Mengapa Mata Berair?

Riau Pos: AHAD, 24 FEBRUARI 2013

Junaidi Khab's Picture

Junaidi Khab’s Picture

SAAT sedih, tanpa terasa air mata mengalir keluar dari matamu. Atau saat kelilipan masuk debu, mata kita pun mengeluarkan air. Apa ya sebenarnya guna air mata?

Sama dengan mata kita. Air mata berfungsi mencuci mata kita dari serpihan debu yang masuk ke mata. Air mata ini terus-terusan ada dan membasahi kornea mata kita. Tetapi, kalau debunya enggak banyak, biasanya air mata kita tidak sampai menetes. Baru kalau debunya banyak, air yang dikeluarkan mata cukup banyak sampai mata kita seperti berair.

Air mata keluar untuk melindungi mata dari uap bawang yang mengiritasi mata. Air mata juga akan mengucur kalau kena zat kimiawi asing yang bisa mengganggu mata kita. Misalnya, uap saat mengupas bawang atau kena busa sabun saat kita mandi.

Tahukah kamu, air mata kita itu mengandung enzim yang bisa membasmi bakteribakteri di mata kita. Namanya ezim lisozim.

Saat kita sedih, kita akan menangis. Usai menangis, biasanya kita akan merasa lebih lega. Ajaib, kan? Itu karena saat kita menangis, air mata yang kita keluarkan akan mengandung zat-zat beracun yang menumpuk di tubuh saat kita sedang sedih.

Jadi, kandungan air mata yang keluar karena mata kemasukan debu berbeda dengan air mata yang keluar saat kita kehilangan kucing kesayangan kita. Unik, ya!

Air mata juga bisa membuat kita mendapat dukungan. Air mata merupakan pertanda universal kalau kita merasa tidak sanggup, merasa sedih, merasa tak bisa bertahan lagi. Semacam sinyal untuk meminta pertolongan.

Menurut penelitian, manusia merasa tidak nyaman jika berada di sekitar orang yang perlu bantuan tanpa melakukan apaapa. Jadi, saat berada di sekitar orang yang menangis, kita akan berusaha membuat orang yang menangis itu merasa nyaman.

Mata bersih, racun tubuh keluar, dan mendapat bantuan. Semua berkat air mata. Tapi, bukan berarti lalu kita jadi cengeng, lho. Jangan sedikit-sedikit menangis, kita coba atasi sendiri dulu masalah kita. Oke?(int/tie)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: