara kita menggunakan otak kanan dalam berpikir yang baik agar menjadi orang yang sangat kreatif. Buku ini merupaka sarana bagi kita untuk menemukan jawaban yang sangat lengkap, detail, dan inspiratif untuk melakukan apa-apa yang belum bisa kita capai sekarang ini. Dengan hadirnya buku ini semua permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan terutama pola pikir akan terselesaikan dengan metode-metode yang dipaparkan di dalamnya.

            * Penulis adalah mahasiswa Sastra Inggris, fakultas Adab IAIN Sunan Ampel Surabaya. Sekaligus aktifis HMI (Himpunan Mahasiswa Islam).

Hp                               : 087866119361

E-Mail                         : john_gapura@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: