Ingin Diet, Inilah Tiga Cara Terbaik

RADAR SURABAYA ● MINGGU, 13 JANUARI 2013

SELAMA tiga tahun berturutturut diet DASH dipilih oleh para pakar kesehatan sebagai metode diet terbaik di antara 29 metode diet. Skor tertinggi dari US News Ranking diberikan pada diet yang mudah diikuti, bernutrisi, aman, dan efektif menurunkan berat badan serta mencegah penyakit.

1. Diet DASH

Pola diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) sebenarnya ditujukan untuk menurunkan tekanan darah. Namun para pelaku diet ini ternyata mendapatkan banyak manfaat lain, seperti berat badan terjaga, menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Kelebihan lain diet ini adalah pelakunya tidak perlu berpantang makanan tertentu. Diet ini hanya mewajibkan kita memperbanyak sayur-sayuran dan buah. Sumber protein didapatkan dari daging tanpa lemak, kacang-kacangan, serta mengurangi produk susu. Lebih disarankan memilih susu atau keju rendah lemak.

Para pelaku vegetarian bisa dengan mudah mengadopsi metode diet tersebut dan mengganti daging dengan kedelai atau sumber protein nabati lainnya. Bagi penderita hipertensi, diet DASH juga perlu diimbangi dengan mengurangi natrium atau garam. Caranya dengan menghindari makanan olahan seperti sosis atau daging kalengan. Makanlah lebih banyak makanan segar karena kandungan natriumnya lebih sedikit.

2. Diet TLC

Metode diet yang dianggap baik dan berada di urutan kedua adalah Therapeutic Lifestyle Changes Diet (diet TLC). Diet ini juga diformulasikan oleh The National Institute of Health, organisasi yang sama dengan yang menciptakan diet DASH.

Diet TLC sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung karena akan menurunkan level kolesterol jahat sampai 10 persen dalam enam minggu. Selain pembatasan kalori, diet ini juga membatasi asupan lemak jenuh tak lebih dari 7 persen dari total kalori harian.

3. Diet Mediterinia, Mayo dan Clinic dan Weight Watchers

Di urutan ketiga ada tiga metode diet, yakni diet Mediterania, diet Mayo Clinic, dan Weight Watchers. Ketiga metode diet itu pada dasarnya hampir sama, yakni mendorong asupan sayur dan buah, minyak zaitun sebagai sumber lemak, serta protein dari ikan. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: