Pulihkan Ingatan dengan Mangga

RADAR SURABAYA ‚óŹ MINGGU, 11 NOVEMBER 2012

Junaidi Khab's Picture

Junaidi Khab’s Picture

Junaidi Khab's Picture

Junaidi Khab’s Picture

SEKARANG lagi musim mangga kan? Mumpung bisa dibeli dengan harga cukup murah, kesempatan nih bagi mereka yang akan diet. Buah tropis ini tidak hanya enak dan segar dimakan, tapi juga sehat untuk tubuh. Di dalamnya terkandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit dan jantung, juga bisa mencegah penuaan dini dan penyakit kanker. Karena itu, mangga disebut sebagai rajanya buah karena bermanfaat bagi kesehatan. Lihat saja kandungan nutrisi mangga yang kaya akan betakaroten (vitamin A) yang membantu menjaga kesehatan mata, bahkan bisa membantu penglihatan saat berada dalam gelap. Selain itu, vitamin A juga bermanfaat menyembuhkan jerawat dan merawat kehalusan kulit.

Adalah kandungan antioksidan dalam buah mangga, yang dikenal mampu membantu memerangi radikal bebas penyebab kerusakan sel tubuh. Selain itu, mangga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan, mengandung vitamin A, betakaroten, folat, vitamin C, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, zink, dan protein. Mangga juga mengandung serat tinggi namun rendah kalori dan sodium. Ada kandungan vitamin B, C, potassium, kalsium, dan zat besi. Ada juga beberapa jenis enzim yang punya kemampuan menyembuhkan dan antikanker. Phenols dan enzim yang terkandung dalam mangga membantu mengontrol diabetes dan meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin B3 dan B-kompleks bisa menguatkan rambut.

Saat menjalani diet, mangga bisa menjadi pilihan buah yang tepat karena merupakan sumber gula alami dan bisa menurunkan kolesterol. Mangga juga kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan, sehingga membantu program penurunan berat tubuh. Coba saja Anda mengonsumsi mangga saat susah buang air besar.

Mengonsumsi mangga setiap hari baik untuk diet, juga bagi penderita anemia atau kurang darah. Buah berwarna oranye ini juga dipercaya baik untuk ibu hamil karena kandungan zat besinya. Tinggi potassium, mangga membantu menurunkan tekanan darah tinggi, kandungan pectinnya baik untuk mengatasi kolesterol jahat di dalam darah.

Menurut beberapa penelitian, seperti dikutip dari timesofindia, mangga dapat mengurangi risiko gagal ginjal. Dalam pengobatan China, mangga dijadikan obat anemia, gusi berdarah, batuk, demam, dan mual lho. Kandungan proteinnya bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Maka, ketimbang mengonsumsi snack yang kaya bahan pengawet, gantikan snack Anda dengan potongan buah mangga. Kalau mau, Anda juga bisa memakai masker mangga agar kulit lebih halus, lembut, kenyal, serta menyamarkan pori. Dengan banyaknya nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, tak ada alasan lain untuk menolak mengonsumsi buah mangga. (*/rie/)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: